in

5 Objek Wisata Alam Super Indah di Mataram yang Bisa Kamu Kunjungi Sampai Puas

Air Terjun Benang Kelambu [Sumber gambar]

Masalah wisata alam kamu tak perlu jauh-jauh ke luar negeri, Indonesia sudah menyajikan segala keindahan itu. Selain Bali, Nusa Tenggara adalah nama lain yang wajib kamu masukkan dalam list tempat indah yang harus dikunjungi. Ada Lombok, Sumba, atau Mataram yang akan membuatmu takjub seketika.

Kalau Lombok sudah sangat famous dengan berbagi Gili-nya di telinga traveler, kamu bisa mencoba mengunjungi Ibukota Provinsi Nusa Tenggara Barat, Mataram. Tak perlu waktu berminggu-minggu untuk menjelajah setiap sudutnya, sehari atau dua hari kamu sudah bisa memanjakan mata dengan berbagai wisata alam berikut.

Taman Narmada

Taman Narmada [Sumber gambar]
Kalau kamu adalah tipe yang suka jalan-jalan sambil bersantai dan menikmati pemandangan, maka Taman Narmada ini harus kamu kunjungi. Narmada termasuk unik karena ada danau di tengah-tengahnya. Danau buatan tersebut berbentuk kolam yang airnya didapat dari sumber mata air alami. Di Taman Narmada, kamu bisa selfie bareng teman, sekedar duduk sambil menikmati minuman dingin, atau menghirup segarnya udara Mataram. Kalau berbicara tiket masuk, sangat murah dan hanya Rp5000 saja. Selain taman, kamu juga bisa sekalian mengunjungi pura dan beberapa bangunan yang ada di area tersebut.

Pantai Tanjung Karang dan Makam Loang Baloq

Pantai Loang Baloq [Sumber gambar]
Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui, berkunjung ke satu objek wisata namun bisa menjelajah banyak tujuan. Ya, Pantai Tanjung Karang dan Makam Loang Baloq berada dalam satu kawasan, tepatnya Ampenan. Loang Baloq sendiri adalah makam ulama besar dari Jazirah Arab Maulana Syech Gaus Abdurrazak yang banyak diziarahi oleh turis. Nah, jika mengunjungi makam ini, kamu bisa sekaligus rekreasi ke Pantai Tanjung Karang yang berada di seberang jalannya. Menikmati indahnya barisan pohon kelapa, sunset, sambil menyantap jagung bakar adalah kenikmatan yang haqiqi.

Air terjun Benang Stokel dan Benang Kelambu

Air Terjun Benang Kelambu [Sumber gambar]
Tak afdhol rasanya kalau ke Mataram tapi belum mengunjungi air terjun ini. Benang Stokel dan Benang Kelambu adalah dua nama destinasi yang berada di tempat yang sama. Berada di desa Aik Berik, Lombok Tengah, jaraknya sangat dekat dengan kota, hanya membutuhkan waktu satu jam saja saat kondisi jalan mulus dan baik. Untuk sampai Benang Stokel, kamu bisa berjalan sekitar beberapa ratus meter menuruni anak-anak tangga, sedangkan Benang Kelambu bisa diakses dengan ojek dari pintu masuk. Dengan berbekal uang 50 ribu saja, kamu akan puas bermain di dua sumber yang berasal dari mata air Gunung Rinjani ini.

Pantai Batu Bolong

Pantai Batu Bolong [Sumber gambar]
Untuk para beachlover, Pantai Batu Bolong akan memanjakan mata dan menenangkan perasaan. Letaknya hanya 9 KM dari kota Mataram, membuat ia menjadi incaran dan banyak dikunjungi oleh turis. Disebut batu bolong karena memang ada sebuah batu yang berlubang tengahnya terlihat dengan jelas dari bibir pantai. Kamu bisa stay sampai sore untuk mendapat sunset yang luar biasa indah. Betapa tidak, dari Pantai Batu Bolong, kamu akan menyaksikan matahari menghilang di balik Gunung Agung yang megah itu. Tak hanya itu, jika beruntung kamu bisa menyaksikan upacara keagamaan dan acara musikal di sini.

 Wisata Taman Pura Air Mayura

Wisata Taman Pura Air Mayura [Sumber gambar]
Meskipun budaya dan kultur Hindu lebih banyak dijumpai di Bali, namun Mataram juga tak lepas dari pengaruhnya. Nuansa yang berbeda akan kamu rasakan saat mengunjungi Wisata Taman Pura Air Mayura yang terletak di kecamatan Cakranegara, kota Mataram. Taman ini sudah sangat tua, dibangun oleh Anak Raja Agung Karangasem pada 1744. Mengunjungi tempat ini kamu akan mendapat tiga wisata sekaligus, objek alami, sejarah, serta wisata religi. Lokasi yang tak terlalu jauh dari kota juga membuatmu tidak terlalu capek.

Nah, itulah 5 objek wisata alam yang bisa kamu kunjungi bila mampir di tanah Mataram. Sebenarnya, masih banyak destinasi yang bisa kamu jelajah selain itu kok. Hanya saja, jika budget dan waktu terbatas, objek di atas sudah sangat membuat puas. Karena jaraknya yang dekat dengan kota, kamu tak perlu repot untuk mencari hotel di Mataram, Airy Rooms bisa memenuhi segala kebutuhan penginapan kamu loh Sahabat.

Hotel Airy Rooms [Sumber gambar]
Hanya dengan berbekal handphone, kamu sudah bisa booking sekaligus bayar melalui mobile transfer –atau ke Indomaret juga bisa. Di samping itu, fasilitasnya juga jempolan dan lengkap, mulai dari tempat tidur super nyaman, TV, AC, perlengkapan mandi, sampai WiFi gratis. Lengkapnya juga bisa kamu kunjungi web resminya di www.airyrooms.com, kamu pasti enggak menyesal kok.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Dari Ribuan Tim di Bumi, Hanya Klub Ini yang Rutin Kirim Pemainnya ke Final Piala Dunia

Kisah Haru Praka Nasri, Pasukan Perdamaian PBB yang Gugur Saat Sedang Bertugas di Sudan