Trending

Mukbang Adalah Maut: YouTuber Tewas Usai Live Stream Makan Hingga 10 Jam

Mukbang merupakan salah satu kategori konten yang sangat disukai masyarakat media sosial. 

Suatu jenis siaran daring, dilakukan oleh seseorang video blogger sambil menikmati beragam sajian dan biasanya dengan porsi yang luar biasa sembari berinteraksi dengan penonton.

Namun ternyata aktivitas yang tampak menyenangkan ini bisa berakhir dengan kesedihan. Seperti kabar yang baru-baru ini viral, dimana seorang vlogger meninggal usai mukbang 10 jam non-stop.

YouTuber meninggal saat mukbang 10 jam

Adalah Pan Xiaoting, seorang streamer YouTube asal China yang sering melakukan mukbang. Pertengahan Juli 2024 lalu, Xiaoting dikabarkan meninggal dunia di usia yang sangat muda, 24 tahun saat sedang live streaming sambil makan besar.

Dilansir dari UNILAD, otopsi Pan Xiaoting menunjukkan tanda-tanda yang sangat mengkhawatirkan, terutama di daerah perut. Ada banyak sisa-sisa makan yang tidak tercerna dengan baik usai melakukan mukbang 10 kilogram makanan selama 10 jam. Ditambah lagi, kondisi perut yang rusak serta asam lambung mengalami kebocoran di bagian abdomen.

Xiaoting sempat sakit parah akibat kebanyakan makan

Sebelum nekad melakukan mukbang 10 kilogram makanan dalam 10 jam, Pan Xiaoting sebenarnya sudah mengalami masalah kesehatan. Ia menderita pendarahan gastrointestinal dan harus dirawat di rumah sakit.

Namun tampaknya Xiaoting terlalu cinta dengan ‘karirnya’ sebagai YouTuber mukbang. Usai dirawat, ia kembali melakukan aktivitasnya dengan melahap banyak makanan bagi viewers tercintanya.

Mukbang ekstrim adalah daya tarik Pan Xiaoping

Pan Xiaoting memiliki reputasi sebagai konten kreator mukbang yang suka bikin tantangan-tantangan tak masuk akal. Hal ini ia lakukan demi menarik perhatian penonton meski disadari atau tidak, memberi efek buruk bagi kesehatannya sendiri.

Bukan hanya penonton yang khawatir, orang tua Xiaoting sendiri tak pernah jera untuk mengingatkan anaknya tentang bahaya makan terlalu banyak. Tetapi wanita dengan perawakan yang sangat gemuk ini tak pernah menghiraukannya. Dengan tersenyum ia selalu bilang bahwa dirinya bisa mengatasinya.

China sudah buat regulasi khusus bagi streamer mukbang

Pemerintah China tampaknya juga menyadari bahwa banyak warga negaranya yang suka pamer kemampuan makan besar di media sosial. Demi tetap menjaga di koridor yang aman, mereka membuat sejumlah regulasi khusus.

Bila ketahuan melanggar aturan, bakal ada hukuman denda yang menanti. Hal ini dilakukan tidak semata demi menjaga aturan streamer, tetapi juga agar masyarakat tidak ikut-ikutan merusak kesehatan akibat makanan yang berlebihan.

Dampak buruk mukbang bagi kesehatan streamers

Dampak negatif mukbang tak hanya terjadi ketika Pan Xiaoting meninggal usai live stream 10 jam sambil menghabiskan 10 kilogram makanan. Ada banyak kasus-kasus mukbang yang cukup bikin cemas publik.

Salah satunya adalah Nikocado Avocado. Pria dengan nama Nicholas Perry ini merupakan YouTuber asal Amerika Serikat yang memicu kontroversi setelah mengalami lonjakan berat badan yang sangat signifikan, hanya dalam beberapa tahun setelah ia memulai live stream mukbangnya.

BACA JUGA: Lakukan Kebiasaan Sehari-hari Ini untuk Mengontrol Kadar Kolesterol dalam Darah

Meski memberi efek hiburan kepada para penontonnya, mukbang ternyata menimbulkan ancaman serius bagi streamers-nya. Patut kita pahami bahwa makanan adalah berkat. Jadi, pastikan untuk menjadikannya sebagai sumber kebahagiaan, bukan ancaman kehidupan.

Share
Published by
Bayu Yulianto

Recent Posts

Kim Jong Un Eksekusi Mati Puluhan Pejabatnya karena Gagal Cegah Dampak Banjir Bandang

Sudah bukan rahasia umum lagi jika Korea Utara punya cara-cara yang berbeda dalam mengurus negaranya.…

1 week ago

Perempuan Ini Pura-Pura Lumpuh Selama 20 Tahun Demi Menghindari Pekerjaan Rumah

Seorang gadis dari Provinsi Hebei, China, diketahui telah berpura-pura lumpuh selama lebih dari 20 tahun.…

2 weeks ago

4 Teladan Kesederhanaan Paus Fransiskus Kunjungi Indonesia, Ingatkan Perdamaian dan Kebhinnekaan

Pemimpin umat Katolik sedunia, Paus Fransiskus sudah sampai di Indonesia. Kedatangannya juga menjadi penanda dari…

2 weeks ago

Kisah Reza Nurhilman Pengusaha Maicih, Dulu Keliling Pakai Mobil Kini Punya Omzet 7 Miliar

Pilihan terjun ke dunia bisnis bukan hal yang akan diambil oleh sembarang orang. Hanya mereka…

2 weeks ago

Belum Genap 2 Bulan, Keponakan Ayu Ting Ting Meninggal Dunia Setelah Muntah dan Diare

Kabar duka datang dari keluarga besar Ayu Ting Ting atas meninggalnya keponakan penyanyi sekaligus presenter…

2 weeks ago

Saptoyogo Purnomo Raih Medali Pertama RI di Paralimpiade 2024 Setelah Hampir 50 Tahun

Indonesia patut berbangga dengan apa yang diraih Saptoyogo Purnomo yang berhasil menorehkan prestasi gemilang di…

2 weeks ago