Figur besar seorang BJ Habibie akan terus dikenang akan jasa besarnya pada Indonesia. Ya, Presiden ke-3 Indonesia itu dikenal sebagai pakar di bidang teknologi kerdigantaraan dalam negeri. Tak hanya jasanya, tapi juga sederet kegiatan BJ Habibie selama hidup juga akan senantiasa diingat banyak orang. Salah satunya adalah hobinya yang tergolong sangat unik.

Berkecimpung di dunia teknologi, siapa sangka jika tokoh kelahiran 25 Juni 1936, Parepare, Sulawesi Selatan ini ternyata penggemar berat di dunia otomotif. Tercatat, BJ Habibie banyak mengoleksi puluhan mobil antik hingga motor gede (moge) seperti Harley Davidon. Uniknya lagi, ia juga gemar mengaspal di jalanan alias touring seperti yang pernah dilakukan oleh Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu. Penasaran, inilah hobi BJ Habibie sang bapak teknologi.

Hobi mengoleksi benda-benda otomotif

Diketahui, BJ Habibie ternyata sangat menyukai mobil-mobil klasik nan mewah untuk dikoleksi. Hal ini terlihat dari banyaknya produk-produk otomotif Eropa di garasinya yang berada di basement rumah. Salah satunya adalah Mercedez-Benz 300 SL Gullwing yang paling mentereng dan high tech di masanya. Jelas, presiden RI ke-3 ini adalah seorang pehobi mobil antik.

Mercedez-Benz 300 SL Gullwing milik Habibie [sumber gambar]
Dalam sebuah video YouTube yang diunggah oleh akun Tribunnews.com, terlihat beberapa orang YouTuber yang diberi kesempatan untuk mengintip koleksi mobil mewah miliki bapak teknologi Indonesia tersebut. Rata-rata didominasi oleh merek Mercedez Benz yang merupakan produk asal Jerman. Tak hanya mobil, beberapa motor gede (moge) juga tampak terlihat di garasi tersebut.

Hobi membaca dan termasuk sosok yang pekerja keras

Buku adalah jendela dunia. Ungkapan tersebut menyiratkan betapa pentingnya membaca buku yang bisa membuka pikiran menjadi lebih luas. Hal inilah yang juga menjadi salah satu rahasia kecerdasan seorang BJ Habibie. Dilansir dari Gaya Tempo, sosok ilmuwan yang dijuluki sebagai ‘Mr Crack’ itu selalu meluangkan waktu sebanyak 7,5 jam untuk membaca setiap harinya.

Habibie hobi membaca buku [sumber gambar]
Tak hanya soal membaca, BJ Habibie juga dikenal sebagai pekerja keras. Hal ini diketahui dari kebiasaannya dalam menjalani keseharian dalam hidup, di mana Habibie sangat teliti dalam menggunakan waktu yang ada. “Saya dari lahir, hanya membutuhkan tidur empat jam. Selebihnya yang 20 jam, pancaindera saya menyerap lingkungan sekitar dan bertanya-tanya,” ujarnya yang dikuti dari Gaya Tempo.

Menyukai kegiatan touring dan mengendarai motor gede

Tak hanya Presiden Joko Widodo saja yang pernah touring menggunakan motor. Sosok BJ Habibie juga ternayata gemar mengendarai motor gede. Produk roda dua buatan Harley- Davidson adalah kendaraan favoritnya saat mengaspal di jalanan. Tak sekedar mengendarai, BJ Habibie juga memiliki koleksi beberapa moge newah yang disimpan di rumahnya. Dilansir dari Grid Oto, beberapa merek seperti Harley-Davidson Softtail Springer dan Badboy yang ia beli di Seattle, Amerika Serikat, merupakan jajaran koleksi miliknya.

Rupanya-rupanya, kecintaan BJ Habibie pada motor gede disebabkan oleh permintaan dokter untuk melakukannya. Tak asal naik, hobi tersebut juga berhubungan erat dengan kesehatan dari Presiden ke-3 tersebut. Dilansir dari Instagram Museum Mandiri, mengendarai motor gede dianggap bisa mempercepat penyembuhan. “Guncangan saat mengendarai motor besar baik untuk penyembuhan jahitan tubuhnya pasca operasi jantung,” tulisnya dalam keterangan foto yang diunggah pada 20 Agustus 2016 silam.

BACA JUGA: N-250 Hingga Bank Mandiri, Warisan Berharga dari BJ Habibie Ini Bakal Dikenang Selamanya

Dijuluki sebagai bapak pesawat yang dikenal dengan kecerdasannya, hobi yang dilakukan oleh BJ Habibie juga tak jauh dari hal-hal yang berbau teknologi. Satu hal yang patut dicontoh adalah, bagaimana semua kegiatan di atas bisa menjadikan diri kita lebih produktif. Tak hanya sekedar melepas penat, tapi hobi juga bisa memberikan banyak inspirasi dan pelajaran penting yang bisa diambil. Jadi ada filosofinya nih gengs. Menarik banget ya Sahabat Boombastis.