in

Riwu Ga, Pria Tanpa Nama yang Berhasil Membuat Indonesia Merdeka

Akhir Kisah Riwu yang Miris

Riwu mungkin pantas mendapatkan lencana atau semacamnya. Atau kalau tidak seperti itu minimal pekerjaan layak yang bisa ditekuninya sampai tua. Sayangnya, Riwu tak mendapatkan itu semua padahal ia sangat layak. Selang beberapa lama setelah kejadian patriotis yang dilakukannya, Riwu akhirnya kembali ke Ende.

Riwu Ga (sebelah kiri) dan anaknya [Image Source]
Riwu Ga (sebelah kiri) dan anaknya [Image Source]
Di sini hidupnya biasa-biasa saja. Bahkan di masa tuanya, Riwu masih bekerja sebagai petani. Meskipun mungkin tidak mendapatkan apresiasi, tapi Riwu tetap selalu tersenyum ketika mengingat cerita-cerita perjuangannya. Entah ketika menemani Bung Karno saat susah, atau mungkin teriakan-teriakan merdeka-nya yang menggelegar itu. Anak-anak Riwu pun juga sangat kagum dengan sosok ayahnya yang seperti ini, walaupun kurang mendapatkan perhatian.

BACA JUGA:  Inilah Kaledonia Baru, Negara Antah Berantah yang Isinya Mayoritas Orang Jawa

Masyarakat Indonesia selayaknya patut bersyukur dengan adanya si pemuda satu itu. Tanpanya, Indonesia mungkin tidak akan benar-benar merdeka. Sayangnya, Riwu Ga sendiri pada akhirnya tak pernah dianggap siapa-siapa. Jangankan masuk buku sejarah, seorang Riwu Ga mungkin tak begitu terkenal di kampungnya sendiri. Padahal jasanya begitu besar bagi Indonesia.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

Empu Nambi, Mahapatih Pertama dan Terhebat Majapahit yang Mati Menderita Karena Difitnah

Ngerinya Prosesi Bedolob, Pengadilan Sakral ala Suku Dayak Agabag