in

5 Jenderal Perang Paling Mematikan Sepanjang Sejarah

4. Marlborough

Di abad pertengahan, persaingan bangsa-bangsa Eropa sangat kuat terutama rivalitas antara Inggris dan Perancis. Harus diakui sebelum Inggris menjadi bangsa paling kuat pengaruhnya di Eropa, Perancis lebih dulu melakukan hal tersebut. Bahkan mungkin Perancis akan mampu menguasai Eropa jika saja seorang jenderal Inggris bernama Marlborough tidak menghentikan semua langkah negara empunya menara Eiffel itu.

Tanpa Marlborough Inggris tidak akan pernah berjaya seperti sekarang [Image Source]
Tanpa Marlborough Inggris tidak akan pernah berjaya seperti sekarang [Image Source]
Cerita dimulai ketika Inggris mendengar rumor bahwa Louis XIV si raja Perancis akan meneruskan ekspansinya ke seluruh Eropa. Kemudian kerajaan pun mengutus Marlborough untuk memimpin pasukan. Ketika itu turut dibantu pula oleh para sekutu mulai dari Belanda, Austria, dan Prussia. Marlborough yang memimpin seluruh pasukan aliansi tersebut berhasil menghanguskan harapan Louis XIV.

Selepas itu, Marlborough pun kembali menghajar Perancis lewat pertempuran Blenheim yang menewaskan 40 ribu pasukan Perancis. Padahal ketika itu Marlborough hanya membawahi sedikit sekali pasukan. Setelah pertempuran melelahkan di Blenheim, kembali Marlborough bertempur melawan pasukan susulan Perancis berjumlah 15 ribu orang.

Seakan tercipta sebagai musuh abadi Perancis, Marlborough kembali menghajar mereka di pertempuran Oudenaarde di tahun 1709. Pada akhirnya kerajaan Inggris pun sangat berterimakasih karena berhasil mengakhiri dominasi Perancis untuk selamanya.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

Penemu Asli Indonesia yang Karyanya Diakui Oleh Dunia

4 Proyek Gila Yang Dibuat Manusia Agar Selamat Dari Kiamat