Unik Aneh

5 Fakta Kasuaris, Burung Raksasa Asal Papua Paling Berbahaya di Dunia

Di dalam hutan lebat Papua, terdapat salah satu burung terbesar dan paling menakjubkan di dunia, Kasuaris. Dengan bulu-bulu gelap yang menawan dan corak biru di lehernya, burung ini terlihat indah, namun jangan terkecoh dengan penampilannya. Kasuaris tidak hanya dikenal karena ukurannya yang besar, tetapi juga karena sifatnya yang agresif dan mematikan.

Kasuaris sering dijuluki sebagai salah satu burung paling berbahaya di dunia. Sifatnya yang teritorial dan kemampuan menyerang dengan cakarnya yang tajam membuatnya sangat ditakuti, bahkan oleh manusia. Penasaran ingin tahu lebih dalam? Yuk, simak 4 fakta menarik tentang burung raksasa ini dan bahayanya di alam liar!

Salah Satu Burung Terbesar di Dunia

Burung Kasuaris [sumber gambar]
Kasuaris merupakan salah satu burung terbesar di dunia, dengan tinggi mencapai 1,7 meter dan berat hingga 70 kilogram. Tubuhnya yang besar dan tegap memberikan kesan sangat kuat dan berwibawa. Selain ukurannya yang mengesankan, Kasuaris memiliki leher berwarna biru cerah serta sisik kasar di kakinya yang memperlihatkan kekuatannya. Meskipun ia tidak bisa terbang seperti burung lainnya, postur tubuhnya yang kokoh dan kuat memungkinkan Kasuaris bertahan hidup di habitat hutan yang padat.

Cakar Tajamnya Mematikan

Cakar Kasuaris [sumber gambar]
Yang membuat kasuaris sangat berbahaya adalah cakar panjang dan tajam yang dimilikinya, terutama pada jari tengah. Cakar ini bisa mencapai panjang 12 cm, dan dalam kondisi terancam, kasuaris dapat menyerang dengan tendangan kuat yang mampu melukai bahkan membunuh manusia. Kasus serangan kasuaris yang fatal pada manusia pernah tercatat, membuatnya mendapat reputasi sebagai salah satu burung paling mematikan di dunia.

Berlari Secepat Angin

Burung Kasuaris [sumber gambar]
Jangan terkecoh oleh tubuhnya yang besar! Kasuaris adalah pelari ulung yang mampu berlari dengan kecepatan mencapai 50 km/jam, bahkan di medan sulit seperti hutan lebat. Kemampuan ini membuatnya sangat tangguh ketika merasa terancam atau saat mencari makan. Tidak hanya itu, kasuaris juga dapat melompat hingga 1,5 meter ke udara—cukup tinggi untuk hewan yang tidak bisa terbang. Kecepatan dan kelincahannya ini membuat kasuaris sulit ditangkap dan sangat berbahaya jika diprovokasi.

Kepala Berlapis ‘Helm’ Keras

Helm Kasuaris [sumber gambar]
Salah satu ciri khas kasuaris yang paling mencolok adalah ‘helm’ di kepalanya, yang dikenal sebagai casque. Helm ini adalah lapisan keras yang tumbuh di atas kepala dan berfungsi sebagai pelindung saat kasuaris bergerak melalui hutan lebat atau ketika bertarung dengan predator. Casque ini juga diyakini berfungsi sebagai alat komunikasi atau menunjukkan usia dan dominasi di antara sesama kasuaris. Selain itu, bentuk unik ini memberikan tampilan yang semakin tangguh bagi burung raksasa ini.

Kasuaris mungkin terlihat seperti burung yang elegan, namun di balik penampilannya, mereka adalah hewan yang sangat berbahaya dan harus diwaspadai, terutama jika bertemu di alam liar. Meskipun mereka jarang menyerang tanpa provokasi, tetap saja, sifat agresif dan kemampuan menyerang mereka menjadikan kasuaris sebagai salah satu burung paling mematikan di dunia.

Share
Published by
Nikmatus Solikha

Recent Posts

Dapat Gelar Doktor Kampus Luar Negeri, Raffi Ahmad Malah Kena Cibir Netizen

Kabar gembira datang dari presenter aktor kondang dan pengusaha top, Raffi Ahmad. Suami dari Nagita…

2 days ago

Elaine Low Dapat Warisan 127 Triliun dari Sang Ayah, Salah Satu Orang Terkaya di Indonesia

Nama Elaine Low beberapa waktu belakangan mencuat terutama di dunia bisnis dan investasi setelah menerima…

4 days ago

Menpora Dito Ariotedjo Banjir Kritik Netizen Gara-Gara Dianggap ‘Pansos’ di Gelaran MotoGP Mandalika 2024

Kasus baru, masalah lama. Begitulah kira-kira jargon yang cocok disematkan kepada Menteri Peranan Pemuda dan…

4 days ago

Fakta Susu Ikan yang Jadi Pro Kontra di Masyarakat

Selain susu dari sapi atau kambing, kamu mungkin sudah pernah mendengar susu dari almon atau…

6 days ago

Ini Lho Boneka Labubu yang Viral Karena Lisa BLACKPINK, Sampai Terjadi Kerusuhan

Kamu pasti sudah nggak asing lagi dengan nama Labubu, atau Boneka Labubu. Jelas saja, karena…

7 days ago

10 Quote Hikigaya Hachiman ‘Oregairu’ yang Menampar Realita

Siapa yang tidak kenal Hikigaya Hachiman? Tokoh utama dari *OreGairu* ini dikenal dengan pandangan hidupnya…

1 week ago