Inspirasi

Kisah Reza Nurhilman Pengusaha Maicih, Dulu Keliling Pakai Mobil Kini Punya Omzet 7 Miliar

Pilihan terjun ke dunia bisnis bukan hal yang akan diambil oleh sembarang orang. Hanya mereka yang memiliki pandangan ke depan dan ketekunan untuk bisa akhirnya mengambil langkah untuk berbisnis. Seperti dimulai dari usaha kecil-kecilan, kemudian bisa menjadi usaha besar dan membuat pengusaha tersebut sukses. Hal inilah yang dialami oleh seorang pemuda bernama Reza Nurhilman.

Berawal dari ide sederhana menjual keripik pedas, Reza bisa menjadi seorang pengusaha sukses. Kini ia bisa menikmati omzet hingga miliaran rupiah per bulan, padahal awalnya modal yang ia keluarkan hanya Rp15 juta. Berikut ulasan selengkapnya mengenai Reza yang menjadi pengusaha sukses berkat usahanya di bidang menjual keripik pedas.

Terinspirasi dari Nenek Penjual Keripik di Cimahi

Reza adalah pria kelahiran Bandung, 29 September 1986. Dari kecil, ia diasuh orang tua angkat karena kedua orang tua kandungnya telah bercerai. Reza merupakan lulusan SMA 1 Bandung dan ketika lulus, ia tak melanjutkan kuliah. Ia lebih memilih untuk membuka usaha menjual keripik pedas.

Terinspirasi dari nenek penjual keripik di Cimahi [Sumber Gambar]
Awalnya, Reza bertemu seorang nenek di Cimahi yang menjual keripik pedas dengan rasa yang enak. Namun sayang, pemasaran keripik tersebut kurang optimal sehingga tak dikenal khalayak luas. Padahal, dengan rasa keripik yang enak dan keunikan pedasnya, Reza melihat adanya potensi bisnis yang bagus untuk keripik pedas tersebut.

Cara Pemasaran yang Unik

Akhirnya, pada tahun 2010, Reza mulai membuka usahanya dengan nama keripik Maicih bermodal Rp15 juta. Ia menjual dua varian keripik, yaitu keripik singkong dan basreng atau bakso goreng. Bukan membuka toko fisik, Reza menjual produknya dengan berkeliling menggunakan mobil. Cara pemasaran yang unik, membuat Reza jadi perbincangan.

Reza Nurhilman pengusaha keripik Maicih [Sumber Gambar]
Kala itu, ia memasarkan produknya dengan menginfokan lokasi berjualannya setiap hari di media sosial. Kala itu, Facebook dan Twitter (sekarang X), menjadi media sosial yang populer kalangan muda. Dari situlah, banyak orang yang membicarakan hingga penasaran dengan produk yang dijual Reza.

Tingkat Kepedasan yang Belum Lazim

Salah satu hal yang unik dari keripik Reza adalah adanya tingkatan kepedasan yang kala itu masih belum menjadi hal umum. Setelah meledak, produksi Maicih yang awalnya hanya 50 bungkus per hari, berkembang pesat menjadi ribuan bungkus per hari. Omzet yang ia raih pun bisa mencapai Rp7 miliar per bulan.

Berhasil mendirikan PT Maicih Inti Sinergi [Sumber Gambar]
Meski sudah sukses, tapi bukan berarti Reza tidak mengalami tantangan, seperti persaingan ketat dan kendala dalam mengembangkan bisnis. Tapi, tekad kuat dan ketekunan yang dimiliki Reza, menjadikannya tetap bertahan hingga kini.

BACA JUGA: Dulu Cuma Jualan Donat, Siapa Sangka Pengusaha Muda Ini Sukses Meraup Omzet Sampai Rp55 Triliun

Bukan hanya menjadi pengusaha sukses untuk dirinya, dengan bisnis yang dijalankan bahkan bisa mendirikan perusahaannya sendiri bertajuk PT Maicih Inti Sinergi, Reza juga menciptakan lapangan kerja bagi banyak orang. Dirinya juga menjadi inspirasi bagi pengusaha muda lainnya.

Share
Published by
H

Recent Posts

Kim Jong Un Eksekusi Mati Puluhan Pejabatnya karena Gagal Cegah Dampak Banjir Bandang

Sudah bukan rahasia umum lagi jika Korea Utara punya cara-cara yang berbeda dalam mengurus negaranya.…

1 week ago

Perempuan Ini Pura-Pura Lumpuh Selama 20 Tahun Demi Menghindari Pekerjaan Rumah

Seorang gadis dari Provinsi Hebei, China, diketahui telah berpura-pura lumpuh selama lebih dari 20 tahun.…

2 weeks ago

4 Teladan Kesederhanaan Paus Fransiskus Kunjungi Indonesia, Ingatkan Perdamaian dan Kebhinnekaan

Pemimpin umat Katolik sedunia, Paus Fransiskus sudah sampai di Indonesia. Kedatangannya juga menjadi penanda dari…

2 weeks ago

Belum Genap 2 Bulan, Keponakan Ayu Ting Ting Meninggal Dunia Setelah Muntah dan Diare

Kabar duka datang dari keluarga besar Ayu Ting Ting atas meninggalnya keponakan penyanyi sekaligus presenter…

2 weeks ago

Saptoyogo Purnomo Raih Medali Pertama RI di Paralimpiade 2024 Setelah Hampir 50 Tahun

Indonesia patut berbangga dengan apa yang diraih Saptoyogo Purnomo yang berhasil menorehkan prestasi gemilang di…

2 weeks ago

Potensi Gempa Megathrust di Indonesia yang Disebut Tinggal Tunggu Waktu

Belakangan warga Indonesia dihebohkan dengan isu gempa megathrust. Hal ini berawal dari gempa di Pulau…

2 weeks ago