Trending

Sempat Dielu-elukan, Inilah 5 Skandal yang Pernah Menerpa Ibu Negara Korea Selatan

Menjadi first lady artinya siap menjadi sorotan sekaligus panutan banyak orang. Setiap gerak gerik yang dilakukan bisa menjadi perbincangan, seperti yang terjadi pada ibu negara Korea Selatan baru-baru ini. Kim Koen Hee sempat dielu-elukan pada saat kehadirannya di momen KTT G20 yang diselenggarakan di Nusa Dua, Bali, belum lama ini.

Tak hanya ramai dibicarakan karena parasnya yang ayu dan selera fashion yang bagus saja, Kim Koen Hee merupakan ibu negara dengan rekam jejak pendidikan yang tidak main-main, karena sejak kecil telah bersekolah di sekolah elit. Tapi, siapa sangka di balik famous-nya, ada banyak sekali kontroversi yang sempat menyeret namanya. Berikut ini Boombastis.com merangkum dari berbagai sumber.

Pemalsuan riwayat kerja dalam resume

Sebelum menjadi first lady Korea Selatan, Kim pernah melamar untuk posisi dosen di dua universitas di Korea Selatan, yaitu Suwon Women’s University dan Anyang University. Akan tetapi, alih-alih jujur, ia malah memalsukan riwayat pekerjaannya. Kim menulis beberapa pencapaian bohongan, ia menulis bahwa dirinya pernah menjabat sebagai direktur Korea Association of Game Industry selama tiga tahun sejak 2002, saat memasukkan resume ke Suwon Women’s University.

Kembali, saat melamar di Anyang University, Kim mengklaim dirinya pernah menerima penghargaan tertinggi dalam kategori Animasi di Korea Content Awards 2004. Pada Desember 2021, Kim mengumumkan permintaan maafnya secara publik kepada masyarakat Korea Selatan.

Eksploitasi anak dari negara lain demi pencitraan

Pada bulan Agustus lalu, Kim Koen Hee melakukan kunjungan ke Kamboja. Kunjungan ini ternyata mendatangkan skandal baru yang menyebut Kim mengekploitasi orang miskin di negara tersebut. Kim mendatangi salah satu rumah pasien anak yang mengalami kelainan jantung.

Kim Koen Hee mengunjungi pasien jantung di Kamboja [sumber gambar]
Hal tersebut dianggap sebagai pencitraan semata, karena Kim ‘cancel‘ menghadiri acara bersama para istri presiden demi berada di rumah pasien tersebut. Hal ini berbuntut pada pembelaan dari partai presiden. Partai menyebut bahwa kata ‘eksploitasi’ tak seharusnya digunakan, karena kunjungan tersebut hanya kunjungan biasa yang tidak ada maksud eksploitasi.

Mengancam jurnalis yang mengkritik sang suami

Kim Koen Hee pernah mengatakan hal yang mengundang kontroversi pada akhir Januari 2022 lalu. Mengutip dari The Straits Times, Kim pernah mengecam para jurnalis yang pernah memberikan kritik pedas suaminya, termasuk di saat kampanye pemilihan presiden 2022. “Jika saya berhasil mencapai Blue House (Istana Kepresidenan Korsel), saya akan menjebloskan mereka semua ke penjara,” ujarnya.

Presiden Korsel dan istrinya, Kim Koen Hee [sumber gambar]
Hal ini dinilai sebagai bukan contoh yang baik yang dilakukan oleh orang yang kelak akan menjabat sebagai ibu negara. Namun, hingga Yoon Suk-Yeol menjabat sebagai presiden sah, belum ada kabar terkini tentang ancaman yang pernah dilakukan oleh Kim Koen Hee tersebut.

Tuduhan plagiarisme dalam beberapa makalah akademiknya

Kim Koen Hee tercatat sebagai salah satu ibu negara yang sangat mementingkan pendidikan, ia mendapatkan gelar doktoral bahkan kuliah di beberapa universitas berbeda. Akan tetapi, Kim beberapa kali terkena skandal plagiarisme terkait dengan karya ilmiah yang ia buat.

Kim Koen Hee memalsukan makalah [sumber gambar]
Makalah akademik saat sedang mengambil doktoran di Universitas Kookmin disebut sebagai karya plagiat. Tidak sampai di sana saja, disertasi PhD-nya juga tak lepas dari tuduhan mengambil karya orang lain. Netizen bahkan meragukan keaslian makalah untuk program Masternya di Universitas Wanita Sookmyung.

Menyembunyikan harta kekayaan dan manipulasi pasar saham

Kim Koen Hee diduga memanipulasi harga saham dealer mobil impor. Hal tersebut setelah pihak berwajib menahan seseorang bernama Kwon-Oh Soo yang membocorkan informasi pribadi seseorang demi mendapatkan keuntungan pembelian saham dealer mobil itu. Nama Kim sendiri terseret karena diduga bersekongkol dalam memanipulasi saham tersebut.

Kim Koen Hee tak daftarkan kekayaannya [sumber gambar]
Kasus ini masih dalam penyelidikan berlanjut. Skandal lain adalah Kim yang tak mendaftarkan harta kekayaan berupa kalung mewah yang ia pakai saat perjalanan dinas (menemani suaminya) ke Spanyol pada Juni lalu. Kalung seharga 62 juta won (setara Rp725 juta) tersebut tidak terdaftar dalam kekayaan properti milik Kim.

BACA JUGA: Kim Koen Hee, Ibu Negara Korea Selatan yang Disorot karena Tampil Awet Muda di Usia 50

Itulah sederet skandal yang sempat menyeret nama the first lady Kim Koen Hee. Sebelumnya, Kim Koen Hee dielukan karena parasnya yang cantik dan awet muda di usia yang sudah memasuki kepala 5. Namun, ternyata ada banyak sekali hal problematik yang selama ini ia lakukan.

Share
Published by
Ayu

Recent Posts

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

1 day ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

1 week ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

2 weeks ago

Misteri Kematian Ibu Muda di Gresik, Uang Raib hingga Saksi Ditemukan Meninggal

Misteri masih menyelimuti kematian seorang ibu muda di Gresik bernama Wardatun Toyyibah. Perempuan berusia 28…

3 weeks ago

Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Kasus Korupsi Penambangan Liar Timah di Bangka Belitung

Pernikahan artis Sandra Dewi dan Harvey Moeis sempat menjadi perbincangan publik karena mewah dan bak…

3 weeks ago

Buka Galangan Dana untuk Ibu, Singgih Sahara Salah Gunakan hingga 200 Juta untuk Pribadi

Nama Singgih Sahara, komika asal Semarang, belakangan menjadi sorotan publik lantaran hal yang dilakukannya membuat…

4 weeks ago