in

Batal Tenar, Pelaku Hoaks Babi Ngepet Terancam 3 Tahun Penjara dan Anak-Anak Putus Sekolah

Masih ingat Adam Ibrahim? Bagi yang masih asing, nama pria ini akan mengingatkan semua orang di Indonesia tentang babi ngepet. Makhluk mistis yang katanya suka mencuri uang orang lain ini, dijadikan hoaks sebagai kendaraan untuk mencari popularitas.

Kasus hoaks babi ngepet yang melibatkan Adam Ibrahim dan Ibu Wati ini, sempat bikin geger Indonesia sekitar bulan April lalu. Kelihaian Adam dalam merangkai kata cukup membuat banyak warga percaya, sebelum akhirnya ketahuan belangnya. Setelah terancam hukuman penjara, bagaimana kabar Adam Ibrahim sekarang?

Adam Ibrahim terancam kurungan tiga tahun penjara

Adam Ibrahim disidang di Pengadilan Negeri Depok. [sumber gambar]
Setelah jadi tersangka dan diadili dalam kasus penyebaran hoaks babi ngepet di Depok, Jawa Barat, jaksa menuntut Adam tiga tahun penjara. Pria ini dinyatakan terbukti bersalah melakukan tindak pidana penyebaran berita bohong. Disebutkan bahwa Adam keberatan dengan tuntutan tersebut dan akan mengajukan Nota Pembelaan.

Gara-gara kasus babi ngepet, pendidikan anak-anaknya jadi berantakan

Video yang viral tentang penangkapan babi ngepet oleh Adam Ibrahim. [sumber gambar]

Adam mengaku bahwa dirinya adalah tulang punggung keluarga, dengan dua anak sebagai tanggungannya. Ia mengatakan kalau kedua putranya harus putus sekolah karena tidak ada biaya. Begitu juga dengan adiknya, yang tak lagi bisa kuliah karena Adam juga membiayainya.

Mengaku menyesal dengan kenekatannya bikin hoaks babi ngepet

Gara-gara babi ngepet, anak-anak Adam Ibrahim putus sekolah. [sumber gambar]
Entah apa yang ada di benak Adam, hingga berani menanggung risiko bikin hoaks babi ngepet. Ia meminta maaf kepada warga yang sudah terlanjur ia bohongi. Begitu pula dengan orang yang harus telanjang bulat demi menangkap babi ngepet tersebut. Ke depannya ia berjanji akan berhijrah sekaligus tobat, serta tak mau lagi mengulangi kesalahannya.

Rekayasa di balik kasus babi ngepet

Babi yang disebut-sebut punya wujud asli manusia dan hobi mencuri uang. [sumber gambar]
Dalam salah satu kesaksiannya di depan majelis hakim, Adam mengaku bahwa hoaks babi ngepet itu terpaksa dibuatnya untuk meredam isu uang warga yang hilang. Sebelum terungkap, banyak warga yang mengaku kehilangan uang. Salah satu cara untuk meyakinkan warga adalah dengan membeli babi seharga Rp500 ribu secara online. Ia kemudian melepas hewan tersebut dan menyebutnya sebagai “tersangka” babi ngepet.

Adam terancam penjara, Ibu Wati kena usir

Salah satu nama yang ikut beken gara-gara hoaks babi ngepet adalah Ibu Wati. Wanita ini viral karena secara tegas menuduh tetangganya sebagai orang yang bisa berubah jadi hewan babi dan mencuri uang warga. Alasannya, si tetangga nganggur tapi uangnya banyak. Bahkan ia mengaku sempat melemparkan sesuatu agar ketahuan (aksi babi ngepetnya).

Lewat video, Ibu Wati sampaikan permohonan maaf ke warga. [sumber gambar]
Usai terbongkar aksi ilegalnya, Wati mengklarifikasi perbuatannya dan meminta maaf kepada warga. Ia menyesal telah menuduh tetangganya tukang babi ngepet. Tapi nasi sudah menjadi bubur, warga sudah terlanjur emosi dan akhirnya mengusir Wati dari lingkungan mereka.

BACA JUGA: Sosok Bu Wati yang Viral karena Tuding Tetangganya Pesugihan Babi Ngepet, Dikecam Se-Indonesia

Isu babi ngepet ini katanya juga merupakan cara Adam Ibrahim agar terkenal. Tapi apa mau dikata, bukannya tenar, diirnya kini meringkuk dalam penjara. Sebuah pelajaran bagi semua orang bahwa dampak kebohongan itu luar biasa.

Written by Bayu Yulianto

Dikenal Punya Banyak Selir, Ternyata Ini 4 Wanita yang Menjadi Istri Raja Thailand

118 Ton Besi Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Dicuri, Rugi Rp1 M sampai Dugaan Orang Dalam