Universitas Gadjah Mada (UGM) adalah satu dari kampus tertua yang ada di Indonesia. Pembangunan kampus ini pada tahun 1949 pun langsung dipimpin oleh presiden pertama RI, yaitu Soekarno. Dari Bulaksumur (sumur di tengah sawah yang luas) maka berdirilah kampus kebanggaan Indonesia ini.

Nah, sebagai kampus legend, UGM menyimpan banyak misteri yang tersebar di berbagai sudut fakultas. Salah satunya adalah bundaran pascasarjana yang konon sering etrdnegar nyanyian Gugur Bunga. Apakah benar begitu? Yuk, cek faktanya di ulasan Boombastis.com kali ini.

Dari dahulu kala, Bundaran Pascasarjana ini sudah terkenal dengan keangkerannya

Bundaran UGM [sumber gambar]
Bundaran Pascasarjana atau dikenal juga dengan Bundaran Teknik memang terkenal dengan suasananya yang rimbun dan penuh dengan pepohonan. Banyak yang mengatakan kalau tempat ini memang angker. Enggak heran, kalau ada mahasiswa yang pulang agak malam, mereka akan merinding sendiri. Di samping bundaran yang dikelilingi oleh hutan dan pohon, konon sering terdengar juga lagu Gugur Bunga di sini. Nah loh, siapa yang nyanyi ya?

Kalau kamu ikut menyanyi ketika lewat, maka bisa banget bertemu dengan dia…

Area bundaran yang rimbun [sumber gambar]
Kalau kita mendengarkan lagu Gugur Bunga, selain liriknya yang dalam, lagu ini dipersembahkan untuk para pahlawan yang sudah meninggal dunia. Entah kenapa konon kalau ada yang menyanyikan lagu ini di bundaran UGM tersebut, akan ada sosok yang menampakkan diri dalam wujud yang seram. Hadirnya si dia bisa ditandai dengan bau wangi, kalau baunya terasa dekat, itu artinya si doi masih jauh. Tapi, kalau sudah tak lagi tercium, mungkin dia sudah ada di belakangmu. Duh, serem banget ya!

Mitos yang sudah turun temurun

Mitos di UGM [sumber gambar]
Entah siapa yang pertama kali menceritakan kisah ini, yang jelas mitos tentang nyanyian Gugur Bunga dan penampakan hantu sudah ada sejak dahulu kala, dan diwariskan turun temurun di kalangan mahasiswa UGM. Tak tau juga sih apa korelasinya sosok pahlawan dan penampakan hantu-hantu di UGM, tapi yang jelas tak ada yang berani bernyanyi saat melewati bundaran. Atau mungkin kamu mau mencoba?

Hal ganjil yang terjadi tak jauh dari lokasi bundaran

UGM di malam hari [sumber gambar]
Selain nyanyian Gugur Bunga ada kisah yang enggak kalah populer di kalangan mahasiswa teknik. Kala itu, bertahun-tahun lalu, ada seorang mahasiswa yang motornya mogok tiba-tiba di dekat pohon beringin. Motor tersebut lalu dituntun, dan bisa menyala setelah melewati area itu. Kisah lain lagi juga diceritakan mahasiswa yang menuju ke Fakultas Kedokteran, saat melewati jalan tersebut, ia melihat ada bayangan putih terbang di depannya. Gak kebayang, kalau mimin yang ada di situ, mungkin udah ngompol di celana. Ehe.

Kampus UGM memang kian maju dan modern, namun, cerita seperti ini akan terus menjadi buah bibir dari satu mahasiswa ke mahasiswa lain. Secara, Indonesia itu suka banget dengan hal-hal yang berbau mistis. Enggak percaya? Coba deh kamu nyanyi Gugur Bunga di sana!