in

Kabari Jokowi hingga Berobat ke AS, Ini 4 Fakta Mantan Presiden SBY Idap Kanker Prostat

Kabar duka datang dari mantan presiden, Susilo Bambang Yudhoyono. Presiden ke-6 RI ini dikabarkan mengidap kanker prostat stadium awal. Hal tersebut diketahui setelah SBY diperiksa oleh tim dokter Indonesia. Kanker prostat umumnya memang menyerang pria yang sudah berumur lebih dari 65 tahun. Ada pun perkembangan kanker sendiri, terbilang lambat dan tidak agresif.

Diberitakan oleh staf pribadi SBY, Ossy Dermawan, bahwasanya SBY akan melakukan medical treatment atau perawatan medis untuk penanganan penyakit yang dideritanya tersebut di sebuah rumah sakit di luar negeri. Bagaimana berita lebih lanjutnya? Simak dalam ulasan Boombastis.com berikut sampai selesai ya!

Diagnosis kanker prostat tahap awal

Meski kabar ini bukan merupakan berita baik, namun beruntung kanker terdeteksi sejak awal. Kanker yang diderita oleh SBY sendiri tahap awal dan sangat mungkin untuk disembuhkan.

Presiden SBY [sumber gambar]
Melansir dari health.detik.com, ahli urologi sekaligus Direktur RSUD Pasar Minggu, dr Yudi Amiarno, SpU, mengatakan bahwa kanker prostat di stadium awal belum menyebar ke organ tubuh lain. Oleh karena itu, tim medis dapat melakukan terapi secara agresif. Hal yang dapat dilakukan adalah mengangkat jaringan prostat yang terkena kanker.

Menelepon dan memberi tahu Presiden Jokowi

Terkait penyakit yang sedang dideritanya, SBY ternyata tak hanya memberi tahu keluarga besarnya saja. SBY juga sudah menceritakan hal tersebut kepada Presiden Joko Widodo.

SBY menderita kanker prostat [sumber gambar]

Ossy Dermawanlah yang memberi informasi kepada Jokowi terkait dengan rencana untuk menjalankan pengobatan di luar negeri. Untuk saat ini, rumah sakit yang dipilih oleh SBY adalah salah satu rumah sakit terbaik yang ada di Amerika Serikat, meski belum disebut nama rumah sakitnya.

Surat permohonan menyentuh untuk rakyat Indonesia

Selain memberi tahu Jokowi, SBY juga mengabarkan tentang sakitnya ini kepada masyarakat umum. Ossy menyampaikan pesan menyentuh dari SBY pada Selasa (2/11). SBY memohon agar seluruh rakyat Indonesia mendoakan kelancaran proses berobat dan menyumbang doa untuk kesembuhan dirinya.

Susilo Bambang Yudhoyono [sumber gambar]
SBY juga khusus meminta kepada para sabahatnya agar segala usaha pengobatan medis yang ia jalankan berlangsung dengan lancar. Semoga Pak SBY diberikan kesehatan segara ya!

Semangat dari orang-orang terkasih untuk SBY

Sebagai salah satu tokoh yang pernah menjadi orang nomor satu di Indonesia, sudah tentu SBY mendapat banyak dukungan dan juga doa dari berbagai kalangan. Keberangkatan SBY ke Amerika sendiri ditemani oleh putranya, Edhi Baskoro atau Ibas.

Doa dari anak menantu [sumber gambar]
Selain itu, support juga diberikan oleh orang-orang terdekat, mulai dari Jusuf Kalla, Megawati Soekarnoputri, hingga sosok pesohor Deddy Mizwar. Doa yang tak putus juga diberikan oleh dua menantu kesayangan SBY, Annisa Pohan dan Aliya Rajasa. Dua menantunya ini membuat satu unggahan khusus di Instagram pribadi mereka, yang berisi doa kesembuhan untuk SBY.

BACA JUGA: Fakta Unik Susilo Bambang Yudhoyono Yang Jarang Diketahui Publik

Hal yang pasti, seluruh masyarakat Indonesia juga turut memberikan dukungan berupa doa untuk kesembuhan SBY. Semoga kanker prostat yang diderita tersebut segera disembuhkan. Setidaknya, kita punya banyak harapan, karena sesuai dengan vonis medis bahwa kanker tersebut masih stadium awal dan sangat bisa mungkin untuk sembuh dan sehat kembali.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Viral Nia Ramadhani dan Suami Makan Bareng Anak saat Rehabilitasi Narkoba, Ternyata Video Lama

Sempat Mengeluh Sakit ke Kekasihnya, Pesinetron Hanna Kirana Hembuskan Napas Terakhir