in

5 Artis yang Bikin Token, Bakal to The Moon atau Hanya Ikutan Tren?

Pasca booming fenomena Ghozali yang berhasil menjual foto selfienya di pasar NFT senilai miliaran rupiah, banyak kalangan artis yang ikut terjun ke dunia kripto. Mereka berbondong-bondong membuat token kripto.

Mata uang digital ini memang sedang melejit popularitasnya selama setahun kemarin. Banyak orang Indonesia yang tertarik untuk berinvestasi pada mata uang kripto. Inilah deretan artis yang merilis token kripto buatan mereka sendiri.

1. Anang Hermansyah dan Ashanty

Anang dan Ashanty bekerja sama dengan CEO IDM Token MC Basyar membuat token ASIX. Tak tanggung-tanggung, mereka melibatkan sejumlah artis terkenal seperti Judika, Ariel NOAH, dan Atta Halilintar untuk mempromosikan token ASIX. Hasilnya, token ini pun terjual habis saat dirilis pada 27 Januari 2022.

Anang Hermansyah dan Ashanty [sumber gambar]
Namun, sempat beredar kabar bahwa token ASIX dilarang dijual di Indonesia. Bappeti menyatakan token ASIX tidak ada dalam daftar 229 aset kripto di Indonesia. Berita tersebut membuat harga token ASIX sempat anjlok. Akhirnya, Anang menjelaskan bahwa timnya sedang dalam proses mendaftarkan token ASIX di Bappeti.

2. Angel Lelga

Angel Lelga [sumber gambar]

Angel Lelga juga tertarik membuat token yang ia sebut Angel Token. Token miliknya dijual secara presale pada 28 Februari 2022. Angel tampaknya serius menekuni bisnis token hingga memutuskan untuk istirahat dari dunia hiburan sementara waktu. Angel sangat yakin tokennya ini akan berhasil lantaran ia sudah memiliki tim pengembang. Ia menegaskan tak mau mengecewakan nasib investor yang sudah membeli Angel Token.

3. Wirda Mansur

Wirda Mansur [sumber gambar]
Anak Ustadz Yusuf Mansur, Wirda Mansur juga tak mau ketinggalan. Ia merilis token kripto I-COIN dan melakukan presale pada Rabu (16/02/2022). Hanya dalam waktu empat jam, token tersebut ludes terjual. Token milik Wirda sudah terdaftar di Coincengko dalam waktu kurang dari seminggu. Namun harga I-COIN milik Wirda sempat merosot tajam. Wirda sendiri menganggap wajar lantaran token tersebut baru dirilis beberapa hari.

4. Lesty Kejora dan Rizky Billar

Lesti dan Billar [sumber gambar]
Pasangan muda Lesty dan Rizky Billar mengumumkan sedang membuat proyek Leslar Metaverse. Dalam proyek tersebut, mereka akan membuat Leslar Coin. Token kripto ini dapat digunakan untuk bermain game dan membeli item digital di Leslar Metaverse. Rencananya Leslar Coin akan dijual secara presale pada 5 Maret 2022.

5. Indra Kenz

Indra Kesuma [sumber gambar]
Tersangka kasus penipuan berkedok trading Binomo, Indra Kenz rupanya sudah lebih dulu membuat token kripto. Bahkan Indra mengklaim token miliknya suda ada sejak 2018 silam. Token yang bernama BotXcoin sudha diluncurkan pada 4 Juli 2021. Namun sejak dirinya terlibat kasus penipuan, belum ada kabar lagi mengenai token miliknya.

BACA JUGA: Cerita Ghozali, Cuma Jual Selfie Ala Kadarnya tapi Dapat Miliaran

Fenomena para artis membuat token menandakan bahwa teknologi NFT membuka kesempatan bagi Indonesia agar tak tertinggal dengan negara lain. Namun sebaiknya kenali segala macam risiko sebelum membeli token kripto. Jangan hanya ikut-ikutan tren dan terbuai dengan promosi belaka.

Written by F A Agustina

Negosiasi di Masa Kritis, Ini 3 Syarat Putin Akhiri Serangan ke Ukraina

Jelang Bebas, Ini Kilas Balik Angelina Sondakh 10 Tahun Mendekam di Bui