in

Jelang Bebas, Ini Kilas Balik Angelina Sondakh 10 Tahun Mendekam di Bui

Masih ingat dengan Angelina Sondakh? Politisi sekaligus mantan Puteri Indonesia ini sudah menjalani masa hukuman selama 10 tahun di balik jeruji penjara. Dalam hitungan hari, kabarnya Angelina akan segera menghirup udara bebas.

Hal ini dibenarkan oleh kuasa hukum Angelina Sondakh, Krisna Murti. Krina menuturkan semua urusan administrasi yang diperlukan untuk pembebasan Angie sudah beres. Menjelang kebebasannya, kita simak kilas balik Angelina Sondakh selama mendekam di tahanan.

Angelina Sondakh tersangkut kasus korupsi

Kasus suap Angelina Sondakh [sumber gambar]
Pada 3 Februari 2012, Angelina Sondakh resmi ditetapkan sebagai tersangka kasus suap poyek wisma atlet di Palembang. Kala itu, dirinya yang masih berstatus sebagai anggota Badan Anggaran DPR sudah dicekal agar tak kabur ke luar negeri. Dalam persidangan, Angie terbukti menerima uang suap senilai 1.200.000 dolar Amerika dan Rp 2,5 mililar dari Grup Permai.

Masa hukuman Angie diperberat

Majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta menjatuhkan vonis hukuman lima tahun kurungan. Vonis ini jauh lebih ringan dibandingkan tuntutan jaksa yang meminta Angie dihukum 12 tahun 6 bulan. Kasus Angie berjalan hingga tingkat kasasi.

Vonis hukuman Angelina Sondakh [sumber gambar]
Ternyata Mahkamah Agung (MA) memperberat hukuman Angie menjadi 12 tahun penjara dan denda Rp 500 juta. Dua tahun kemudian, Angie mengajukan peninjauan kembali dan di tahun 2015, MA mengurangi vonis Angie menjadi penjara 10 tahun, 6 bulan kurungan dan denda Rp 500 juta.

Angie takut dibenci anak hingga ciptakan lagu di penjara

Angie ciptakan lagu di penjara [sumber gambar]
Selama dipenjara, Angie dikabarkan merasa tertekan sekaligus takut jika sang anak, Keanu Massaid akan membencinya. Bahkan Angie pernah mogok makan selama tiga hari setelah menelepon Keanu. Ia juga merindukan sosok almarhum suaminya, Adjie Massaid. Namun setelah tiga tahun, Angie mulai bisa menerima. Ia menciptakan banyak lagu hingga mempunyai band sendiri di Rutan Pondok Bambu Jakarta.

Ayah Angie ungkapkan kekecewaan

Lucky Sondakh, ayah Angie justru curhat tentang kekecewaannya kepada sang putri. Sebelum terjun ke dunia politik, Lucky sudah mewanti-wanti Angie agar selalu berhati-hati namun nasihat itu tak digubris hingga Lucky harus dicemooh sesama rekan akademisi. Ia dianggap gagal mendidik anak sendiri.

Angie dan Lucky Sondakh [sumber gambar]
Rasa kecewa Lucy bertambah saat Angie memutuskan menjadi seorang mualaf. Pasalnya Lucky adalah seorang pemimpin gereja selama 16 tahun. Namun ia juga kecewa saat keluarga terdekatnya mengucilkan Angie. Menurut Lucky, Angie hanyalah manusia biasa yang tak lepas dari kesalahan.

BACA JUGA: Artis Ini Pernah Dipenjara Akibat Utang Miliaran, Kini Hidup Bahagia Bareng Pengusaha Tajir

Pada Kamis (3/3/2022) Angelina Sondakh akan bebas dari penjara. Kabag Humas, Rika Aprianti memastikan kebenaran berita tersebut. Angie memang diketahui mendapatkan cuti menjelang bebas pada Maret 2022.

Written by F A Agustina

5 Artis yang Bikin Token, Bakal to The Moon atau Hanya Ikutan Tren?

Kisah Tante Lala, Dulu Cuma Penyanyi Kini Viral Tiap Hari