in

4 Ide Bisnis Ini Aneh dan Nggak Masuk Akal, tapi Malah Laris Manis di Pasaran

Pada umumnya, orang akan menjual barang-barang yang memang dicari dan dibutuhkan oleh kebanyakan orang. Yang mana barang tersebut tentu saja memiliki nilai untuk bisa memberikan manfaat dan bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan. Barang-barang yang dijual pun dapat dengan mudah kita temui.

Namun apa jadinya jika ada beberapa barang tidak lazim dan terdengar agak nyeleneh, justru dijual dan ternyata cukup laris manis di pasaran. Bagi sebagian kecil orang, barang-barang tidak lazim tersebut, justru dianggap sangat bernilai sekaligus memiliki nilai seni yang tinggi. Entah karena alasan apa, barang-barang tersebut tetap dibeli, meski dengan harga yang tidak masuk akal. Berikut adalah bisnis jual beli barang yang nyeleneh, tapi laris di pasaran.

“Sampah” bernilai seni tinggi

Biasanya sampah dianggap suatu benda yang sudah tidak lagi memiliki nilai dan manfaat bagi manusia, sehingga kerap dibuang begitu saja. Meski ada beberapa orang yang kerap mendaur ulang sampah, sehingga sampah bisa berubah menjadi sebuah produk yang memiliki nilai jual yang tinggi. Tidak jarang, kita dapat dengan mudah menemukan produk-produk hasil daur ulang sampah dijual di pasaran dan bernilai seni tinggi.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Justin Gignac (@justingignac)

Di tangan orang kreatif, sebuah sampah bisa diubah menjadi produk yang unik sekaligus bernilai seni tinggi, bahkan harganya terkadang dianggap tidak masuk akal. Seperti yang dilakukan oleh pemilik akun Instagram @justingignac yang menjual balok yang berisi sampah dengan harga USD 10 (sekitar Rp143.000). Bahkan produk tersebut bisa laku sepuluh kali lipat di tangan penggemar seni, karena dianggap unik.  Wah kalau kamu rajin mendaur ulang sampah dan menjualnya, kamu bakalan cepat dapat cuan nih!

Harga domain bisa selangit

Kalau tadi ide bisnis sampah daur ulang, sekarang adalah bisnis jual beli domain. Hampir sebagian besar pemilik website memutuskan untuk membeli domain agar website memiliki branding yang kuat. Namun apa jadinya ketika seseorang ingin membeli nama domain yang diinginkan, tapi telah dimiliki oleh orang lain. Sama halnya ketika Facebook ingin mendapatkan domain facebook.com, bahkan rela menggelontorkan dana hingga USD 8,5 juta (sekitar Rp121 miliar) hanya untuk sebuah nama domain.

Bisnis jual beli domain [sumber gambar]
Selain itu perusahaan QuinStreet rela mengeluarkan dana hingga USD 16 juta (sekitar Rp229 miliar) hanya untuk membeli sebuah domain insure.com WOW! Gurihnya bisnis domain, dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk membeli dan mempertahankan nama domain yang dianggap unik dan “menjual”. Nanti setelah ada orang atau perusahaan yang sangat tertarik dengan nama domain tersebut, lantas ia akan menjualnya dengan harga selangit. Apakah kamu tertarik mencoba bisnis jual beli domain?

Bisnis udara botolan

Bisnis berikut ini kedengaran aneh dan tidak masuk akal. Namun faktanya kita bisa membeli udara yang telah dimasukkan ke dalam sebuah botol berukuran mungil. Bahkan ada beberapa perusahaan yang menjual produk udara di dalam botol, yakni Coast Capture Air. Perusahaan ini mengklaim bahwa udara yang dimasukkan ke dalam botol diambil dari pantai terbaik di daerah Cornwall, Inggris, sehingga harganya relatif mahal. Proses penangkapan udara pun terbilang cukup sulit.

Cara menikmati udara botolan [sumber gambar]

Ternyata, ada perusahaan lain yang juga menjalani bisnis udara botolan ini, yakni Vitality Air. Namun udara yang diambil berasal dari wilayah Kanada. Mau tahu berapa pendapatan kedua perusahaan dari bisnis ini? Nominalnya bakalan membuat kamu kaget, yakni mencapai USD $300,000 (setara Rp4,3 miliar) per tahun. Tahukah kamu, meski awalnya hanya dianggap bisnis lelucon saja, akan tetapi bisnis udara ini justru laku di negara dengan tingkat polusi yang tinggi.

Barang yang bekas digunakan para artis

Semakin populer seorang artis, maka jumlah penggemarnya pun semakin banyak. Ketika seseorang ngefans dengan artis pujaannya, maka ia rela melakukan banyak hal. Mulai dari meniru penampilan sang idola, mengikuti perkembangan karir sang artis hingga rela membeli barang-barang bekas yang digunakan artis pujaannya tersebut, meski barang yang dijualnya terdengar aneh dan harganya terkadang tidak masuk akal.

Barang bekas artis laku dijual [sumber gambar]
Misalnya saja air minum bekas Elvis Presly setelah menggelar konser, dijual oleh asistennya sendiri dan berhasil terjual sebesar USD 455 (sekitar Rp6 juta). Nominal sebesar itu tergolong sangat mahal pada masanya. Selain itu ada juga tisu bekas artis Scarlett Johansson yang dilelang dan berhasil terjual sebesar USD 5,300 (sekitar Rp76 juta) dalam acara The Tonight Show. Wah boleh juga nih bisnis jual beli barang-barang bekas artis dengan harga yang tinggi.

BACA JUGA: Inovasi Saat Pandemi, Bisnis Udara Botolan Buat Dihirup Sebijinya Laku Satu Jutaan

Ide bisnis memang bisa datang dari mana saja, bahkan bisnis yang dianggap aneh, unik dan cenderung nyeleneh pun terbukti bisa menghasilkan. Asalkan kamu menemukan pasar yang tepat, maka bisnis aneh sekalipun bisa membuat kamu mendapatkan cuan. Nah, kira-kira kamu punya bisnis kreatif apa nih?

Written by Hendra Digital

Viral Instalasi Seni Dirusak Demi Konten Foto Anjing, Begini Akhirnya

Mirip India, Mengintip Desa Anak Kembar di Jawa Tengah yang Bikin Heboh Indonesia