in

5 Penderitaan ini Hanya Dirasakan Oleh Penduduk Keturunan China di Indonesia

Kita tak pernah minta kepada Tuhan untuk dilahirkan di ras apa dan negara mana. Maka apa pun yang dipilihkan Tuhan, maka ini adalah yang terbaik. Termasuk lahir dengan darah tiongkok, kita harus mensyukuri hal tersebut. Namun, jujur saja, terlahir sebagai Tionghoa di Indonesia tidak seindah yang dibayangkan. Bagaimana tidak, bahkan hingga hari ini masih saja ada stigma dan perlakuan tidak menyenangkan yang ditujukan kepada orang-orang Tionghoa.

Sudah jadi rahasia umum jika banyak orang yang tidak menyukai eksistensi China di Indonesia. Terlepas dari banyaknya alasan yang ada. Padahal jika kita kembali melihat sejarah, banyak sekali jasa orang-orang Tiongkok bagi Indonesia. Namun semuanya ditepis dan dibalas dengan peristiwa-peristiwa pahit yang menumpahkan korban orang China.

Nah, berikut ini adalah penderitaan-penderitaan yang mungkin hanya dialami oleh orang China yang ada di Indonesia.

1. Selalu Kena Stigma Buruk

“Orang China itu tukang peras, orang China itu pelit, orang China itu juga nggak suka berbaur…” pasti masih sering kan mendengar hal-hal semacam ini. Inilah stigma yang kadung lekat dengan orang-orang China. Padahal tak semua orang China seperti itu. Memang ada sebagian, namun hal tersebut bukan alasan untuk menggeneralisirnya. Apa orang-orang pribumi suci semua dan tak ada yang seperti itu? Tentu saja ada dan mungkin lebih banyak.

Orang China sering dianggap kasar, pelit, tukang peras dan lainnya. Padahal tak semuanya seperti ini [Image Source]
Orang China sering dianggap kasar, pelit, tukang peras dan lainnya. Padahal tak semuanya seperti ini [Image Source]
Hanya orang China yang selalu kental dengan stigma buruk. Padahal di Indonesia bukan hanya China saja yang merupakan warga keturunan. Arab, Eropa, juga ada namun mereka hampir jarang kena stigma buruk seperti itu.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

Mengenaskan! 5 Orang Ini Tewas Gara-gara Handphone

5 Mega Proyek Gila dan Paling Mahal Sepanjang Masa