in

Misteri Lagu Mustapha dan Bohemian Rhapsody ‘Queen’ yang Terdapat Kata Allah Serta Bismillah

Queen dan Freddie Mercury [Sumber gambar]

Mustapha dan Bohemian Rhapsody adalah dua lagu dari Band legendaris ‘Queen’ yang karyanya dikenal hingga kini. Kiprah Queen di dunia musik sudah tidak perlu diragukan lagi. Saking banyaknya fans, kisah kesuksesan mereka –terutama frontman, Freddie Mercury diabadikan dalam film Bohemian Rhapsody yang sekarang sedang tayang di layar perak.

Di antara banyak lagu Queen, Mustapha dan Bohemian Rhapsody adalah dua lagu yang sangat menarik. Betapa tidak, dalam lagu tersebut adalah dua kalimat yang membuat banyak orang bertanya maksudnya, yaitu Bismillah, Allah, Salam Aleikum, serta Ibrahim (Nabi Ibrahim). Lebih detail lagi, kita simak ulasan berikut!

Lagu Bohemian Rhapsody

Personel Queen [Sumber gambar]
Jika kamu adalah penggemar sejati Queen, pastinya sangat mengenal lagu ini. Populer pada tahun 1975, judul lagu tersebut awalnya adalah The Cowboy Song, kemudian berganti menjadi Bohemian Rhapsody. Lagu tersebut akhirnya menjadi karya yang luar biasa, penjualan masuk dalam album rock terbesar sepanjang masa. Ajaibnya, dalam 15 tahun setelah pertama kali direkam, lagu tersebut dua kali menempati posisi puncak dalam top 10. Namun, ada yang unik dari liriknya, yaitu kata Bismillah dan beberapa lain yang mirip mantra.

“Bismillah! We will not let you go. (Let him go!) Bismillah! We will not let you go…. Beelzebub has a devil put aside for me, for me, for me…. Gallileo, Gallileo, Gallileo, Gallileo Gallileo figaro-Magnifico”

Penggalan kata di atas adalah lirik dari Bohemian Rhapsosy. Walaupun Bismillah di sini sangat familiar dan biasa diucapkan oleh umat muslim, lagu ini sama sekali tidak ada sangkut pautnya dengan Islam. Bohemian Rhapsody adalah lagu yang menceritakan seseorang yang akan dieksekusi mati karena telah membunuh seseorang. Diambil dari berbagai sumber, lagu ini sebenarnya lebih berkaitan dengan manifestasi Lucifer dan kekuatan Majusi yang dianut oleh Freddie Mercury sebagai seorang Zoroaster (kepercayaan yang menyembah kepada Ahura Mazda dalam Perisa Kuno). Bisa dibuktikan dengan lirik Galileo, yang menurut banyak kepala mengacu kepada ilmuwan Galileo Galile yang berhaluan iluminati.

Queen dan Freddie Mercury [Sumber gambar]
Selain itu, ada juga Beelzebub adalah nama dewa orang Filistin. Dalam Alkitab ‘Perjanjian Baru’ kata tersebut dipakai untuk sinonim setan. Dikatakan bahwa Beelzebub adalah iblis yang menyebabkan kehancuran. Beelzebub termasuk tiga Fallen Angels terkenal yaitu, Beelzebub, Lucifer, dan Leviathan. Sebuah teori juga mengatakan bahwa frase-frase dalam lagu Bohemian ini sesungguhnya adalah mantra ritual di sebuah sekte penyembah setan di Amerika dan melakukan ritual yang disebut Bohemian Grove.

Lagu Mustapha

Di balik namanya yang mendunia, Queen menyimpan banyak sekali misteri. Selain lagu Bohemian Rhapsody, lagu berjudul Mustapha juga meninggalkan tanya –terutama bagi mereka yang awam mengenai dunia musik. Dari judul saja, lagu ini seharusnya berisi lirik-lirik yang islami sekali. Setelah melihat ke liriknya, memang banyak lirik yang berbahasa Arab, selain Inggris dan Parsi. Di sana ada kalimat Allah yang ditulis beberapa kali, Ibrahim dan Mustapha yang terus diulang serta ucapan Salam Aleikum dan Muhammad. Mungkin, yang tidak mengetahui akan meyakini bahwa Freddie adalah seorang muslim. Kenyataannya tidak, ia adalah pemeluk Zoroaster, lirik-lirik tersebut mungkin saja dipengaruhi oleh masa kecilnya yang tinggal dalam keluarga Persia-India dulu Gujarat.

BACA JUGA: Ngeri! Youtuber Ini Ungkapkan 5 Lagu Barat yang Ada Kaitannya dengan Pemujaan Setan

Semua tafsiran di atas hanyalah pendapat-pendapat yang berhasil penulis kumpulkan dari berbagai sumber. Toh, sampai akhir hayatnya, misteri itu tak pernah terungkap karena Freddie sendiri tak pernah menjelaskan apapun tentang lagu-lagunya tersebut. Lagu-lagu Queen yang melegenda semua tetap menjadi tanda tanya dan menghantui benak para fans-nya.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Inilah Alasan Kenapa Pelatih Manchester United Pantas Disingkirkan dari Sepak Bola

Kisah Pilu Baiq Nuril, Korban Pelecehan yang Justru Dipenjara Hingga Dindenda 500 Juta