YouTuber sekarang adalah sebuah profesi. Tak hanya mereka yang memang berniat mempromosikan karya mereka saja yang masuk ke dunia perYouTube-an, mereka yang hanya ingin berbagi kegiatan sehari-hari pun menggunakan YouTube sebagai platform.

Kalau selama ini kalian sering melihat YouTuber dari dalam negeri, seperti artis atau mungkin musisi yang terjun sebagai konten creator, maka kali ini kita akan berkenalan dengan YouTuber luar negeri yang menyapa para fansnya menggunakan bahasa Indonesia. Sehingga mereka tak ubahnya YouTuber Indonesia. Siapa saja sih mereka? Kepoin yuk!

Jang Hansol, orang Korea yang medhok

Jang Hansol merupakan YouTuber asal Korea Selatan yang punya logat jawa yang medhok. Bukan tanpa sebab loh, pemilik channel Korea Reomit ini memang pernah tinggal di Malang, Jawa Timur selama beberapa belas tahun. Hansol menempuh pendidikannya dari bangku SD hingga SMA di Kota Apel ini. Saat ini, kanalnya sudah 1,9 M subscriber. Pembahasan Hansol juga menggunakan bahasa Jawa campur dengan bahasa Indonesia.

White Papuans

Dua bersaudara Jan dan Ben yang berdarah dan tinggal di Jerman ini menggunakan bahasa Indonesia berlogat Papua dalam setiap video mereka. Usut punya usut, Jan dan Ben ini merupakan putra dari Rainer Scheunemann, keluarga Jerman yang fasih berbahasa Jawa dan menetap di Indonesia. Hanya saja, Rainer memboyong keluarganya kembali ke Jerman setelah berpuluh tahun tinggal di Indonesia. Ya wajah sih kalau Jan dan Ben kalau makan harus pakai nasi, darah Indonesia sudah melekat.

Masak-masak dengan Nick

Kalau mendengar Nick ngomong tanpa melihat wajahnya, 100% kamu akan mengatakan kalau ia adalah orang Indonesia tulen. Pria bernama Nicholas Molodysky atau sering disapa Kak Nick ini adalah bule yang hobinya ngomong dengan bahasa gaul layaknya anak Jaksel. Nick yang berasal dari Australia memang sudah belajar bahasa Indonesia sejak SD. Saat kelas 2 SMA, karena cinta dengan bahasa Indonesia, ia mencari guru sehingga bisa belajar privat. Tak sampai di situ saja, saat kuliah ia mengambil jurusan Bahasa Indonesia di salah satu kampus di Disney. Kak Nick juga sering main dengan komunitas anak Jakarta, hingga akhirnya dapat jodoh perempuan Indonesia.

Pak Guru Paul

Pak Guru Paul ini adalah kanal YouTube bule Jerman yang mengajarkan bahasa Jerman untuk penutur non-Jerman. Paul merupakan suami dari Trisna (Kakak Ina) yang juga punya kanal YouTube Keluarga Bahagia di Jerman. Paul memang lancar berbicara bahasa Indonesia karena ia pernah selama beberapa tahun tinggal di Sorong Papua. Saat ditanya, Paul juga tidak mengatakan bahwa dirinya bule. Ia lebih suka dipanggil orang Papua. Padahal kulitnya putih loh pak~

BACA JUGA: Dulu Tak Dikenal, 5 Youtuber Asal Luar Negeri Ini Justru Sukses dan Kaya di Indonesia

Nah, itulah para YouTuber yang lancar berbicara dalam bahasa Indonesia, padahal tinggalnya di luar negeri. Ya, usut punya usut mereka memang sudah pernah tinggal di Indonesia dan sudah belajar bahasa Indonesia sejak lama.