in

3 Tokoh Besar yang Pernah Menyatukan Nusantara

3. Soekarno

Warga Indonesia tentu semua tahu siapa itu Presiden Soekarno. Sebagai presiden pertama Indonesia, maka beliau juga layak disebut sebagai sosok yang berhasil menyatukan Nusantara. Soekarno memiliki peranan penting dalam usahanya memerdekakan Indonesia dari penjajahan.

Soekarno
Soekarno [image source]
Perjuangannya yang berat membuatnya sering bermasalah dengan pihak Belanda hingga ia sempat beberapa kali ditangkap dan dipenjara, bahkan dibuang. Ia memiliki kemampuan memimpin masyarakat dan membangkitkan semangat para pejuang dan bangsa Indonesia. Hal inilah yang membuatnya begitu disegani sehingga pihak Belanda khawatir dengan sepak terjang Soekarno.

Bersama dengan Mohammad Hatta, ia memproklamirkan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Ia juga sosok yang pertama kali mencetuskan konsep Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Tidak hanya itu saja, ia sendiri juga yang menamai konsep tersebut.

Baca Juga : 5 Jagoan Fiktif Dunia Persilatan Nusantara

Indonesia adalah negara yang begitu besar, maka mempertahankannya agar tetap utuh dan bersatu juga bukan perkara sederhana. Kita tahu bahwa Indonesia memiliki keanekaragaman budaya, agama, suku, dan lainnya, untuk itu kita harus menanamkan rasa toleransi kita satu sama lain untuk bisa menjaga keutuhan NKRI. Kita tentu tidak mau perjuangan para pahlawan dan tokoh-tokoh besar yang pernah menyatukan nusantara menjadi sia-sia, bukan?

Written by Tetalogi

Leave a Reply

4 Alasan Hujan Enggan Turun Dilihat Dari Kacamata Islam

6 Fakta Luar Biasa Fidel Castro, Sang Musuh Bebuyutan Amerika