in

Fatal! 4 Penyanyi Ini Pernah Lupa Lirik di Panggung Megah, Ada yang Saat Nyanyi Indonesia Raya

Kesalahan teknis di panggung penyanyi Indonesia memang seringkali terjadi. Mic tiba-tiba mati, panggung jatuh, atau penonton hiperbola yang suka melempar barang adalah beberapa contohnya. Namun, kesalahan dari diri sendiri berazaskan lupa dan khilaf bisa-bisa berakhir fatal. Lupa lirik misalnya.

Melupakan beberapa bagian dalam lagu di konser sendiri, sih, enggak terkesan mengejutkan banget, tapi tetap saja, pasti ada penonton yang kecewa dan merasa sang idola tak profesional. Berikut ini adalah daftar penyanyi Indonesia yang pernah salah lirik di saat-saat genting alias panggung besar dan disaksikan jutaan penonton di Indonesia.

Rossa, akui gugup saat membawakan lagu Indonesia Raya di Debat Pilpres

Dalam Depat Pilpres putaran keempat, 30 Maret lalu, Rossa dipercaya sebagai penyanyi yang membawakan lagu Indonesia Raya sebelum prosesi dimulai, sama seperti Judika, Armand Maulana, dan Lea Simanjuntak. Mendapat julukan sebagai penyanyi profesional, banyak yang tak sadar Rossa melakukan kesalahan dalam menyanyinya.

Ia salah melafalkan lirik “jadi pandu ibuku,” dalam lagu Indonesia Raya. Merasa bersalah, Rossa lalu membuat klarifikasi dalam laman instagramnya. Ia mengungkapkan bahwa dirinya merasa sangat gugup sehingga membuat kesalahan fatal dengan tidak menyanyikan bagian “jadi pandu ibuku,” dengan benar.

Fatin Shidqia, langganan lupa lirik

Meski sekarang telah menjadi penyanyi papan atas, Fatin Shidqia yang memulai kariernya semenjak masih jadi pelajar SMA memiliki perjalanan yang cukup panjang. Terlebih lagi, ketika ia mengikuti ajang pencarian bakat X Factor, dirinya dijuluki sebagai penyanyi yang langganan lupa lirik. Sebelum masuk ke babak showcase, ia pernah lupa lirik lagu Rindu dari Agnez Mo.

Beruntung, kala itu dirinya maju per kelompok, sehingga penampilannya masih bisa ter-cover. Melakukan kesalahan yang sama, dalam babak road to Grand Final, Fatin kembali lupa lirik ketika menyanyikan lagu Eveything at Once dari Lenka. Ajang X Factor sempat dituding tidak adil karena meloloskan Fatin sebagai pemenang dengan banyak kesalahan.

Ari Lasso, dituding tak sayang Dewa 19

Bukan hal baru jika para personel Dewa 19 terkadang suka lupa lirik di panggung. Hal ini disampaikan sendiri oleh Ahmad Dhani, sang pendiri. Meskipun begitu, yang paling ikonik adalah kesalahan Ari Lasso, yang lupa lirik lagu Aku di Sini Untukmu. Ketika ditanya bagaimana bisa ia

Ari Lasso salah lirik di konser Mahakarya Ahmad Dhani [sumber gambar]
lupa lirik, vokalis pertama Dewa 19 itu menjawab “ya kan sudah lama, ya sudah lupa,” kepada kapanlagi.com. Namun, tampak Ari sedikit malu tapi tetap ingin bercanda. Berkat kesalahan lirik tersebut, Ari Lasso sempat dituding enggak sayang dengan Dewa 19, lho.

Iwan Fals, salah lirik di sebuah mega konser

Pada tahun 2016 lalu, Iwan Fals menggelar konser yang diberi nama Konser Perayaan Karya. Dalam konser yang cukup megah tersebut, Iwan Fals dibantu banyak musisi untuk membawakan lagu-lagunya. Salah satunya adalah penyanyi jazz yang selalu unik dalam berbusana, Andien Aisyah.

Iwan Fals salah lirik di konsernya [sumber gambar]
Ketika membawakan lagu Terminal, Iwan Fals sempat salah lirik. Beruntung kesalahan tersebut ter-cover dengan nyanyian para fans yang menggema. Iwan Fals tampak tersenyum ketika tahu bahwa ia lupa lirik. Dirinya segera meminta maaf dan berkata blank karena terpesona kecantikan Andien.

BACA JUGA: 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh

Wah, lupa lirik bisa fatal juga, ya, akibatnya, terlebih lagi seperti Rossa. Beruntung, ia segera memberikan klarifikasi dan minta maaf. Sudah begitu saja, banyak yang tetap menghujatnya, lho. Mulai dari menyebutnya enggak nasionalis hingga tak profesional.

Written by Harsadakara

English Literature Graduate. A part time writer and full time cancerian dreamer who love to read. Joining Boombastis.com in August 2017. I cook words of socio-culture, people, and entertainment world for making a delicious writing, not only serving but worth reading. Mind to share your thoughts with a cup of asian dolce latte?

Leave a Reply

Ada Pelangi Berputar di Majalengka, Aman atau Justru Mematikan?

Menengok Prestasi Tim Pemain Eropa ‘Ngebet’ Gabung Timnas, Ternyata Biasa-biasa Saja