Tips

Lakukan Kebiasaan Sehari-hari Ini untuk Mengontrol Kadar Kolesterol dalam Darah

Jika kamu berpikiran kalau kolesterol tinggi hanya bisa menyerang orang tua, maka pikiran itu tidak benar. Kolesterol bisa menyerang berbagai kalangan, mulai dari usia muda hingga tua. Terlebih bagi anak-anak muda dengan gaya hidup yang tidak sehat, seperti pola makan tidak teratur, mengonsumsi makanan tidak sehat, sering duduk, dan stres.

Tidak terkontrolnya kolesterol dalam tubuh dengan baik, maka bisa meninggikan risiko banyak penyakit, seperti serangan jantung. Kadar kolesterol tinggi yaitu lebih dari 200 mg/dL. Jadi, buat kamu yang memiliki gaya hidup yang tidak sehat, sebaiknya melakukan kebiasaan sehari-hari yang bisa mengontrol kadar kolesterol dalam darah.

Rutin Olahraga

Kebanyakan anak muda masa kini memiliki pekerjaan yang mengharuskan mereka duduk dan menghadap laptop seharian. Setelah selesai bekerja, rasa lelah mungkin akan menyerang dan menyebabkan mereka memilih untuk bersantai di atas kasur. Hal tersebut bisa menjadi gaya hidup yang tidak sehat. Orang dengan risiko kolesterol tinggi, disarankan untuk melakukan olahraga rutin.

Ilustrasi olahraga [Sumber Gambar]
Rutin olahraga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat, tapi bukan hanya itu, melakukan aktivitas fisik yang cukup juga bisa meningkatkan kadar kolesterol baik. Tidak perlu olahraga yang kompleks, melainkan bisa melakukan olahraga yang tidak memerlukan peralatan atau mengeluarkan biaya. Contohnya lari pagi di sekitar rumah sebelum berkegiatan, jika merasa terlalu berat, bisa melakukan jalan cepat. Jika malas keluar rumah, kamu bisa melakukan olahraga di dalam rumah seperti melakukan yoga.

Mengonsumsi Makanan Berserat

Sudah tidak perlu diragukan lagi manfaat makanan berserat bagi tubuh kita. Mengonsumsi makanan berserat dengan cukup, bisa menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena serat yang kita konsumsi akan mengikat lemak dan kolesterol di dalam usus kecil, sehingga tidak akan terserap darah dan lebih mudah dikeluarkan.

Ilustrasi makanan berserat [Sumber Gambar]
Kadar serat cukup yang dibutuhkan wanita adalah rata-rata 25 gram per hari, sedangkan pria 38 per hari. Kandungan serat dalam makanan yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah adalah serat larut. Beberapa makanan serat tinggi yang bisa ditemukan dengan mudah dan relatif murah meriah adalah kacang, ubi jalar, apel, alpukat, atau brokoli.

Minum Minyak Zaitun

Ya, kamu tidak salah membaca. Meski berupa minyak, tapi minyak zaitun adalah minyak nabati yang memiliki banyak manfaat. Sudah banyak diketahui bahwa minyak ini bisa mengurangi penyakit jantung karena kandungan antioksidan di dalamnya. Namun, ternyata bukan hanya itu, minyak zaitun juga bisa meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Ilustrasi minyak zaitun [Sumber Gambar]
Disarankan untuk memilih minyak zaitun murni atau extra virgin olive oil, di mana pemrosesan yang dilakukan pada buah zaitun lebih sedikit. Cara mengkonsumsi minyak zaitun bisa dengan berbagai cara, contohnya meminum secara langsung dengan dituang ke sendok kemudian diteguk. Bisa juga menggunakannya dalam masakan sehari-hari. Seperti menumis sayur dengan minyak zaitun atau menuangkannya di atas sayuran yang dimasak.

BACA JUGA: 5 Makanan Ini Tak Boleh Dibekukan Kembali Setelah Cair, Bisa Membahayakan Kesehatanmu

Jika kamu merupakan orang dengan risiko kolesterol tinggi atau ingin mengontrol kadar kolesterol dalam darah, sebaiknya melakukan kegiatan kebiasaan sehari-hari yang bisa menurunkan kadar kolesterol. Jangan lupa untuk cek rutin kesehatan ya!

Share
Published by
H

Recent Posts

Batal Nonton NDX AKA dan Guyon Waton, Penonton Bakar Panggung Konser

Biasanya, orang datang ke pertunjukan musik atau konser untuk melepas penat. Sebuah bentuk rekreasi yang…

4 days ago

Waduh! Ular Kobra Masuk ke Dalam Bokser Pria Ini Saat Enak Tertidur

Kejadian ular masuk ke rumah warga, bukan hanya terjadi sekali dua kali di Indonesia. Sudah…

5 days ago

Rumah Tangga Ruben Onsu dan Sarwendah Berada di Ujung Tanduk di Tahun Ke-10

Keluarga Ruben Onsu dan Sarwendah sedang berada di ujung tanduk. Padahal, mereka adalah salah satu…

6 days ago

Ayah Marah Tak Terima Anaknya Tinggal Kelas, Diduga Setelah Laporkan Pungli Sekolah

Viral sebuah video menunjukkan seorang ayah marah dan tidak terima karena anaknya tidak naik kelas.…

7 days ago

4 Momen Haru hingga Kontroversial di Acara Lamaran Thariq Halilintar dan Aaliyah Massaid

Kabar bahagia datang dari keluarga Gen Halilintar, Thariq. Setelah sebelumnya melamar sang kekasih, Aaliyah Massaid,…

1 week ago

Ribuan Jamaah Haji Meninggal di Mekah, Ini Penjelasannya

Salah satu kasus yang paling disorot setiap musim haji adalah jumlah jamaah yang menghembuskan napas…

1 week ago