Jika mencoba mengetik kata kunci bondowoso pada kolom pencarian video di YouTube, beberapa pencarian yang dihasilkan akan mengarah pada sebuah tayangan berjudul ‘Misteri Bondowoso’. Bisa dibilang, video tersebut merupakan rekaman penampakan jin yang paling seram di era 2000-an. Beberapa tayangan yang ada, bahkan menyorot dengan jelas dari wujd mahkluk-makhluk astral tersebut.

Menurut Pantauan Boombastis, kata kunci “Bondowoso” di kolom pencarian pada laman Youtube.com menghasilkan total lima video teratas. Dua di antaranya merupakan video misteri dan penampakan video hantu Bondowoso. Sedangkan, sisanya adalah video tentang pariwisata Kota Bondowoso dan pengajian yang dibawakan oleh Gus Muwafiq di wilayah yang sama.

Tangkapan layar pada YouTube saat menggunakan kata kunci bondowoso [sumber gambar]
Salah satu video tertinggi dengan total viewers mencapai 5,5 juta, berjudul “Misteri Bondowoso (Wujud Asli Jin dan Pocong), yang diposting pada 25 Desember 2011 silam. Itu artinya, tayangan tersebut sudah berusia tujuh tahun pada tahun 2019 ini. Namun, hasil berbeda akan disuguhkan jika mengetikkan kata kunci “bondowoso full” pada kolom pencarian video di YouTube. Sama-sama rekaman misteri, hanya saja durasinya lebih panjang.

Dalam versi full-nya, adegan diawali dengan panorama kota Bondowoso dan tempat-tempat yang memiliki kisah bersejarah. Tak lama, penonton akan dibawa ke sebuah kompleks pemakaman yang sangat dikeramatkan yakni KI Ronggo Bondowoso. Terlihat dari keterangan rekaman yang ada, video tersebut dibuat pada tahun 2005 silam. Admin sendiri pernah menonton rekamannya yang pada saat itu dikemas dalam bentuk VCD.

Tangkapan layar pada YouTube saat memutar video Bondowoso [sumber gambar]
Setelah menyoroti kompleks pemakaman dan isinya, adegan kemudian beralih ke areal hutan. Kamera pun disetel mode inframerah sehingga bisa merekam dalam kegelapan. Saat berada di sinilah, berbagai kejadian yang bikin bulu kuduk merinding terjadi. Terlihat, ada beberapa penampakan seram yang berhasil ditangkap oleh kamera, yakni sosok wanita berbaju putih, pocong, hingga genderuwo pada akhir-akhir video.

Wanita berbaju putih pertama, terlihat di antara tumbuhan dan tampak lusuh. Sesekali kepalanya terlihat bergerak ke samping. Terlebih, narasi pada video yang menggambarkan kondisi dari penampakan tersebut semakin membuat video bertambah seram. Selanjutnya adalah sosok pocong, yang terekam jelas hingga menyoroti wajahnya yang bisa dibilang seperti tengkorak.

Di sela-sela makam, narasi pada video memberitahukan adanya sekelebat bayangan putih di sela-sela makam yang ternyata adalah sosok pocong. Berlanjut, adegan berikutnya adalah proses penarikan benda pusaka terdapat di sebuah pohon. Momen mengejutkan yag bisa dibilang sangat keren adalah, saat sebuah sinar biru mirip tembakan laser tiba-tiba menghujam tanah dan memercikkan bunga api akibat gesekan yang terjadi.

Terakhir, ada video penampakan sosok mahkluk raksasa yang diduga sebagai genderuwo, yang muncul di sebuah potongan pohon sembari diiringi dengan api unggun yang tampak membesar. Kemunculannya yang perlahan, memperlihatkan fisik berupa wajah dan tangannya yang memang bukan dari jenis manusia. Terlihat dalam video, dirinya tampak mendekati seseorang yang tengah bertapa.

BACA JUGA: Tantang Pocong dan Kuntilanak, Pria ‘Helm Ninja’ Ini Bikin Setan Tak Punya Harga Diri

Boleh percaya atau tidak, video yang memuat tayangan horor di Bondowoso di atas pernah menjadi salah satu rekaman terseram pada masanya. Meski telah berlalu selama belasan tahun, video tersebut nyatanya masih cukup sering dikunjungi pada tahun 2019 ini. Entah karena ingin sekedar bernostalgia atau memang penasaran karena belum pernah melihat.