Trending

Ayah Marah Tak Terima Anaknya Tinggal Kelas, Diduga Setelah Laporkan Pungli Sekolah

Viral sebuah video menunjukkan seorang ayah marah dan tidak terima karena anaknya tidak naik kelas. Pasalnya, sang ayah yang diketahui bernama Choky Indra itu menduga anaknya, MS, tidak naik kelas bukan karena nilai atau kepribadian sang anak. Ia menduga anaknya tidak naik setelah ayahnya melaporkan kasus pungli atau korupsi pihak sekolah anaknya.

Diketahui ayah MS pernah melaporkan pungli senilai Rp150 ribu per bulan oleh kepsek. Ia tak mau berdamai mengenai laporannya itu, di situlah kecurigaan anaknya tidak naik kelas itu muncul. Ia pun marah-marah dan mendatangi gedung sekolah.

Jumlah Absensi yang Tidak Memenuhi Syarat

MS merupakan salah satu siswa di SMAN 8 Medan. Ia tidak naik kelas dengan alasan jumlah absensi yang tidak memenuhi syarat. Ayah MS merasa tidak terima, karena melihat nilai anaknya baik. Viralnya video Choky yang mendatangi gedung sekolah sembari marah-marah, menarik perhatian netizen dan Dinas Pendidikan.

Video viral ayah MS marah-marah [Sumber Gambar]
Dinas Pendidikan Sumatera Utara pun menemui pihak sekolah untuk meminta keterangan mengenai masalah tersebut. Kepala sekolah SMAN 8 Medan, Rosmadia Purba, membantah tuduhan tersebut. Ia mengatakan bahwa MS tidak naik kelas karena jumlah absensi yang melebihi batas.

Pihak Sekolah Dinilai Lalai

Absensi MS diketahui tidak sampai 90% kehadiran, tepatnya ia tidak masuk selama 34 hari. Dalam ketentuan, paling tidak seorang siswa harus hadir paling tidak 90% dari jumlah hari efektif. Dari 266 hari efektif yang ditentukan, maksimal 10% hari absen tanpa pemberitahuan, atau 27 hari. Sedangkan MS, tidak memenuhi kriteria tersebut. Rosmadia juga mengatakan bahwa keputusan MS tidak naik kelas telah ditentukan oleh rapat dewan guru.

SMAN 8 Medan [Sumber Gambar]
Mengetahui hal tersebut, Dinas Pendidikan melihat pihak sekolah masih lalai dalam pembinaan siswa, di mana hal tersebut layak untuk dipertambangkan ulang. Seharusnya, pihak sekolah menegur orang tua secara tertulis dan memanggil mereka ke sekolah, yaitu diberikan peringatan satu, dua, atau tiga. Tapi, diketahui pihak sekolah hanya memanggil orang tua MS sekali, yaitu untuk memberitahukan perihal absensi MS dan mengatakan bahwa siswa tersebut tidak naik kelas.

Keputusan Sekolah Tak Akan Berubah

Dinas Pendidikan juga menghubungi wali kelas MS dan mendapat pengakuan bahwa siswanya tidak memiliki masalah dalam belajar, begitu pula dengan sikapnya. Dua hal tersebut juga merupakan penentuan kenaikan kelas dari Permendikbud. Namun, pihak sekolah tetap tidak akan mengubah keputusan mereka.

Keterangan pihak sekolah [Sumber Gambar]
Ternyata, pihak sekolah sudah mengundang orang tua MS untuk hadir ke sekolah agar bisa membahas soal anaknya yang sering tidak masuk sekolah tanpa pemberitahuan. Namun, orang tua MS tidak hadir. Demi menjaga integritas sekolah, pihaknya tidak akan mengubah keputusan.

BACA JUGA: Kisah Guru Honorer yang Dipecat Karena Berusaha Bongkar ‘Pungli’ di Tempatnya Mengajar

Sebagai orang tua, Choky tidak terima anaknya tidak naik kelas sedangkan ia melihat bahwa nilai dan sikap anaknya bisa memenuhi syarat kenaikan kelas. Namun sekolah memilih untuk tidak mengubah keputusan mereka berdasarkan data absensi yang tidak memenuhi syarat.

Share
Published by
H

Recent Posts

Lakukan Kebiasaan Sehari-hari Ini untuk Mengontrol Kadar Kolesterol dalam Darah

Jika kamu berpikiran kalau kolesterol tinggi hanya bisa menyerang orang tua, maka pikiran itu tidak…

9 hours ago

Batal Nonton NDX AKA dan Guyon Waton, Penonton Bakar Panggung Konser

Biasanya, orang datang ke pertunjukan musik atau konser untuk melepas penat. Sebuah bentuk rekreasi yang…

2 days ago

Waduh! Ular Kobra Masuk ke Dalam Bokser Pria Ini Saat Enak Tertidur

Kejadian ular masuk ke rumah warga, bukan hanya terjadi sekali dua kali di Indonesia. Sudah…

2 days ago

Rumah Tangga Ruben Onsu dan Sarwendah Berada di Ujung Tanduk di Tahun Ke-10

Keluarga Ruben Onsu dan Sarwendah sedang berada di ujung tanduk. Padahal, mereka adalah salah satu…

3 days ago

4 Momen Haru hingga Kontroversial di Acara Lamaran Thariq Halilintar dan Aaliyah Massaid

Kabar bahagia datang dari keluarga Gen Halilintar, Thariq. Setelah sebelumnya melamar sang kekasih, Aaliyah Massaid,…

5 days ago

Ribuan Jamaah Haji Meninggal di Mekah, Ini Penjelasannya

Salah satu kasus yang paling disorot setiap musim haji adalah jumlah jamaah yang menghembuskan napas…

6 days ago