Saat berlibur atau mungkin bulan madu bagi pasangan kekasih, sudah pasti dong hotel atau penginapan menjadi tujuan utama. Karena yang namanya liburan pasti ingin segala hal lebih privasi bukan? Tapi, mneginap di hotel atau penginapan kadang tidak selalu berjalan lancar seperti yang dikehendaki.

Ada banyak hal yang tidak kamu kehendaki dan bisa saja terjadi, salah satunya adalah keberadaan kamera tersembunyi yang sengaja dipasang di dalam ruangan di mana kamu menginap. Tidak menutup kemungkinan bukan kalau nanti aktivitas kamu selama berada di dalam ruangan disalahkangunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Oleh karena itu, sebelum masuk ke dalam kamar, gunakan tips ini deh.

Jangan langsung menyalakan lampu kamar

Saat kamu masuk ke dalam kamar, jangan nyalakan lampu terlebih dahulu ya. Tutup semua tirai agar ruangan gelap, lalu nyalakan kamera ponsel dan arahkan ke ruangan –hal ini bisa membuat sinar infrared terlihat jika memang ada kamera pengintai. Penampakan sinar infrared ini sendiri bisa diketahui memakai remote TV atau AC.

Cek spycam di kamar [sumber gambar]
Caranya tombol remote aktif dipencet dan diarahkan ke kamera ponsel maka akan ada nyala sinar berwarna merah atau ungu. Menurut beberapa netizen Twitter, ada beberapa tempat yang harus kamu curigai (karena bisa dipasang  spycam), tempat tersebut bisa saja AC, buku, hiasan dinding, kotak tisu, boneka yang ada di kamar, kotak TV, hanger pakaian, lemari, dan pena. Tetap hati-hati dan waspada guys.

Mengecek setiap benda yang tidak pada tempatnya

Melansir fimela.com, selain cara manual di atas, kamu juga bisa lakukan cara kedua ini, yaitu dengan mengecek setiap benda yang tidak pada tempatnya. CEO Griffon Force, Carrie Kerskie pernah mengatakan pada kliennya bahwa pencurian identitas dan masalah privasi pribadi, seperti kamera tersembunyi adalah hal yang serius.

Cek setiap benda [sumber gambar]
“Jika melihat detektor asap di tempat yang terlihat agak aneh, jika ada dua di antaranya tepat di sebelah satu sama lain, bisa jadi terdapat kamera di tempat tersebut,” ujar Kerskie.

Pindai jaringan WiFi

Kita tidak menampik bahwa banyak orang yang tinggal dan menginap di sebuah penginapan karena murahnya. Namun, kamu tetap harus selalu skeptis dan curiga dengan berbagai hal yang ada di dalamnya ya guys. Cara ketiga yang bisa kamu lakukan untuk mengecek ada tidaknya kamera pengintai adalah dengan melakukan pemindaian jaringan WiFi, dalam hal ini ada yang disebut dengan Network Scanner.

Pindai WiFi [sumber gambar]
Atau ada pula aplikasi yang bisa digunakan oleh android dan iOs, namanya Fing. Nah, kamu bisa membuka aplikasi itu dan memindai jaringan Wi-Fi dan daftar semua perangkat lain yang menggunakan jaringan yang sama. Jika kamu melihat sesuatu yang lain di sana, itu bisa menjadi indikasi bahwa ada kamera (spycam).

Tutupi tempat yang kamu curigai ada spycam

Kalau sudah memakai berbagai cara, tapi masih belum menemukan ada spycam, maka kamu bisa andalkan jurus terakhir yaitu menutup tempat yang kamu curigai ada spycam-nya. Melansir Fimela.com, “Jika memiliki kecurigaan tentang sesuatu di dalam ruangan, seperti, misalnya, jam alarm, ambillah pakaian dari kopermu dan menggantungnya di atas jam alarm tersebut,” seperti yang dikatakan oleh direktur Security Consulting Alliance di Kentucky, Jack Plaxe.

Tutupi area yang kamu curigai ada spycam [sumber gambar]
Selain itu, sahabat Boombastis semua juga dapat mencabut objek yang tidak perlu dicolokkan. Beberapa kamera tersembunyi membutuhkan sumber listrik yang dicolokkan agar berfungsi.

BACA JUGA: Hati-hati! Kamera Pengintai Jenis Baru Mulai ‘Hantui’ Toilet Umum dan Kamar Ganti

Jadi, di manapun kamu berada, harus tetap waspada ya. Di zaman yang semakin canggih ini ada banyak orang yang mau berbuat jahat. Kalau kamu tidak menyadarinya maka kamu bisa saja menjadi korban kejahatan itu.