in

Riwu Ga, Pria Tanpa Nama yang Berhasil Membuat Indonesia Merdeka

Nggak hanya karena bom Hiroshima dan Nagasaki saja, ada banyak faktor yang membuat Indonesia bisa merdeka. Misalnya saja kiprah Soekarno Hatta dan para pemuda yang menculik mereka, atau mungkin seorang pria bernama Riwu Ga. Mendengar nama ini mungkin kamu agak bertanya-tanya. Siapa sih Riwu Ga dan kenapa ia disebut-sebut sebagai faktor penyebab Indonesia merdeka?

Riwu Ga adalah pemuda kampung biasa yang hanya mengagumi Soekarno dan akhirnya ikut bersama si Bapak Bangsa ke mana pun ia pergi. Tapi, ada satu titik di mana seorang ajudan kecil ini melakukan sesuatu yang luar biasa, sehingga semua orang tahu jika Indonesia merdeka. Seumpama tak ada seorang Riwu Ga, mungkin cerita sejarah kita bakal sangat lain.

Sebesar itu kah peran seorang Riwu Ga? Benar. Tanpanya, sejarah Indonesia pasti bukan seperti yang kita tahu seperti sekarang. Lebih dalam soal sosok satu ini, berikut adalah cerita-cerita seorang Riwu Ga dan peran besarnya.

Soekarno dan Kekaguman Riwu Ga

Seperti yang kamu tahu, Soekarno dulu pernah dibuang ke Flores oleh Belanda di tahun 1934. Alasannya sendiri karena manuver si Bapak Bangsa ini kerap bikin Hindia-Belanda ketar ketir. Dibuang ke Ende, Flores, bagi Bung Karno adalah hal yang berat pada awalnya. Namun dari sini beliau mampu melahirkan banyak hal, termasuk kisi-kisi Pancasila.

Soekarno saat diasingkan di Ende, Flores [Image Source]
Soekarno saat diasingkan di Ende, Flores [Image Source]
Nggak hanya itu, di sini beliau bertemu dengan seorang pemuda bernama Riwu Ga. Riwu ini sangat suka dengan Bung Karno dan memperhatikan dengan detail tiap laku sang proklamator. Riwu paling suka ketika Bung Karno bercerita lucu. Membuatnya terbahak seakan lupa kalau Indonesia masih dijajah Belanda. Kekaguman yang begitu besar membuat Riwu akhirnya mendedikasikan dirinya untuk Bung Karno.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

Empu Nambi, Mahapatih Pertama dan Terhebat Majapahit yang Mati Menderita Karena Difitnah

Ngerinya Prosesi Bedolob, Pengadilan Sakral ala Suku Dayak Agabag