in

Uang Tabungan Haji Rp 50 Juta Dimakan Rayap, Penjaga Sekolah Ini Dapat Tawaran Umrah Gratis

Menabung menjadi salah satu cara untuk menghasilkan uang demi meraih sesuatu. Mulai dari kepentingan pendidikan anak, tabungan masa depan, tabungan pensiun, sampai tabungan haji. Hal tersebut pun dilakukan oleh Samin, seorang warga Solo. Pria berusia 53 tahun tersebut menabung agar bisa melakukan haji bersama istri dan anak-anaknya. Ia berhasil mengumpulkan sekitar Rp100 juta.

Namun, kejadian nahas menimpa Samin. Uang tabungan haji miliknya dimakan rayap. Lantas, bagaimana nasib tabungan Samin? Apakah bisa ditukar uang baru di Bank Indonesia? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Kumpulkan Rp100 juta selama sekitar 2,5 tahun

Samin adalah seorang penjaga di Sekolah Dasar Negeri Lodjiwetan, Kota Solo, Jawa Tengah. Sementara, istrinya menjual makanan di kantin sekolah. Mulai dari sebelum pandemi atau lebih kurang 2,5 tahun, Samin menabung Rp100.000 sampai Rp200.00 per hari dari menyisihkan uang hasil bekerja. Ia berhasil mengumpulkan uang sekitar Rp100 juta.

Samin menunjukkan uang tabungan yang dimakan rayap [sumber gambar]
Samin menyimpan uang tabungan di dalam dua celengan kaleng. Satu celengan berisi kira-kira Rp50 juta, sedangkan satunya Rp49,8 juta. Samin dan istrinya memutuskan untuk tidak menabung di bank untuk menghemat waktu dan tenaga. Pasalnya, ia harus menjaga anak-anak di sekolah sehari-hari. Selain itu, Samin menganggap bahwa menabung sendiri sudah cukup aman.

Tabungan sekitar RP 50 juta dimakan rayap

Tabungan senilai 50 juta dimakan rayap [sumber gambar]

Akhir-akhir ini, Samin mempunyai firasat kurang baik tentang tabungan yang dimilikinya. Ia pun meminta sang istri untuk memeriksa dan menghitung uang hasil tabungan. Namun, pada Selasa (13/9/2022) rayap berhamburan keluar dari celengan saat diperiksa oleh istri Samin. Mereka begitu terkejut, uang di satu celengan sebagian besar dimakan rayap dan banyak yang tidak utuh. Sementara, celengan satunya dengan tabungan senilai Rp50 juta terbilang aman karena celengannya masih baru.

Diganti Bank Indonesia Rp20 juta

Samin dan istrinya pun tidak tinggal diam, mereka membawa uang tersebut ke Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Solo pada Rabu (14/9/2022). Pihak Bank Indonesia (BI) dapat mengganti uang yang rusak selama ukurannya masih 2/3 dari keseluruhan bagian. Tujuannya agar pihak BI dapat memeriksa nomor seri uang dengan lebih mudah. Sehingga Samin harus menyusun uang yang sudah berhamburan di atas sebuah alat khusus agar terlihat bahwa ukurannya masih 2/3.  Akhirnya, setelah perjuangan Samin, ia mendapatkan ganti uang senilai Rp10.310.000.

Diperiksa oleh BI untuk mendapat ganti [sumber gambar]
Tidak berhenti sampai di situ, Samin pun datang lagi ke BI pada Kamis (14/9/2022) dengan membawa uang tabungan yang sudah rusak lagi. Ia dibantu oleh petugas BI menyusun uang sampai sekitar pukul 23.00 WIB. Samin pun berhasil menyusun sejumlah uang dan mendapatkan ganti senilai Rp9.910.000. Sehingga total uang tabungan Samin yang dapat diganti oleh BI sebesar Rp20.220.000.

Dapat tawaran umrah dan haji gratis

Berita tentang uang tabungan haji yang dimakan rayap sampai ke sejumlah biro umrah. Sampai saat ini, Samin mendapatkan tawaran umrah gratis dari 10 biro umrah. Namun, Samin belum menerima maupun menolak. Pasalnya, ia dan istrinya sedang proses menenangkan diri pasca kejadian nahas yang menimpanya. Menurut Samin, ada biro umrah yang siap memberangkatkan Samin umrah gratis kapan saja ia siap.

Mendapat ganti rugi sebesar 20 juta [sumber gambar]
Kisah Samin juga menggugah hati selebram Tyna Dwijayanti atau lebih dikenal sebagai Tyna Kanna Mirdad. Berawal dari Tyna mencari kontak Samin dan melakukan panggilan video dengan Samin. Tyna pun menggalang donasi dan berhasil mengumpulkan uang sebesar Rp10 juta. Namun, belum ada kabar lebih lanjut apakah uang ini sudah disampaikan kepada Samin atau belum.

BACA JUGA: Uang Jutaan Bisa Raib Dimakan Rayap, Ini Cara Simpan Uang di Rumah Agar Tetap Aman

Semoga Samin mendapatkan lebih banyak rezeki sehingga dapat mengganti uang tabungan yang dimakan rayap. Harapannya, Samin dan keluarganya dapat melakukan ibadah haji sesuai dengan keinginan mulia mereka.

Written by Galih Hayu

Ustazah Taslimah Tutup Usia Saat Sedang Mengaji, Netizen: Kematian yang Sangat Indah

Jadi Otak Pembunuhan Suami, Istri Pemilik RM Padang di Karawang Ini Dihukum 13 Tahun Penjara