in

Lima Tokoh Penting Dalam Sejarah Yang Meninggal Karena Dibunuh

4. Benazir Bhutto

Ketua Partai Rakyat Pakistan (PPP) ini adalah wanita Pakistan yang merupakan politisi sosialis-demokratis yang paling terkenal. Ia menjabat sebagai Perdana Menteri Pakistan yang ke 11. Ia wanita pertama yang terpilih untuk memimpin sebuah negara Muslim. Ia menjabat sebagai perdana mentri selama dua periode yaitu tahun 1988-1990 dan tahun 1993-1996. Dia menjadi wanita pertama yang menjabat perdana menteri pertama dan sampai saat ini ia satu-satunya perempuan yang menjabat sebagai perdana mentri di Pakistan. Ia merupakan anak sulung dari Perdana Menteri Pakistan Zulfikar Ali Bhutto dan Ibu Negara Pakistan Nusrat Bhutto.  Sebagai perdana mentri perempuan ia memperjuangkan demokrasi bagi para wanita Pakistan.

Tokoh Bersejarah Benazir-bhutto (c) wonderslist.com
Tokoh Bersejarah Benazir-bhutto (c) wonderslist.com

Pada tanggal 27 Desember 2007, Bhutto tewas sesaat setelah meninggalkan demo kampanye untuk PPP di Liaquat National Bagh di kota Rawalpindi, di saat ia membahas aksi demo bagi pendukung Partai Rakyat Pakistan menjelang pemilihan parlemen tahun 2008. Bhutto meninggalkan demo dengan memasuki Toyota Land Cruiser putihnya saat serangan terjadi. Setelah memasuki kendaraan anti pelurunya, Bhutto berdiri melalui sunroof untuk melambaikan tangan ke orang-orang.

Pada saat inilah, terdapat seorang pria bersenjata melepaskan tembakan ke arahnya dan kemudian bahan peledak meledak di dekat kendaraan Bhutto yang menewaskan sekitar 20 orang. Bhutto adalah terluka kritis dan dilarikan ke Rumah Sakit Umum Rawalpindi tapi ia dinyatakan meninggal pada 18:16 waktu setempat.

Written by Vyra Sofia

Leave a Reply

Ingvar Kamprad

Meski Jadi Miliader, 5 Pengusaha Sukses ini Memilih Mobil Murah

Rania Al Abdullah

5 Wanita Muslimah Cantik Terkaya di Dunia