in

57 Tahun Terpisah, 2 Veteran Pejuang Kemerdekaan Indonesia Ini Akhirnya Bisa Bertemu Lagi

Pertemuan pejuang kemerdekaan RI [sumber gambar]

Kisah mengharukan datang dari dua pejuang kemerdekaan Indonesia. Selama ini keduanya telah berpisah selama 57 tahun. Namun akhirnya mereka berdua bisa dipertemukan kembali dalam momen yang spesial.

Mereka pun masih tak percaya bisa bertemu lagi setelah hilang kontak puluhan tahun lamanya. Pertemuan keduanya menjadi pemandangan yang menyentuh hati banyak orang. Seperti apa pertemuan kedua pejuang ini? Simak kisah selengkapnya berikut ini.

Mantan pengawal Jenderal Soedirman dan Mayjen Moestopo

Pertemuan pejuang kemerdekaan RI [sumber gambar]
Pejuang kemerdekaan itu adalah Kapten CPM Purn Sanjoto yang kini berusia 91 tahun. Zaman dulu, Sanjoto merupakan Polisi Tentara Pengaman, sekaligus Pengawal Rute Gerilya dari seorang Panglima Besar Jenderal Soedirman. Sementara itu sahabatnya bernama Letda CPM Purn R Soemardi, yang pernah menjadi Polisi Tentara dan pengawal pribadi petinggi militer di Jawa Timur, yakni Mayjen Moestopo.

Pertemuan penuh haru Kapten Sanjoto dan Letda Soemardi

Pertemuan pejuang kemerdekaan RI [sumber gambar]

Momen membahagiakan sekaligus mengharukan begitu terasa saat kedua pejuang kemerdekaan ini bertemu di Taman Makam Pahlawan Giri Tunggal, Semarang, Jawa Tengah. Sanjoto tampak menghampiri Soemardi yang duduk di kursi roda. Keduanya pun langsung bertukar cerita untuk melepas rindu. Sanjoto dan Soemardi tak lupa berziarah dan menabur bunga di makam para kolega dan komandannya yang telah gugur.

Terpisah sejak tahun 1964

Sanjoto [sumber gambar]
Sanjoto dan Soemardi sudah tak bertemu sejak tahun 1964. Bahkan Sanjoto berpikir bahwa hanya dirinyalah satu-satunya yang masih hidup. Sejalan dengan rekannya, Soemardi juga mengira ia adalah pejuang yang tersisa dari perang tersebut, yang hingga sekarang masih hidup dalam kondisi sehat. Sanjoto sangat bahagia dan merasakan semangat lagi seperti di kala muda saat dipertemukan dengan Soemardi.

Keduanya sangat berjasa untuk kemerdekaan Indonesia

Soemardi [sumber gambar]
Sanjoto pernah ikut serta dalam perang gerilya bersama Jenderal Soedirman, Letkol Ahmad Yani dan Kolonel Gatot Soebroto untuk melawan pemberontak DI/TII di Tegal. Sedangkan Soemardi adalah pejuang serangan 1 Maret 1949 di Yogyakarta. Pria yang kini berusia 95 tahun itu juga menjadi tentara pengaman pelantikan Presiden RIS di Sitihinggil, Yogyakarta.

Orang yang berjasa di balik pertemuan kedua veteran kemerdekaan

Ziarah tabur bunga [sumber gambar]

Pertemuan tersebut bisa terlaksana berkat Dandepom IV/5 Semarang, Letkol CPM Okto Femula. Letkol Okto mempertemukan keduanya untuk memperingati momen HUT RI ke-76 pada Selasa (17/8/2021). Selain itu, Letkol Okto mengatkan Sanjoto dan Soemardi adalah saksi hidup berdirinya Polisi Tentara, awal dari Polisi Militer saat ini.

Sanjoto serahkan helm kebanggaan miliknya

Sanjoto berikan helm [sumber gambar]
Pihak Denpom juga menggelar tasyakuran untuk kedua veteran. Dalam acara tersebut, Sanjoto memberikan helm putih bertuliskan PM kepada Letkol Okto. Helm tersebut rupanya menjadi benda berharga bagi dirinya, lantaran itu adalah helm pertama saat ia bertugas sebagai CPM. Helm itu juga yang ia kenakan saat mengawal Presiden Soekarno di Tegal pada tahun 1950.

BACA JUGA: HR Soepardijatma, Veteran Bak Raja yang Nasibnya Jauh dari Nahasnya Pejuang pada Umumnya

Sanjoto mengucapkan terimakasih kepada Dandepom IV/5 Semarang. Ia bersyukur para generasi muda memberikan perhatian yang luar biasa untuk veteran Polisi Tentara. Pertemuan tersebut menjadi salah satu momen yang tak terlupakan dalam hidup mereka.

Written by F A Agustina

Sempat Bikin Salah Paham, Ini 4 Fakta di Balik Atlet Medali Emas yang Dijemput Pakai Pikap

Tengkorak dengan Bentuk Lonjong Ditemukan di Rusia, Dulu Ada Alien di Antara Manusia?