in

Penyesalan Belanda Atas Penjajahan di Masa Lalu, Minta Maaf hingga Tawarkan Rp87,2 Juta

Penyesalan veteran perang Belanda atas peperangan di masa lalu

Veteran tentara Belanda Han Grijzenhout [sumber gambar]
Penyesalan atas penjajahan Indonesia di masa lalu juga disampaikan oleh beberapa veteran tentara Belanda. Salah satunya adalah Han Grijzenhout. Sembari bernyanyi lagu Indonesia Raya, ia menceritakan kisah pertempuran yang dialami dahulu. Han juga tampak menyesali ulah negaranya yang kembali menyerang Indonesia setelah dijajah oleh Jepang. “Tak seharusnya kami melakukan hal itu (terus berperang), terserah bila aku masuk penjara. Seharusnya aku tak ikut serta (menjajah),” ucapnya.

BACA JUGA: 5 Fakta Mengejutkan Dibalik Penjajahan Belanda yang Wajib Kamu Ketahui

Pengadilan Sipil Den Haag diketahui juga menjatuhkan hukuman pada Pemerintah Belanda agar membayar ganti rugi sebesar 874.80 Euro atau setara Rp15 juta, agar diberikan kepada warga Indonesia bernama Malik Abubakar. Malik merupakan putra dari Andi Abubakar Lambogo, pejuang kemerdekaan RI yang kepalanya dipenggal Belanda sepanjang Agresi 1947 di Sulawesi Selatan.

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Cerita Ganjar Pranowo yang Pernah Hidup Susah Sampai Berjualan Bensin Eceran

Tempat Ribuan Ular hingga ‘Pasukan’ Monyet, Pulau-pulau Indah Ini Dikuasai Oleh Hewan