Kenaikan harga barang-barang yang menjadi kebutuhan pokok memang sangat memusingkan. Hal ini memang kerap dialami oleh mereka yang datang dari kalangan pekerja, di mana gaji yang diperoleh tergolong mepet. Jika sudah begini, tak jarang jurus gali tutup lubang terpaksa dilakukan. Salah satunya yang kerap menjadi masalah adalah anggaran soal BBM yang memang telah menjadi kebutuhan utama.

Terkadang, memilih untuk menghemat BBM dengan berbagai cara, menjadi sebuah solusi sekaligus sebagai bentuk menyiasati kenaikan harga yang ada. Yang namanya usaha, tentu ada yang berhasil dan tidak. Tak usah khawatir Sahabat Boombastis. Di bawah ini, ada beberapa trik mudah yang bisa diterapkan untuk menghemat penggunaan BBM pada kendaraan bermotor. Penasaran, yuk kepoin caranya berikut ini yang dikutip dari berbagai sumber.

Setel ulang pelampung pada karburator

Ilustrasi menyetel ulang pelampung pada karburator [sumber gambar]
Karena tenaga kendaraan bermotor terletak pada mesinnya, sektor karburator bisa dicoba agar disetel ulang terlebih dahulu. Caranya, turunkan ketinggian pelampung yang ada di dalam karburator dengan jarak kurang lebih sekitar 1-2 mm. Dilansir dari RPM Super, penggunaan bensin bisa lebih irit dan tentunya menghemat konsumsi bahan bakar minyak (bensin).

Menyadari cara berkendara yang bisa memboroskan konsumsi bensin

Ilutrasi cara berkendara [sumber gambar]
Hal yang fatal tapi kurang disadari adalah, cara berkendara sembrono yang justru bisa membuat konsumsi BBM menjadi boros. Salah satunya adalah menarik tuas gas dengan secara tiba tiba. Hal ini secara otomatis membuat bahan bakar yang akan dihisap ke ruang pembakaran juga semakin banyak. Padahal saat putaran mesin rendah, BBM yang terhisap tidak semuanya masuk ke dalam ruang pembakaran. Dari sinilah terjadi pemborosan karena tenaga yang ada hanya ikut terbuang lewat knalpot.

Memasang alat penghemat BBM berupa power booster

Salah satu cara cepat untuk menghemat BBM, bisa dengan memasang power booster. Untuk sepeda motor, bisa digunakan pada mesin 2 tak atau 4 tak. Power booster ini berfungsi untuk memperbesar pengapian pada motor, yang membuat percikan api (pada busi) menjadi sempurna. Karena tenaga dan pengapian besar yang ada, maka pengendara tak perlu lagi menarik tuas gas terlalu besar. Untuk alat power booster sendiri, bisa mencoba Nine Power yang bisa diaplikasikan pada motor 2 tak maupun 4 tak

Rajin membersihkan kotoran pada karburator

Ilustrasi membersihkan karburator [sumber gambar]
Kembali ke sektor karburator, rajin-rajin membersihkan di kerak dibagian seher, silinder kopo atau klep, dan mengatur kerapatannya, bisa menjadi solusi agar konsumsi BBM bisa ditekan. Sebagai contoh, campuran udara dan bensin tidak dapat terbakar semuanya secara sempurna gara gara kerak yang ada. Tak hanya itu, kotoran tersebut bisa menumpuk pada knalpot yang mengakibatkan pembuangan gas motor menjadi tidak lancar.

Gunakan oli yang sesuai dengan karakter mesin

Ilustrasi gunakan oli berkualitas [sumber gambar]
Jangan lupa juga, penggunaan oli yang tepat juga berpengaruh pada mesin. Dikutip dari Modifikasi, oli berkualitas tentunya akan membuat gesekan yang terjadi di dalam mesin motor menjadi lebih halus ,bisa mengurangi suhu panas pada mesin,dan juga dapur pacu yang lebih ringan. Alhasil, konsumsi bahan bakar bisa lebih hemat karena kinerja mesin tidak terlalu berat.

BACA JUGA: Mengenal Teknik Engine Brake, Penyelamat Nyawa Sopir Saat Rem Mendadak Blong di Jalanan

Terpenting, menghemat BBM juga bisa dengan cara seperti rajin melakukan servis berkala. Terutama pada sektor mesin dan komponen-komponen pendukungnya. Ada juga teknik menghemat yang benar-benar ampuh dan 100% terbukti kehandalannya, bisa dengan cara memanfaatkan tenaga gerak dari motor, di mana kendaraan dipacu dengan cepat, gigi dinetralkan dan mesin dimatikan saat hampir sampai ke tujuan.