in

7 Fakta Sang Diktator yang Membesarkan China, Mao Zedong

7. Membawa China Menjadi Negara Besar

Ya, dengan segala hal gila yang dilakukannya, pada akhirnya Mao benar-benar berhasil mengangkat rakyat China menjadi negara yang berbeda. Pada tahun 1949, rata-rata hidup orang China hanya 36 tahun. Mengingat ketika itu sangat jarang ditemui akses kesehatan. Ketika Mao berkuasa, ia pun melakukan revolusi besar-besaran termasuk membangun fasilitas kesehatan dan juga poliklinik. Alhasil, rata-rata hidup orang-orang China pun naik hingga usia 64 tahun pada akhir 1970an.

Bagaimana pun Mao pada akhirnya sukses membawa China menjadi negara yang lebih baik [Image Source]
Bagaimana pun Mao pada akhirnya sukses membawa China menjadi negara yang lebih baik [Image Source]
Berkat Mao pula masyarakat China terbebas dari buta huruf. Pada tahun hanya sekitar 20 persen saja dari 540 juta orang China yang melek aksara. Mao melakukan perubahan besar-besaran termasuk juga melakukan standarisasi ejaan China yang sulit itu. Hingga pada tahun 1979, jumlah 20 persen tersebut meningkat menjadi 66 persen.

Baca Juga : 10 Negara Paling “Korup” Tahun 2015 (Indonesia Masuk Nggak, Ya?)

Mao adalah pahlawan orang-orang China. Namanya sangat harum sebagai salah satu pemimpin paling membanggakan negeri Tirai Bambu. Bahkan wajahnya juga tersemat di lembaran-lembaran Yuan. Namun begitu, masa lalunya tak lepas dari deretan peristiwa buruk. Bahkan namanya kerap disandingkan bersama Hitler, Stalin dan lainnya dalam daftar pembantai paling kejam.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

Pria Penjual Pulpen

Ayah Penjual Pulpen yang Membuat Seluruh Dunia Menitikkan Air Mata

10 Foto Kelakuan Pemilik Warung di Indonesia yang Unik dan Ajaib