in

Gelora Bung Tomo, Stadion Kebanggaan Persebaya yang Kehebatannya Mampu Tandingi GBK

Gelora Bung Tomo adalah stadion terbesar yang ada di daerah Jawa Timur. Gelanggang olahraga bertempat di Surabaya ini mampu menampung 55.000 ribu orang. Jadi tidak heran apabila memiliki sewa sangat mahal apabila ingin menggunakannya. Selain mahal stadion ini juga bisa dikatakan gress karena pada tahun 2010 baru saja diresmikan. Mengusung konsep stadion olimpic membuatnya semakin megah.

Selain memiliki sewa yang mahal Gelora Bung Tomo juga dilengkapi banyak fasilitas penunjang. Dari mulai rumput yang bagus sampai pencahayaan stadion yang juga baik. Tapi gelanggang olahraga ini belum seratus persen sempurna karena ada banyak bagiannya belum rampung seperti akses menuju stadion dan lahan parkir. Lebih jauh, berikut adalah hal-hal luar biasa di Gelora Bung Tomo yang nggak kalah dari GBK di Jakarta.

Bench pemain baru membuat nyaman para official dan pemain cadangan

Bench Pemain di Stadion GBT [Image source]
Bench di GBT jadi salah satu fokus pihak pengembang. Tujuannya tak lain memberikan kenyamanan sehingga bisa bermain lebih bagus lagi. Tak cuma bagi pemain tapi juga official. Tempat duduknya sendiri menggunakan bangku berwarna silver yang empuk yang di bawahnya dilapisi dengan rumput sintetis. Tak cuma itu, di bagian belakangnya diberi semacam perisai agar para pemain dan official bisa aman. Tahu sendiri bagaimana ketika para supporter kita ricuh, segala benda bakal dilempar.

Papan skor yang lebar membuatnya terlihat mewah

Papan Skor stadion GBT [Image source]
Pemasangan LED menjadi pernik yang menambah kesan wah stadion ini. Mirip yang ada di GBK dan stadion luar, GBT memasang dua buah LED dengan ukuran 16 x 6 meter. Selain untuk memenuhi faktor estetika, hal ini juga membuat nyaman penonton ketika mereka lupa skor. Tak hanya itu, momen-momen yang ada di pertandingan juga bisa didapati di layar super gede itu. Hal yang seperti ini masih belum banyak dijumpai di stadion-stadion lokal, warga Surabaya tentu bisa semakin bangga.

Rumput Kanada yang membantu mengeluarkan kemampuan pemain

Rumput Stadion GBT [Image source]
Dalam pertandingan sepak bola rumput merupakan hal yang sangat penting. Karena dengan kondisi lapangan yang baguslah, pemain akan bermain lebih optimal. Hal inilah juga menjadi pandangan serius pengelola stadion Gelora Bung Tomo. Dengan mendatangkan rumput dari Kanada membuat gelanggang olahraga itu semakin komplit fasilitasnya. Penggunaan rumput ini sendiri tidak langsung ditanam, sebelumnya melakukan pengolahan di daerah Pasuruan. Hal tersebutlah dilakukan untuk mendapatkan kualitas rumput yang bagus. Jadi tidak heran apabila nantinya setiap pemain bermain disana mampu mengeluarkan kemampuan secara optimal.

Drainase yang baik akan menjaga pertandingan di saat hujan

Hujan Saat Pertandingan di GBT [Image source]
Cuaca merupakan faktor penting yang sering mengganggu sebuah pertandingan sepak bola. Maka tak jarang banyak pertandingan di Indonesia dihentikan karena lapangan tergenang air. Hal yang pasti akan terus dirasakan, berkaca dengan iklim tropis Indonesia. Nah, untuk mengantisipasi kejadian tersebut SGBT pun mengimplementasikan sistem drainase yang sudah berstandar internasional. Dengan kecanggihan tersebut akan membuat stadion ini tidak akan tergenang air meskipun hujan lebat. Jadi tidak akan ada kata pertandingan dihentikan, karena alasan bola tidak dapat berjalan. Pada stadion ini juga dilengkapi penerangan berkekuatan 1200 lux sejumlah 40 buah yang cukup untuk menerangi sebuah pertandingan.

Tribun super megah yang akan menampung semua Bonek Mania

Stadion GBT [Image source]
Dari berbagai aspek penunjang tadi stadion ini juga dilengkapai dengan tribun super megah. Berbentuk melingkar layaknya stadion top di Eropa membuatnya terlihat semakin hebat. Meskipun fasilitasnya jauh dari stadion nomer satu Indonesia, daya tampung yang mencapai 50.000 ribu orang tentu kehebatan yang tidak bisa disepelekan. Menganut konsep stadion olimpic, SGBT ini memiliki lintasan atletik yang berstandar internasional yang mampu digunakan oleh atlet cabang tersebut. Selain megah stadion ini juga dapat dikatakan multifungsi.

Kehebatan ini tentu dapat menjadi kebanggaan untuk warga Jawa Timur. Dan semakin menambah stadion bagus di Indonesia. Dengan hal ini tentu akan membuat semakin berkembangnya sepak bola Indonesia. Karena dengan dukungan fasilitas bagus pemain akan jauh dapat untuk meraih prestasi. Kehebatan stadion bukannya tanpa cela, tetap diperlukan perbaikan agar kedepan Gelora Bung Tumo dapat sejajar dengan stadion GBK di Jakarta

Written by Galih

Galih R Prasetyo,Lahir di Kediri, Anak pertama dari dua bersaudara. Bergabung dengan Boombastis.com pada tahun 2017,Merupakan salah satu Penulis Konten di sana. Lulusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Awalnya ingin menjadi pemain Sepak Bola tapi waktu dan ruang justru mengantarkan Ke Profesinya sekarang. Mencintai sepak
bola dan semua isinya. Tukang analisis Receh dari pergolakan masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

5 Fakta E-4B Doomsday, Pesawat Amerika yang Digadang Dapat Selamat dari Kiamat

Buang Jauh Koneksi Lambat di Android dengan Lakukan 5 Hal Berikut Ini