Trending

Fakta Geger Joki Tugas di Indonesia yang Dinormalisasi bahkan Ada Startup-nya

Kasus tentang joki sebenarnya sudah ada di Indonesia sejak bertahun-tahun yang lalu. Kebanyakan dari mereka menemani kehidupan muda-mudi kampus. Dari joki untuk masuk ke Perguruan Tinggi hingga pengerjaan skripsi.

Namun beberapa hari terakhir, topik tentang joki jadi semakin hangat dan dicari. Pasalnya, karir menjadi joki kini tak lagi tabu. Bahkan banyak yang menyatakan eksistensi dirinya dengan menawarkan jasa mereka lewat platform-platform internet.

Profesi joki tugas kok makin normal, ada apa dengan Indonesia?

Usut punya usut, geger joki tugas ini diawali dengan sebuah video yang membahas tentang keberadaan mereka. Video tersebut dibuat oleh Abigail Limuria yang juga seorang produser film sekaligus co-founder WIUI (What Is Up, Indonesia?).

Melalui video yang diunggah di akun X miliknya, Abigail bercerita tentang makin maraknya fenomena joki tugas di Indonesia. Ia merasa heran dengan semakin ‘normalnya’ jasa joki ini bagi masyarakat Indonesia. Padahal hal ini merupakan hal yang curang, atau dalam istilah anak-anak gamers disebut, “Nge-cheat.”

“Normalisasi itu bukannya banyak yang pakai, tetapi banyak banget yang pakai lebih banyak dari yang gue kira. Dinormalisasi (kayak) orang tuh gak tahu kenapa joki itu salah,” ungkap Abigail.

Joki makin parah, bahkan direkomendasikan oleh guru sekolah

Abigail menjelaskan apa yang menjadi uneg-unegnya yaitu ketika seseorang menyewa orang lain untuk menyelesaikan tugasnya, sebenarnya nilai itu adalah untuk mereka. Hal itu pun akhirnya berubah menjadi penipuan karena diakui milik orang lain (pengguna jasa joki).

Tak hanya itu, Abigail juga mengingatkan bahwa ilmu harus digunakan. Akan percuma jadinya bila akhirnya tugas-tugas malah diserahkan kepada joki. Yang mengherankan, bahkan sampai ada guru yang merekomendasikan jasa joki kepada para muridnya. Separah itukah kualitas pendidikan di Indonesia?

Joki tugas sudah ada startup-nya, lho!

Beberapa waktu yang silam, joki dipandang sebagai profesi yang tidak disukai masyarakat. Saat ketahuan, mereka akan diperlakukan seperti seorang penjahat. Ditangkap dan hasilnya tidak akan diakui serta dimusnahkan.

Namun entah sejak joki seperti menjadi kebutuhan ‘primer’ bagi masyarakat pendidikan. Salah satu buktinya adalah iklan-iklan jasa joki tugas yang bermunculan di media sosial. Ditambah lagi, kini sudah ada sebuah startup bernama KerjainPlis yang secara terang-terangan menyediakan jasa pengerjaan tugas.

Berdiri sejak 2018, co-foundernya sampai jadi pembicara UGM

KerjainPlis merupakan startup yang tidak biasa karena bergerak di bidang layanan jasa pengerjaan tugas. Mereka memiliki pilihan paket pembayaran untuk memudahkan pelanggan dalam menggunakan jasa mereka. Cakupan KerjainPlis pun sangat luas. Tak hanya jadi joki tugas, mereka pun juga siap melayani orang-orang yang akan mengerjakan tes masuk BUMN. 

Dikulik dari disway.id, ternyata kiprah co-founder KerjainPlis, Ulum Dita Dynasty juga tidak tanggung-tanggung. Dari penelusuran warganet, ditemukan bahwa dirinya pernah digandeng oleh IAAS LC Universitas Gajah Mada Yogyakarta untuk mempromosikan webinar EXCITE.

Kabar terbaru, IAAS LC UGM mengakui fakta yang cukup mencoreng muka pendidikan Indonesia ini. Mereka juga menyampaikan permintaan maaf atas kelalaian tersebut.

Bikin kita malas, sudah saatnya joki tugas diberantas

Sorotan tentang joki tugas ini datang dari berbagai pihak, terutama pemerintah. Di tahun 2022, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) prihatin dengan maraknya penggunaan jasa joki untuk pembuatan karya ilmiah. Deputi Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK Wawan Wardiana menganggap bahwa fenomena ini, tanpa disadari, merupakan bibit-bibit perilaku tindak pidana korupsi.

BACA JUGA: Dekan FK Unair Dicopot, Gara-Gara Kontra ‘Dokter Impor’?

Wawan mengaku prihatin dengan fakta tersebut. Untuk itu ia menghimbau agar masyarakat pendidikan menyadari fenomena ini dan dampaknya bagi masa depan negara. Baginya, dunia pendidikan adalah tempat di mana setiap anak muda generasi penerus bangsa menimba ilmu dan kelak akan diaplikasikan untuk membawa Indonesia ke arah kejayaan.

Share
Published by
Bayu Yulianto
Tags: joki tugas

Recent Posts

Kim Jong Un Eksekusi Mati Puluhan Pejabatnya karena Gagal Cegah Dampak Banjir Bandang

Sudah bukan rahasia umum lagi jika Korea Utara punya cara-cara yang berbeda dalam mengurus negaranya.…

1 week ago

Perempuan Ini Pura-Pura Lumpuh Selama 20 Tahun Demi Menghindari Pekerjaan Rumah

Seorang gadis dari Provinsi Hebei, China, diketahui telah berpura-pura lumpuh selama lebih dari 20 tahun.…

2 weeks ago

4 Teladan Kesederhanaan Paus Fransiskus Kunjungi Indonesia, Ingatkan Perdamaian dan Kebhinnekaan

Pemimpin umat Katolik sedunia, Paus Fransiskus sudah sampai di Indonesia. Kedatangannya juga menjadi penanda dari…

2 weeks ago

Kisah Reza Nurhilman Pengusaha Maicih, Dulu Keliling Pakai Mobil Kini Punya Omzet 7 Miliar

Pilihan terjun ke dunia bisnis bukan hal yang akan diambil oleh sembarang orang. Hanya mereka…

2 weeks ago

Belum Genap 2 Bulan, Keponakan Ayu Ting Ting Meninggal Dunia Setelah Muntah dan Diare

Kabar duka datang dari keluarga besar Ayu Ting Ting atas meninggalnya keponakan penyanyi sekaligus presenter…

2 weeks ago

Saptoyogo Purnomo Raih Medali Pertama RI di Paralimpiade 2024 Setelah Hampir 50 Tahun

Indonesia patut berbangga dengan apa yang diraih Saptoyogo Purnomo yang berhasil menorehkan prestasi gemilang di…

2 weeks ago