Setelah resmi terpilih sebagai salah satu anggota DPR periode 2019-2024, sosok artis yang juga merupakan istri dari musisi kenamaan, Ahmad Dhani, Mulan Jameela bakal segera menekuni profesi barunya sebagai politisi. Meski demikian, keberhasilan Mulan melenggang ke Senayan bisa dibilang tidak mudah. Ada jalan terjal dan proses panjang yang harus dilalui oleh dirinya.

Dilansir dari Kompas, ia sejatinya sempat gagal karena suaranya tidak memenuhi syarat agar lolos sebagai anggota parlemen. Alhasil, dirinya pun sempat mengajukab gugatan terhadap partai pengusungnya, Gerindra. Selain itu, Mulan juga sempat menghadapi gugatan dengan dua kandidat lain di partai yang sama. Namun berkat usaha dan kegigihannya, Mulan akhirnya berhasil ditetapkan menjadi anggota DPR periode 2019-2024. Seperti apa kisahnya?

Sempat kalah suara hingga akhirnya memenangkan gugatan

Terjun sebagai calon legislatif (Caleg) DPR RI dari Partai Gerindra, Mulan Jameela mencoba peruntungan di dunia politik untuk daerah pemilihan Jawa Barat XI, yaitu meliputi Kabupaten Tasikmalaya dan Kota Tasikmalaya. Sayang, raihan sebanyak 24.192 suara ternyata belum cukup membuat Mulan lolos ke Senayan. Alhasil, ia pun melakukan gugatan kepada Partai Gerindra.

Dilansir dari Kompas, Gugatan tersebut pun berakhir dengan putusan bahwa pihak tergugat, yaitu Partai Gerindra dapat melakukan langkah administrasi internal untuk memastikan caleg tersebut dapat menjadi anggota legislatif. Hingga akhirnya, Mulan ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjadi anggota legislatif DPR RI terpilih periode 2019-2024.

Digugat oleh politisi lain yang namaya tercoret dan digantikan oleh Mulan

Penetapan Mulan sebagai anggota DPR RI periode 2019-2024 rupa-rupanya berbuntut panjang. Alasannya, mantan vokalis band Ratu itu dinilai telah mengorbankan sejumlah kader partai Gerindra yang sejatinya telah berkontestasi pada Pemilu 2019. Hal inilah yang kemudian diperjuangkan oleh Ervin Luthfi, yang akhirnya dipecat dari partai dan namanya digantikan oleh Mulan.

Dilansir dari Nasional Kompas, ia pun menggugat keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang meloloskan istri musisi Ahmad Dhani tersebut. Tak hanya Ervin, politisi lain yakni Fahrul Rozi yang juga merupakan kader sesama Partai Gerindra, sejatinya merupakan tokoh yang memegang tiket lolos ke Senayan. Masuknya Mulan Jameela, secara otomatis menggusur nama mereka berdua.

Tetap lolos dan dilantik sebagai anggota DPR meski ditentang banyak pihak

Melihat hal ini, masyarakat pun tak tinggal diam. Sejumlah warga yang tergabung dalam Solidaritas Aktivis, Pemuda, dan Masyarakat Garut, menentang lolosnya Mulan ke Senayan dan memprotes karena jagoan mereka, putra daerah Garut, Ervin Lutfi, dicoret oleh KPU. Begitu juga dengan Fahrul, ia bahkan tak mengetahui jika dirinya dipecat oleh Gerindra.

Jelasnya, saat itu Mulan menggantikan Ervin Luthfi yang sebetulnya meraih suara ketiga terbanyak pada Pemilu 2019. Karena ia dipecat, seharusnya Fahrul yang menjadi peraih suara terbanyak keempat berhak menggantikan Ervin. Apa daya, Fahrul ternyata juga dipecat Gerindra sehingga digantikan oleh Mulan yang merupakan peraih suara terbanyak di bawahnya. Istri musisi Ahmad Dhani itu pun berhasil melenggang ke Senayan sebagai anggota DPR RI periode 2019-2024.

BACA JUGA: Jalan Panjang Mulan Jameela: Dari Artis Ibu kota Hingga Calonkan Diri Jadi Anggota DPR RI

Terlepas dari masalah dan pro kontra yang ada, jelas bahwa Mulan telah ditetapkan sebagai anggota DPR periode 2019-2024. Suka atau tidak, hal tersebut kembali kepada diri masing-masing. Kita tunggu saja kiprahnya. Apakah dirinya bisa menyuarakan pendapat rakyat atau hanya sekedar mementingkan jabatan belaka.