in

Inilah 4 Fakta Betapa ‘Agung’ Sosok Jenderal Soedirman di Jepang, Indonesia Bagaimana?

Tidak bisa dipungkiri keadaan beberapa monumen pahlawan di Indonesia ini sebagian sangat mengenaskan. Bagaimana tidak, pasalnya jangankan dirawat bahkan dilihat pun sudah tidak. Alhasil banyak dari monumen atau patung itu yang kini bentuknya sudah tak dikenali bahkan mungkin mengalami penggusuran. Padahal banyak nilai sejarah yang terkandung di dalamnya.

Tentu kejadian yang nampak di Indonesia ini sangat berbeda dengan di Jepang. Pasalnya di sana monumen sejarah dihormati luar biasa. Namun siapa sangka di balik banyaknya monumen terawat yang ada di sana, ternyata juga ada yang merupakan pahlawan Indonesia. Lalu kenapa bisa sampai seperti itu? Simak ulasannya berikut ini.

Adanya patung Jenderal Soedirman di jantung ibukota Jepang

Jika mungkin adalah hal umum melihat patung pahlawan yang di bangun sebagai pengingat jasanya di Indonesia, namun ada yang berbeda di Jepang. Ya, pasalnya di negeri bunga sakura ini sebuah patung pahlawan bukan asli dari sana berdiri dengan kokoh. Tepatnya salah satu jenderal ternama kita Soedirman ternyata monumen pengingatnya dibangun di sana.

Patung Sudirman Tokyo [sumber gambar]
Tidak tanggung-tanggung, tempat dibangunnya sendiri berada di lingkup daerah kementerian pertahanan Jepang di daerah Tokyo. Usut punya usut, dibangunnya monumen ini memang hasil dari kerja sama antara kedua negara untuk mengenang serta menghormati jasa para pahlawannya. Mengingat jenderal Soedirman adalah pahlawan kedua bangsa.

Dibangun dan dirawat dengan serius karena masalah historis kedua negara

Lalu kenapa jenderal Soedirman yang dipilih untuk dijadikan monumen di Jepang? Ternyata itu semua berhubungan dengan sejarah dari kedua negara ini. Kita pasti ingat ketikan Jepang masih berada di Indonesia dulu pada perang dunia. Ya di tanah air kita pasukan Nippon sempat membentuk PETA sebagai pasukan yang akan melindungi Indonesia dari segala ancaman dari luar.

Bunga pada patung Soedirman [sumber gambar]

Dan di pasukan itu pula lah sang Jenderal Soedirman mengawali karirnya sebagai salah satu jenderal sekaligus tentara yang sangat piawai. Pun demikian setelah Jepang telah meninggalkan Indonesia, sang jenderal tetap berada di depan dengan tentara republik Indonesia waktu itu untuk menghalang segala ancaman dari luar.

Bukan hanya sebuah monumen biasa, tapi bukti sejarah yang sangat dihormati

Di Indonesia mungkin adalah yang sering dilihat ketika patung-patung atau monumen sejarah lainnya terlihat tidak terawat dan seolah dilupakan. Namun nyatanya untuk patung jenderal Soedirman di Tokyo yang dibangun 2015 ini selalu dilakukan perawatan yang berkala. Bukan karena apa namun memang mungkin berhubungan dengan pola pikir masyarakat Jepang sendiri yang sangat menghargai sejarah

Persahabatan kedua negara [sumber gambar]
Belum lagi sejak pertama kali dibangun, selalu diadakan pemberian bunga pada patung ini sebagai simbol penghormatan yang setinggi-tingginya. Pun demikian sampai sekarang, kegiatan seperti ini masih dilakukan. Salut juga dengan para masyarakat Jepang ini ya…. bikin bangga.

Rencana pembangunan patung Soedirman tidak hanya di satu tempat di Jepang

Siapa yang menyangka kalau salah satu pemerhati Kritikus diplomatik Jepang Hideaki Kase mengungkapkan rencana tak biasa yang berhubungan dengan patung ini. Bagaimana tidak, pasalnya dirinya sedang gencar-gencarnya untuk mengajak dalam membangun patung jenderal Soedirman lain di daerah Jepang.

hideaki-kase [sumber gambar]
Menurutnya, memang penting jika harus membangun sosok ini, mengingat jasanya dulu bisa menjadi simbol persahabatan antara kedua negara. Dia menganggap satu patung saja tidak cukup, orang-orang Jepang harusnya saling mengumpulkan dana untuk membangun patung Soedirman lain, lebih kecil pun tak apa. Terutama mereka yang memang ada kakek moyangnya yang sempat jadi tentara yang dikirim ke Indonesia.

Tentunya adanya niatan masyarakat Jepang dalam membangun monumen untuk pahlawan Indonesia ini menjadi hal yang patut dibanggakan. Tentunya kita juga tak boleh kalah akan hal itu, mengingat itu adalah pahlawan asli Indonesia. Entah itu generasi muda atau tua, harus sama-sama menghormati para pahlawannya.

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

4 Fakta Kutukan Prasasti Sangguran yang Bikin Bangsawan Eropa Bernasib Sial

4 Pendapat Try Sutrisno yang Membuktikan Kontribusinya Pada Indonesia Tak Pernah Padam