in

4 Kehebatan USS Gerald R. Ford, Kapal Perang AS Seharga 176 Triliun yang Kini Mulai Berlayar

Kapal USS Gerald R. Ford [image: source]

Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang selalu dengan lantang menyerukan akan mengembalikan kedigdayaan AS telah melakukan beberapa tindakan. Salah satunya dengan perintah meluncurkan rudal ke Suriah baru-baru ini. Trump juga telah mengajukan kenaikan anggaran pertahanan sebesar 10% atau 717 triliun rupiah. Nilai ini menjadi anggaran pertahanan terbesar sepanjang sejarah AS. Dan kini, kapal induk AS yang diklaim memiliki spesifikasi paling canggih dan modern pun telah diresmikan awal April lalu. Dilansir Daily mail, sejak 8 April 2017 lalu, kapal induk AS itu kini telah berlayar menuju laut lepas pantai Virginia.

Kapal induk bernama USS Gerald R. Ford bukan hanya diklaim sebagai kapal induk tercanggih, tapi juga merupakan kapal paling mahal yang menghabiskan ratusan triliun rupiah dalam pembangunannya.

Kapal Termahal Dan Paling Canggih yang Pernah Dibuat AS

Kapal USS Gerald R. Ford [image: source]
Menghabiskan dari sekitar $ 13 miliar atau senilai dengan Rp 176 triliun, USS Gerald R. Ford masuk dalam kategori supercarrier. Sepanjang sejarah AS, kapal ini menghabiskan dana yang paling besar dan mahal. Keberadaan kapal induk dengan kode CVN-78 ini akan menggantikan kapal induk kelas Nimitz yaitu USS Enterprise dengan kode CVN-65.

Kapal Super Berat, Bobot Mencapai 100 Ribu Ton

Kapal USS Gerald R. Ford [image: source]

Kapal yang dibuat oleh Newport News Shipbuilding Virginia ini berbobot mati 100 ribu ton. Ukuran kapal ini juga memiliki panjang 337 dan tinggi mencapai 76 meter, dari tinggi itu sebesar 12 meter hingga paling maksimal 41 meter berada di bawah permukaan air. Jumlah dek paling bawah hingga paling atas sejumlah 25. Sehingga dengan dek-dek ini kapal USS Gerald R Ford bisa menampung sekitar 4.500 personel. Proses pembuatannya pun melibatkan sekitar 5000 orang pekerja.

Dilengkapi Dua Reaktor Nuklir

Kapal USS Gerald R. Ford [image: source]
Kehebatan lain yang  ada pada USS Gerald R. Ford adalah sistem yang ditenagai dua reaktor nuklir A1b yang dibuat oleh Bechtel Corporation sebagai pengganti dari A4W. Teknis cara kerja dua reaktor nuklir A1B disalurkan ke baling-baling (berjumlah 4) yang nantinya mampu mendorong kapal perang. Dorongan ini memungkinkan USS Gerald R Ford dapat bergerak pada kecepatan maksimal 30 knot per jam atau sama dengan 56 km per jam. Hebatnya lagi, waktu operasional kapal ini adalah hingga 50 tahun tanpa perlu berganti bahan bakar.

Kemampuan USS Gerald R Ford Yang Amat Mengagumkan

Dirancang dengan benar-benar menggunakan model produk tiga dimensi, USS Gerald R Ford dari awal perancangan hingga pembangunan memang menggunakan teknologi canggih. Kemampuannya pun tak tanggung-tanggung, kapal ini bisa membawa 90 pesawat termasuk di dalamnya EA-18G Glowler, F-35 Joint Strike Fighter, MH-60S, E-2C/D Hawkeye, bahkan F/A-18F Super hornet. Tak hanya itu, sistem EMALS atau Electromagnetic Aircraft Launch System (sebuah sistem peluncuran pesawat elektromagnetik) pun tersedia untuk menggantikan sistem ketapel uap tradisional.

Kapal USS Gerald R. Ford [image: source]
Keberadaan sistem EMALS ini terbukti dapat meningkatkan jumlah serangan udara yang dilakukan kapal ini. Bahkan dalam kondisi peperangan udara yang makin tinggi EMALS memungkinkan 220 serangan udara yang diluncurkan dari dua dek. Selain itu, kemampuan mempertahankan diri dari USS Gerald R Ford menggunakan peluru kendali anti serangan pesawat tempur. Terdiri dari 2 unit RIM-162 ESSM dari Raytheon, dua unit RIM-116 RM, tiga unit Phalanx, serta empat unit senapan mesin M2 kaliber 12,7 milimeter. Tak ketinggalan, sensor radar dengan teknologi AESA, dual-band radar yang diperoleh dari teknologi kapal penghancur berpeluru kendali kelas Zumwat dari Raytheon.

Totalitas dalam perencanaan dan pengerjaan kapal yang dinamai dengan sosok presiden ke-38 AS ini menghasilkan kapal paling besar sekaligus paling canggih. Bisa jadi kapal ini akan menjadi aset andalan untuk menaklukkan musuh-musuh militer AS di masa yang akan datang.

Written by Aini Boom

Leave a Reply

5 Atlet Muslim Terbaik yang Paling Berpengaruh di Dunia

Kisah Tiguidanke Camara, Super Model Dunia yang Banting Setir Jadi ‘Kuli Tambang’