in

4 Kenikmatan yang Didapat Menjelang Lebaran Ini Buktikan Enaknya Jadi PNS di Indonesia

Sudah bukan rahasia lagi jika pekerjaan yang paling diburu di tanah air adalah Pegawai Negeri Sipil alias PNS. Tak hanya derajat hidup kita tiba-tiba naik—karena mindset orang Indonesia pasti menyatakan bahwa menjadi PNS itu berarti memiliki hidup yang mewah, tapi juga jaminan kehidupan hingga akhir hayat pun tertutupi, simple-nya, tak perlu khawatir lagi, lah. Mungkin banyak Sahabat Boombastis (Saboom) yang belum tahu kenikmatan yang didapat PNS lainnya.

Maka dari itu, menjelang bulan Ramadhan yang sudah bisa dihitung hari ini, Boombastis.com akan mengungkapkan 4 kenikmatan yang didapat PNS ketika menjelang lebaran. Hal ini juga sekaligus membuktikan bahwa menjadi PNS di Indonesia itu enak. Dalam ulasan berikut ini, kalian akan dibuat tercengang oleh kenikmatan yang mereka dapatkan.

1. THR yang selalu bertambah jumlah setiap tahunnya

Baru-baru ini berita mengenai THR PNS yang digadang-gadang akan bertambah sudah tersebar di seluruh masyarakat Indonesia. Hal tersebut dikarenakan adanya aplikasi WhatsApp yang rata-rata digunakan oleh mereka di kalangan 40 tahunan ke atas. Rupanya, THR PNS yang akan bertambah ini sudah dikonfirmasi oleh Pemerintah lewat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Asman Abnur.

THR PNS [sumber gambar]
Meskipun jumlah tambahannya masih belum bisa disebarluaskan, tetapi Asman menyatakan bahwa THR PNS tahun ini akan berbeda dari waktu sebelumnya. Bahkan, para pensiunan juga dinyatakan akan menerima THR serta gaji ke-13, seperti yang diwartakan oleh liputan6.com. Sudah dapat THR, masih gaji ke-13 di bulan yang berdekatan pula. Bagaimana enggak nikmat?

2. Libur ‘Cuti Bersama’ didapat lebih awal

Setiap kali melihat kalender tahun baru, yang kita cari pertama adalah tanggal merah, bukan begitu? Terlebih lagi tanggal merah panjang yang ditetapkan pemerintah untuk Cuti Bersama. Hal ini merupakan sebuah kenikmatan pula bagi PNS.

Cuti Bersama PNS [sumber gambar]

Pasalnya, mereka mendapat jatah Cuti Bersama yang lumayan panjang, serta tak dipotong dengan cuti tahunan yang sudah menjadi hak mereka. Tak jarang hari libur yang mereka dapatkan terletak lebih awal daripada pekerja non-PNS, dikutip dari nasional.tempo.co. Terkadang pula, banyak PNS mangkir, yang membolos sehari atau dua hari setelah Cuti Bersama. Pemerintah pun gembar-gembor memberi sanksi, tetapi pada akhirnya mereka tetap bisa menjalani profesinya seperti biasa bukan?

3. Larangan memberi parsel sudah ditiadakan, tapi masih tetap menerima

Belasan tahun lalu, tradisi pemberian parsel pada PNS memang masih berlaku. Bahkan, dalam satu keluarga yang memiliki dua orang PNS di rumah saja mendapat dua kotak berisi sembako—kue lebaran, minyak, gula, sirup, serta lainnya. Hal ini pun menjadi kejanggalan dan akhirnya Pemerintah memutuskan untuk menyetop tradisi tersebut.

Parsel yang Diterima PNS [sumber gambar]
Namun, meskipun begitu, praktek penyetopan parsel ini hanya bertahan beberapa tahun saja. Masih banyak PNS yang menerima parsel diam-diam, entah itu dari anggaran dinas masing-masing, atau dari staff yang sengaja membelikan khusus bosnya agar dipandang lebih. Enak juga ya jadi PNS…

4. Bisa membawa kendaraan dinas untuk mudik, jika tahu caranya

Selain larangan pemberian parsel, kendaraan dinas juga tak boleh digunakan oleh PNS untuk mudik. Hal ini pun hanya berupa teori saja. Mungkin Saboom yang sering mudik menggunakan mobil pribadi tak pernah lagi melihat kendaraan plat merah di sepanjang jalan. Namun, bukankah gampang mengganti plat merah menjadi hitam?

Mudik Pakai Mobil Dinas [sumber gambar]
Apalagi, polisi yang berjaga juga tak hanya mengurusi satu kendaraan saja. Para PNS yang nekat seperti itu sudah tak bisa lagi dihitung jari. Di setiap kota atau kabupaten pasti ada saja mobil dinas yang mereka kendarai sembari mengganti plat nomor merah menjadi hitam. Cerdik juga ya mereka, pantas saja bisa betah jadi PNS.

Meskipun hanya 4 hal saja yang didapatkan PNS menjelang lebaran, tetapi sudah termasuk kenikmatan, bukan? Tak sembarang orang loh bisa mendapat excuse seperti ini. Maka dari itu, Saboom, 4 hal di atas juga membuktikan bahwa PNS di Indonesia memang hidupnya makmur dan terjamin. Tertarik jadi PNS?

Written by Harsadakara

English Literature Graduate. A part time writer and full time cancerian dreamer who love to read. Joining Boombastis.com in August 2017. I cook words of socio-culture, people, and entertainment world for making a delicious writing, not only serving but worth reading. Mind to share your thoughts with a cup of asian dolce latte?

Leave a Reply

Fakta Masamah, TKI Asal Cirebon yang Betah Tinggal Dipenjara Arab Saudi Hingga 8 Tahun

Patuhi 6 Aturan Ini Saat Mendaki Merbabu, Gunung Legendaris yang Penuh Cerita Mistis