Trending

3 Fakta Kasus Dugaan Kekerasan dan Eksploitasi Para Mantan Karyawan Brandoville Studios

Belakangan ramai perbincangan mengenai dugaan eksploitasi yang dialami mantan karyawan sebuah perusahaan animasi yang berbasis di Jakarta. Ialah Brandoville Studios, yang tengah menjadi sorotan karena kasus eksploitasi yang melibatkan co-owner perusahaan, Cherry Lai. Kasus ini mencuat pertama kali ke publik setelah beberapa mantan karyawan membagikan pengalaman tak mengenakkan mereka melalui media sosial. Berikut ulasan selengkapnya.

Mantan Karyawan Ungkap Kekerasan di Brandoville Studios

Brandoville Studios diketahui terlibat dalam sejumlah proyek gim terkenal seperti Final Fantasy dan The Last of Us. Ken Lai dan istrinya, Cherry Lai, mendirikan studio ini di Menteng, Jakarta Pusat. Walau memiliki reputasi yang baik di dalam dunia animasi, para mantan karyawan akhirnya membuka suara mengenai apa yang pernah mereka alami selama bekerja di Brandoville Studios.

Kantor Brandoville Studios [Sumber Gambar]
Salah satu korban yang merupakan mantan karyawan berinisial CS mengungkapkan kekerasan yang dialaminya. Beberapa mantan karyawan lain juga berbagi pengalaman serupa di media sosial, menunjukkan kekerasan yang dilakukan oleh pemimpin perusahaan mereka. Bukan hanya mengalami tekanan di tempat kerja, para korban juga mengalami kekerasan verbal, fisik, hingga finansial.

Kekerasan Verbal, Fisik, hingga Finansial

CS menceritakan saat ia dipaksa menampar dirinya sampai 100 kali sebagai hukuman. Bahkan dipaksa tetap bekerja meski dalam keadaan sakit, juga dipaksa bekerja selama beberapa hari berturut-turut tanpa tidur. Tidak hanya itu, kekerasan verbal juga dialami tim di grup chat hingga ancaman pemecatan jika melawan atau mengadukan kondisi yang tak sehat ini. Ia juga pernah dipaksa untuk membanting HP-nya hingga rusak dan mengambil gambar dirinya sendiri sedang tersenyum bersama HP tersebut.

Salah satu bukti kekerasan yang dilakukan Cherry Lai [Sumber Gambar]
Gaji bulanan sebesar Rp18,5 juta yang merupakan haknya pun hanya diperbolehkan diambil sebesar Rp1,5 juta saja untuk keperluan pribadi. Sisanya, disalahgunakan untuk keperluan perusahaan. Tidak sampai di situ, salah satu financial abuse yang dialami karyawan yang disebutkan dalam utas media sosial adalah dipaksa meminjam uang kepada pinjaman online hingga Rp20 juta untuk keperluan pribadi co-owner perusahaan dan tidak pernah diganti.

Cherry Lai dan Suami Kabur ke Hong Kong

Kasus ini bukan hanya pelanggaran ketenagakerjaan biasa. Cherry Lai yang merupakan co-owner Brandoville Studios dilaporkan sudah melarikan diri ke luar negeri. Ia diduga kembali ke negara asalnya, Hong Kong, bersama sang suami, Ken Lai. Brandoville Studios sendiri telah tutup sejak Agustus 2024, namun mereka dikabarkan membuka studio baru bernama LaiLai Studios yang berpusat di Hong Kong dan juga beroperasi di Jakarta.

Cherry Lai dan Ken Lai [Sumber Gambar]
Setelah laporan yang dilayangkan para korban, pihak kepolisian bekerja sama dengan imigrasi untuk melacak keberadaan Cherry Lai. Polisi tengah menjalani investigasi atas kasus ini. Polisi juga telah melakukan pemeriksaan kepada korban dan beberapa saksi.

BACA JUGA: Disiksa Sampai Dipaksa Tidur Besama Anjing, Mirisnya Nasib Adelina di Negeri Tetangga Bikin Hati Ngilu

Tidak hanya mantan karyawan yang merasa teraniaya, namun netizen juga marah akan apa yang dilakukan Cherry Lai. Netizen berharap Cherry Lai segera ditangkap agar para mantan karyawan mendapatkan keadilan mereka.

Share
Published by
H

Recent Posts

Dapat Gelar Doktor Kampus Luar Negeri, Raffi Ahmad Malah Kena Cibir Netizen

Kabar gembira datang dari presenter aktor kondang dan pengusaha top, Raffi Ahmad. Suami dari Nagita…

3 days ago

Elaine Low Dapat Warisan 127 Triliun dari Sang Ayah, Salah Satu Orang Terkaya di Indonesia

Nama Elaine Low beberapa waktu belakangan mencuat terutama di dunia bisnis dan investasi setelah menerima…

4 days ago

Menpora Dito Ariotedjo Banjir Kritik Netizen Gara-Gara Dianggap ‘Pansos’ di Gelaran MotoGP Mandalika 2024

Kasus baru, masalah lama. Begitulah kira-kira jargon yang cocok disematkan kepada Menteri Peranan Pemuda dan…

4 days ago

Fakta Susu Ikan yang Jadi Pro Kontra di Masyarakat

Selain susu dari sapi atau kambing, kamu mungkin sudah pernah mendengar susu dari almon atau…

6 days ago

Ini Lho Boneka Labubu yang Viral Karena Lisa BLACKPINK, Sampai Terjadi Kerusuhan

Kamu pasti sudah nggak asing lagi dengan nama Labubu, atau Boneka Labubu. Jelas saja, karena…

7 days ago

5 Fakta Kasuaris, Burung Raksasa Asal Papua Paling Berbahaya di Dunia

Di dalam hutan lebat Papua, terdapat salah satu burung terbesar dan paling menakjubkan di dunia,…

1 week ago