Unik Aneh

Banyak Dilakukan tapi Tak Tahu Asalnya, Ini Fakta Qunut pada Salat Witir di Bulan Ramadan

Selama bulan Ramadan, melaksanakan salat Tarawih dan juga Witir berjamaah merupakan nikmat tersendiri. Karena, di sini selain meningkatkan ibadah kepada Allah, kita juga bisa bertemu dengan teman atau orang yang dekat dengan kita –kalau mereka salat di masjid yang sama. Belum lagi, bisa berkenalan dengan banyak orang pula.

Nah, selama salat Witir, di pertengahan bulan (malam ke 16) biasanya imam akan mulai membaca doa qunut dalam rakaat terakhir salat. Hal ini perlu kamu catat, karena sering sekali terjadi kesalahan berupa buru-buru ingin sujud, padahal masih ada doa qunut. Untuk apa ya adanya qunut ini, mengapa tak dilaksanakan sedari awal Ramadan? Nah, simak penjelasannya di bawah ini ya!

Kebiasaan yang sudah berlangsung sejak lama

Ilustrasi beribadah [sumber gambar]
Membaca doa qunut pada akhir salat witir ini bukanlah sesuatu yang baru. Kebiasaan tersebut sudah berlangsung lama, sejak masa sahabat Nabi sampai sekarang. Dikisahkan bahwa Ubay Ibn Ka’ab, Umar Ibn Khatab, dan beberapa sahabat lainnya membaca qunut di akhir salat witir setelah separuh Ramadan. Dalam mazhab Shafi’iyah, membaca doa qunut witir disunnahkan ketika separuh akhir dari bulan Ramadan saja. Pendapat ini sudah disetujui secara masyhur.

Tak hanya berlaku saat salat Witir saja

Allah Mencintai Witir [sumber gambar]
Ibnu Taimiyah menyebutkan pendapat para ulama terkait dengan doa qunut ini. “Hakekatnya, qunut witir adalah sejenis do’a yang dibolehkan dalam salat. Siapa yang mau membacanya, silakan. Dan yang enggan pun dipersilakan. Sebagaimana dalam salat witir, seseorang boleh memilih tiga, lima, atau tujuh raka’at semau dia. Begitu pula ketika ia melakukan witir tiga raka’at, maka ia boleh melaksanakan 2 raka’at salam lalu 1 raka’at salam, atau ia melakukan tiga raka’at sekaligus. Begitu pula dalam hal qunut witir, ia boleh melakukan atau meninggalkannya sesuka dia” (Majmu’ Al Fatawa, 22: 271).

Bolehkan dilaksanakan sepanjang bulan Ramadan?

Qunut saat witir [sumber gambar]
Lalu pertanyaannya, bolehkah doa qunut dibaca di sepanjang salat Witir saat bulan Ramadan? Masih melanjutkan perkataan Ibnu Taimiyah di atas, “Di bulan Ramadan, jika ia membaca qunut witir pada keseluruhan bulan Ramadan, maka itu sangat baik. Jika ia berqunut di separuh akhir bulan Ramadan, itu pun baik. Jika ia tidak berqunut, juga baik.” (Majmu’ Al Fatawa, 22: 271)”. Jadi tak ada masalah jika memang mau dilakukan sedari awal puasa. Namun, kebanyakan orang-orang di Indonesia baru melakukannya di malam ke 16 puasa.

Keutamaan membaca doa qunut

Doa Qunut [sumber gambar]
Qunut berasal dari qonata (قَنَتَ) yang artinya tunduk patuh. Qunut juga berarti berdiri lama, diam, taat, doa, dan khusyu’. Adapun keutamaan membaca doa qunut ini sendiri ada banyak, di antaranya memberikan petunjuk kepada siapapun yang membacanya, mendapatkan perlindungan, menghindarkan diri dari berbagai macam penyakit, serta memberikan berkah pada nikmat yang sudah ada.

BACA JUGA: 7 Kejadian Unik yang Selalu Terjadi Saat Tarawih Tiba, Pastinya Bikin Betah Terus Berada di Masjid

Qunut juga berarti bahwa kita sebagai makhluk Allah adalah orang yang lemah dan memohon perlindungannya. Karena kata ‘qunut’ itu sendiri berarti khusyu’ dan tunduk kepada yang menciptakan bumi beserta segala isinya.

Share
Published by
Ayu

Recent Posts

Profil Raymond Chin, Rangkul Anak Muda Bijak Finansial dan Cinta Tanah Air

Nama Raymond Chin pasti tidak asing di telinga bagi mereka yang sering scroll media sosial…

1 week ago

Kim Jong Un Eksekusi Mati Puluhan Pejabatnya karena Gagal Cegah Dampak Banjir Bandang

Sudah bukan rahasia umum lagi jika Korea Utara punya cara-cara yang berbeda dalam mengurus negaranya.…

2 weeks ago

Perempuan Ini Pura-Pura Lumpuh Selama 20 Tahun Demi Menghindari Pekerjaan Rumah

Seorang gadis dari Provinsi Hebei, China, diketahui telah berpura-pura lumpuh selama lebih dari 20 tahun.…

2 weeks ago

4 Teladan Kesederhanaan Paus Fransiskus Kunjungi Indonesia, Ingatkan Perdamaian dan Kebhinnekaan

Pemimpin umat Katolik sedunia, Paus Fransiskus sudah sampai di Indonesia. Kedatangannya juga menjadi penanda dari…

2 weeks ago

Kisah Reza Nurhilman Pengusaha Maicih, Dulu Keliling Pakai Mobil Kini Punya Omzet 7 Miliar

Pilihan terjun ke dunia bisnis bukan hal yang akan diambil oleh sembarang orang. Hanya mereka…

2 weeks ago

Belum Genap 2 Bulan, Keponakan Ayu Ting Ting Meninggal Dunia Setelah Muntah dan Diare

Kabar duka datang dari keluarga besar Ayu Ting Ting atas meninggalnya keponakan penyanyi sekaligus presenter…

3 weeks ago