Trending

Jangan Salah, Ini Beda Istana Garuda dan Istana Negara Ibu Kota Nusantara

Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia yang ke-79, ada kado baru yang dipersembahkan Pemerintah kepada rakyat negara kita. Dua ikon utama yang hadir bersama dengan Ibu Kota Nusantara, yaitu Istana Garuda dan Istana Negara.

Sebagai informasi, keduanya merupakan dua tempat yang berbeda. Masing-masing juga memiliki fungsi yang tidak sama. Supaya tidak salah paham, yuk, kenali lebih dekat tentang perbedaan Istana Garuda dan Istana Negara di IKN.

Istana Garuda yang fenomenal dengan Burung Garuda Raksasa

Setiap kali melihat Istana Garuda, ada gambaran burung garuda yang sedang mengepakkan sayapnya di antara gedung-gedung yang berada di Ibu Kota Nusantara. Ya, Istana Garuda adalah bangunan tempat sidang kabinet yang pertama kali diadakan di IKN. Sidang tersebut diselenggarakan beberapa hari sebelum perayaan HUT RI di IKN dan dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo beserta Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Untuk yang menyaksikan siaran langsung pelaksanaan upacara di IKN, itulah tempat dimana Istana Negara berada. Jadi, meski lokasinya berdekatan, keduanya merupakan dua tempat yang berbeda.

Istana Garuda berfungsi sebagai pusat aktivitas kepala negara

Istana Garuda merupakan kantor bagi Presiden dan Ibu Negara. Lokasinya tepat berada di belakang Istana Negara IKN. Presiden RI Joko Widodo sendiri sudah mencoba untuk berkantor di sana meski proses pembangunannya masih berlanjut dan sudah mencapai tahap akhir.

Dibangun sebagai ibukota baru, desain Istana Negara pun dibuat dengan sangat istimewa. Hal ini terlihat dari desain bangunan dan interiornya yang merepresentasikan keagungan dan kewibawaan, serta fasad Istana Garuda yang sengaja dibuat bertingkat untuk menyesuaikan topografi di IKN.

Desain Garuda Raksasa dengan ribuan panel baja

Satu lagi yang membuat Istana Garuda tampak megah dari luar adalah bentangan sayap Burung Garuda Raksasa. Didesain oleh seniman papan atas Tanah Air, Nyoman Nuarta, sayap itu memanjang sekitar 177 meter dengan tinggi 77 meter. Untuk fungsinya, Istana Garuda bakal sering digunakan sebagai tempat untuk ruang konferensi pers, beranda, serta tempat beristirahat Presiden.

Agar bangunan tahan lama, bilah-bilah selubung Burung Garuda Raksasa dibuat dari baja anti-korosi produksi PT Krakatau Steel. Untuk menutup semuanya, dibutuhkan 465 modul dengan sepuluh bilah di masing-masing modul. Bilah-bilah tersebut dikerjakan di workshop NuArt, Bandung. Total bilah yang dipasang untuk menghadirkan sosok Burung Garuda Nusantara adalah 4.650 unit.

Istana Negara pamerkan kemegahan Indonesia kepada dunia

Sementara fungsi Istana Negara IKN adalah tempat bagi Presiden RI untuk menjamu para tamu kenegaraan. Karena itu, gedung ini menonjolkan ornamen-ornamen yang membanggakan kita di hadapan bangsa lain.

Istana Negara IKN dilengkapi dengan 34 buah pilar dengan desain yang monumental dan simetris. Terdapat juga lambang Garuda Pancasila di depan Istana Negara IKN. Menurut Menko Polhukam, Hadi Tjahjanto, progres pembangunan Istana Negara IKN sudah mencapai 90 persen.

Dihiasi ornamen-ornamen istimewa karya seniman Indonesia

Istana Negara IKN juga dilengkapi dengan lapangan luas untuk keperluan upacara, seperti penyelenggaraan HUT RI ke-79 yang lalu. Untuk menambah pesonanya, gedung ini dipercantik dengan lapisan marmer, parket, serta homogenous tile (HT).

Salah satu sudut yang menarik adalah bagian lobi yang lantainya dilapisi dengan marmer hijau Juparana. Marmer lokal kebanggaan negeri, yang didatangkan langsung dari tempat produksinya, yaitu Makassar, Sulawesi Selatan.

BACA JUGA: Yuk Mengenal Sejarah Perpindahan Ibukota Indonesia di Tiga Daerah Berikut Ini

Tak lupa, dinding-dinding Istana Negara IKN juga dihiasi dengan lapisan kayu ukiran yang dibuat oleh para seniman dari Pulau Jawa dan Bali. Soal keamanan, selain pintu kayu jati, beberapa akses masuk juga dibuat dari besi dan anti-peluru.

Share
Published by
Bayu Yulianto

Recent Posts

Kim Jong Un Eksekusi Mati Puluhan Pejabatnya karena Gagal Cegah Dampak Banjir Bandang

Sudah bukan rahasia umum lagi jika Korea Utara punya cara-cara yang berbeda dalam mengurus negaranya.…

1 week ago

Perempuan Ini Pura-Pura Lumpuh Selama 20 Tahun Demi Menghindari Pekerjaan Rumah

Seorang gadis dari Provinsi Hebei, China, diketahui telah berpura-pura lumpuh selama lebih dari 20 tahun.…

2 weeks ago

4 Teladan Kesederhanaan Paus Fransiskus Kunjungi Indonesia, Ingatkan Perdamaian dan Kebhinnekaan

Pemimpin umat Katolik sedunia, Paus Fransiskus sudah sampai di Indonesia. Kedatangannya juga menjadi penanda dari…

2 weeks ago

Kisah Reza Nurhilman Pengusaha Maicih, Dulu Keliling Pakai Mobil Kini Punya Omzet 7 Miliar

Pilihan terjun ke dunia bisnis bukan hal yang akan diambil oleh sembarang orang. Hanya mereka…

2 weeks ago

Belum Genap 2 Bulan, Keponakan Ayu Ting Ting Meninggal Dunia Setelah Muntah dan Diare

Kabar duka datang dari keluarga besar Ayu Ting Ting atas meninggalnya keponakan penyanyi sekaligus presenter…

2 weeks ago

Saptoyogo Purnomo Raih Medali Pertama RI di Paralimpiade 2024 Setelah Hampir 50 Tahun

Indonesia patut berbangga dengan apa yang diraih Saptoyogo Purnomo yang berhasil menorehkan prestasi gemilang di…

2 weeks ago