in

5 Kota di Indonesia yang Pernah Terkena Tsunami

2. Pangandaran – Tsunami Menyapu Bersih Kehidupan

Hari itu, 17 Juli 2006 sebuah gempa gempa besar berkekuatan 6,8 SR menguncang pesisir pantai perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat. Tidak lama kemudian, tepatnya pukul 15.16, ombak besar setinggi 6 meter menggulung 57 kilo meter pantai di selatan Ciamis, Pangandaran, Kebumen dan dan sekitarnya. Tercatat enam kecamatan dan puluhan desa menjadi porak poranda akibat hantaman tsunami tersebut.

Tsunami pangandaran
Tsunami pangandaran

Sebagian besar pemukiman warga, fasilitas umum, hancur diterjang air laut. Yang paling parah adalah di pesisir pantai Pangandaran. Diperkirakan ada lebih dari 550 orang meninggal dunia dan 200 lebih lainnya dilaporkan hilang. Sebagian dari korban adalah para wisatawan.

Baca Juga: 5 Insiden Paling Aneh di Sepakbola

Tidak heran karena Pangandaran merupakan salah satu wisata pantai andalan di Jawa Barat. Selain itu, pagi harinya, di pantai tersebut diselenggarakan Pangandaran Kite Festival, yang juga diikuti oleh beberapa negara sahabat. Dan pada saat terjadinya tsunami, masih ada beberapa peserta dan pengunjung yang masih berada di pantai dan akhirnya menjadi korban.

Written by wahyu

Leave a Reply

Berpakaian Seksi, Presenter Cantik Ini Ditampar Penonton

Berpakaian Seksi, Presenter Cantik Gauhar Khan Ditampar Penonton

Hal Aneh yang Biasa Dilakukan Wanita Saat Sendiri

Hal Aneh yang Biasa Dilakukan Wanita Saat Sendiri