in

Inilah 7 Suku Paling Terisolasi yang Akhirnya Membuat Kontak dengan Dunia Modern

Suku terisolasi

Ada dua tipe manusia yang hidup di dunia ini. Pertama adalah mereka yang terbuka dengan perubahan yang ada. Kelompok pertama ini selalu mengikuti perkembangan zaman termasuk menggunakan gawai paling canggih hingga mengubah gaya hidupnya menjadi lebih modern.

Kelompok kedua adalah mereka yang memegang teguh terhadap apa saja yang ada sejak ratusan atau bahkan ribuan tahun yang lalu. Mereka lebih suka bersembunyi, tidak menampakkan diri hingga seolah tidak pernah ada. Alhasil banyak kelompok manusia termasuk suku-suku primitif yang terisolasi atau mengisolasi dirinya dari dunia luar.

Pepatah bilang, sepandai-pandai tupai melompat akhirnya jatuh juga. Sepandai-pandainya suku-suku ini mengisolasi diri atau tersembunyi karena faktor alam, ada kalanya kontak dengan dunia dan manusia modern tidak bisa dihindari. Dalam kontak ini, ada kelompok yang suka ada juga yang berusaha mengusir dengan kasar. Berikut tujuh suku paling terisolasi yang akhir membuat kontak dengan manusia modern dan dunianya.

1. Orang Sentinel

Orang Sentinel [image source]
Suku terisolasi pertama yang mendapatkan kontak dengan dunia modern berada di Pulau Sentinel Selatan yang posisinya ada di Samudera Hindia. Suku ini pernah didekati sejak tahun 1967-1997. Sayangnya, insiden selalu saja terjadi. Saat ada yang mendekat, puluhan orang akan menyerang dengan panah. Pada tahun 1974, NatGeo pernah melakukan syuting dokumenter di sana, tapi tragedi terjadi hingga ada yang terluka dan terbunuh.

2. Suku Acre

Suku Acre [image source]

Hampir semua suku yang ada di Amazone telah didata dengan oleh pemerintah Peru. Namun, ada satu suku terisolasi yang awalnya dianggap anggota pencinta lingkungan yang menyamar untuk menolak pengeboran minyak. Akhirnya setelah dilakukan penelitian di lapangan, suku ini nyata adanya. Bahkan cara komunikasi dan ekspresi mereka menggunakan suara hewan seperti jaguar dan babi. Suku ini akan menyerang siapa saja yang datang untuk membuat kontak.

3. Orang Nukak

orang Nukak [image source]
Orang Nukak hidup terisolasi di kawasan Taman Nasional Rio Pure, Colombia. Sebelum membuat kontak dengan manusia modern, mereka hidup dengan damai. Namun, kontak pertama yang menyenangkan justru membunuh banyak anggota kelompok ini. Banyak dari mereka mengalami infeksi saluran pernapasan. Selanjutnya suku ini juga dibantai oleh sindikat narkoba dan penyerobot lahan. Melihat kejadian ini, kepala suku Nukak sampai bunuh diri meminum racun. Well, kontak dengan manusia modern yang berujung maut.

4. Orang Jarawa

Orang Jarawa [image source]
Orang Jawara hidup di Pulau Andaman yang sangat terjaga keasliannya. Diperkirakan mereka datang dari kawasan Afrika ribuan tahun yang lalu dan hidup di sini sampai sekarang. Kontak pertama dengan kelompok ini tidak diketahui. Namun, beberapa orang menjadikan mereka seperti safari manusia. Oh ya, orang Jarawa ternyata tidak begitu ramah dengan pendatang. Siapa saja yang warna kulitnya tidak sama bisa dibunuh begitu saja.

5. Suku Macho-Piro

Suku Macho-Piro [image source]
Suku Macho-Piro adalah suku pertama terisolasi paling baru yang terekspos di kawasan Amazon bagian Peru. Mereka yang berjumlah sekitar 100 orang keluar dari hutan dan menculik seorang wanita. Mereka pun juga tidak segan menyerang siapa saja yang dianggap mengganggu. Oh ya, ada anggapan kalau keluarnya mereka dari persembunyian terjadi akibat banyaknya illegal logging di kawasan hutan tempat mereka tinggal.

6. Orang Biami

Orang Biami [image source]
Orang Biami hidup di Papua Nugini dan terisolasi dari dunia luar. Namun, mereka mulai didekati oleh para jurnalis yang ingin tahu kehidupan mereka. Ternyata, di masa lalu, mereka kerap melakukan praktik kanibalisme. Mereka kerap menangkap orang yang berbuat buruk pada suku entah itu cuma menghina. Orang yang ditangkap akan dibakar hidup-hidup lalu dimakan bersama-sama. Benar-benar ngeri!

7. Suku Mastanahu

Suku Mastanahu [image source]
Lagi-lagi Amazon menyimpan suku-suku terisolasi yang menarik. Kali ini ada Suku Mastanahu. Suku ini awalnya menutup dari dunia luar. Namun, beberapa praktisi keagamaan masuk ke sana untuk mengajarkan ketuhanan dan juga pendidikan. Lambat laun suku ini menjadi lebih terbuka, bahkan mau menggunakan baju modern.

Inilah suku paling terisolasi dan primitif yang akhirnya membuat kontak dengan dunia modern meski banyak yang menolaknya. Kalau menurut Anda, suku seperti ini lebih baik dibiarkan saja atau didekati?

Written by Adi Nugroho

Leave a Reply

Inilah Keistimewaan Wanita Madura yang Membuat Pria Bertekuk Lutut

Arya Jipang, Sosok di Balik Hancurnya Kerajaan Demak yang Perkasa