Trending

Ini Lho Boneka Labubu yang Viral Karena Lisa BLACKPINK, Sampai Terjadi Kerusuhan

Kamu pasti sudah nggak asing lagi dengan nama Labubu, atau Boneka Labubu. Jelas saja, karena belakangan boneka ini sangat viral dan diburu oleh banyak orang. Bukan anak-anak, yang memburu boneka ini justru para orang dewasa, bahkan sampai sempat terjadi kerusuhan. Lalu, apa sih boneka Labubu dan mengapa viral dan menyebabkannya diburu banyak orang? Berikut ulasan selengkapnya.

Karakter Boneka Labubu

Labubu merupakan karakter bagian dari seri “The Monster” yang diperkenalkan pertama kali pada tahun 2015 silam. Penciptanya adalah seorang seniman asal Belgia yang lahir di Hong Kong bernama Kasing Lung. Ia membuat sebuah karakter yang begitu unik, perpaduan lucu dan tengil kelinci dengan monster kecil. Ciri khas karakter Labubu adalah punya perawakan kecil, telinga panjang seperti kelinci, dan senyum nakalnya dengan gigi tajam yang menonjol.

Karakter boneka Labubu [Sumber Gambar]
Labubu sendiri diproduksi ke dalam berbagai ukuran dan bentuk, mulai dari patung kecil sampai boneka besar. Pop Mart adalah perusahaan mainan asal China yang punya lisensi resmi untuk memproduksi boneka Labubu. Di sana, Labubu dijual dengan konsep “blind box” atau kotak tertutup, di mana pembeli tidak tahu boneka dengan warna apa yang akan mereka dapatkan. Pembeli baru akan tahu saat Labubu dibeli dan kotaknya dibuka.

Viral karena Lisa BLACKPINK

Sudah diperkenalkan sejak 2015, kenapa baru viral belakangan? Ternyata, viralnya boneka Labubu disebabkan salah satu idola K-pop, Lisa BLACKPINK, yang mengunggah video di Instagram memperlihatkan dirinya memeluk boneka Labubu pada April 2024 lalu. Tak heran kalau popularitas boneka Labubu semakin melambung tinggi. Selain Lisa, boneka ini juga sering ditunjukkan dalam unggahan para artis dan influencer di berbagai negara.

Viral setelah Lisa unggah video bareng Labubu [Sumber Gambar]
Semakin terkenalnya boneka Labubu ini, menjadikan banyak orang dewasa merasa tertarik dan takut ketinggalan atau lebih dikenal dengan sebutan FOMO atau fear of missing out. Tidak ketinggalan masyarakat Indonesia yang juga ikutan berburu boneka Labubu.

Kerusuhan Antrean Boneka Labubu di Indonesia

Begitu tingginya minat terhadap boneka Labubu, tak sedikit orang yang rela antre berjam-jam di depan toko Pop Mart. di Indonesia sendiri, terjadi di Gandaria City Mall, Jakarta. Tidak satu dua kali antrean panjang setiap kali stok Labubu tersedia. Bahkan, sempat ada kerusuhan karena stok boneka Labubu habis lebih cepat sehingga membuat para calon pembeli kecewa hingga marah.

Antrean panjang pembeli Labubu [Sumber Gambar]
Pada pertengahan September kemarin, terdapat video viral kerusuhan di Pop Mart Gandari City. Beberapa calon pembeli yang kecewa sampai mengancam akan membawa masalah ini ke jalur hukum karena merasa dirugikan sudah antre tapi tidak berhasil mendapatkan boneka Labubu.

BACA JUGA: 5 Fakta BTS Meal McD, Bikin Macet sampai Gerai Ditutup karena Bikin Kerumunan

Begitu diburu sampai di seluruh dunia, kira-kira berapa sih harga boneka Labubu? Saat di awal kemunculannya, boneka ini dijual di Pop Mart Indonesia sekitar Rp200 ribu hingga Rp400 ribu. Tapi, sejak viral dan langkanya stok, harga tentu semakin melambung tinggi. Banyak orang yang membeli boneka ini untuk dijual lagi. Contohnya saja di toko online, boneka Labubu bisa mencapai Rp1 juta sampai Rp4,5 juta.

Share
Published by
H

Recent Posts

Dapat Gelar Doktor Kampus Luar Negeri, Raffi Ahmad Malah Kena Cibir Netizen

Kabar gembira datang dari presenter aktor kondang dan pengusaha top, Raffi Ahmad. Suami dari Nagita…

2 days ago

Elaine Low Dapat Warisan 127 Triliun dari Sang Ayah, Salah Satu Orang Terkaya di Indonesia

Nama Elaine Low beberapa waktu belakangan mencuat terutama di dunia bisnis dan investasi setelah menerima…

4 days ago

Menpora Dito Ariotedjo Banjir Kritik Netizen Gara-Gara Dianggap ‘Pansos’ di Gelaran MotoGP Mandalika 2024

Kasus baru, masalah lama. Begitulah kira-kira jargon yang cocok disematkan kepada Menteri Peranan Pemuda dan…

4 days ago

Fakta Susu Ikan yang Jadi Pro Kontra di Masyarakat

Selain susu dari sapi atau kambing, kamu mungkin sudah pernah mendengar susu dari almon atau…

6 days ago

5 Fakta Kasuaris, Burung Raksasa Asal Papua Paling Berbahaya di Dunia

Di dalam hutan lebat Papua, terdapat salah satu burung terbesar dan paling menakjubkan di dunia,…

1 week ago

10 Quote Hikigaya Hachiman ‘Oregairu’ yang Menampar Realita

Siapa yang tidak kenal Hikigaya Hachiman? Tokoh utama dari *OreGairu* ini dikenal dengan pandangan hidupnya…

1 week ago