Internet saat ini sudah nggak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia. Ini karena setiap orang sudah berkomunikasi menggunakan internet di smartphonenya. Mulai dari chatting sampai browsing pasti menggunakan teknologi yang satu itu. Namun terkadang teknologi internet ini membuat tekanan batin seseorang semakin bertambah di kala koneksinya lambat alias lemot.

Tentu hal itu sangat menyebalkan bukan? Waktu kita sedang butuh-butuhnya, namun koneksi internet lagi amburadul. Mau cari wifi gratis kejauhan, pengen bikin tower sendiri tak mampu. Tapi jangan keburu sedih dulu sahabat boom, ada beberapa cara kok untuk mempercepat koneksi kalian.

1. Lakukan cara yang paling gampang dulu

Dengan mengganti jaringan3G atau LTE [image source]
Cara yang satu ini pasti semua orang dijamin bisa karena paling mudah yaitu dengan mengganti ke jaringan 3G/4G. Caranya adalah masuk ke Pengaturan (Setting) –> pilih Jaringan Seluler / Jaringan & Nirkabel (Wireless and Network) –> kemudian klik menu Jaringan Seluler (Mobile Network). Di sana terdapat beberapa pilihan yaitu Hanya 2G, Hanya 3G, LTE/3G/2G, 3G/2G. Nah, dari pilihan-pilihan tersebut pilih Hanya 3G atau LTE/3G/2G. Cara ini dimaksudkan agar koneksi kalian lebih stabil dari biasanya. Menu-menu di atas mungkin namanya tak sama untuk setiap android ya, jadi sesuaikan sendiri dengan smartphone kalian.

2. Gunakan juga cara mudah yang satu ini

Bisa dengan hapus cache pada android [image source]
Kalau cara di atas belum bisa memperlancar koneksi kalian jangan galau dulu. Ini ada cara kedua yaitu menghapus cache. Cache merupakan tempat penyimpanan data yang tidak dibutuhkan dan bersifat sementara. Dan itu biasanya berasal dari aktivitas aplikasi yang pernah dibuka dan mengakibatkan data semakin bertambah banyak. Maka dari itu, sayang sekali kalau cache nggak dihapus dan bisa menyebabkan internet kita lola alias loading lambat. Cara menghapusnya bisa dari aplikasi bawaan android. Kalau nggak ada, bisa mengunduh aplikasi yang bernama Clean Master atau One Tap Cache Cleaner.

3. Bisa juga dengan alamat IP negara lain

Bisa memakai aplikasi VPN [image source]
Cara yang satu ini memang agak licik sih. Karena sahabat boom bakal memakai alamat IP dari negara lain sehingga dijamin nggak ada kata lemot di android kalian. Selain itu juga bisa membuka situs yang sudah diblokir oleh pemerintah. Wah banget kan? Caranya adalah dengan mengunduh aplikasi VPN. Terserah mau yang mana karena isinya hampir sama saja. Kalau ada yang disuruh pilih negara mana, klik aja yang bagian United States karena itu paling sering digunakan. Lalu kalau yang ada hanya tombol Connect bisa langsung diklik kok sahabat boom. Nah, koneksi kalian sudah terbebas dari yang namanya lambat.

4. Ditambah dengan aplikasi lain pun juga boleh

Pakai aplikasi penguat sinyal [image source]
Ada cara mudah lain untuk mempercepat koneksi smartphonemu. Yaitu dengan menginstal aplikasi penguat sinyal. Aplikasi ini biasanya digunakan kalau cara-cara yang lain nggak mampu untuk mengatasi koneksi internet yang lemot. Ada beberapa aplikasi yang sangat disarankan yaitu Network Signal Info, Network Signal Booster dan Network Speed Booster. Semuanya fungsinya sama kok, hanya tinggal pilih mana yang cocok untuk android sahabat boom.

5. Mesin pencarian juga ikut berpengaruh

Gunakan UC Brwser untuk mesin pencarian lebih cepat [image source]
Kalau kalian merasa lambat waktu browsing di internet tapi lancar ketika chatting, bisa jadi itu berasal dari aplikasi mesin pencarian kalian. Jika sudah terjadi seperti itu, segera deh cari pilihan browser yang lain. Banyak pilihan mesin pencarian yang tersedia dan menawarkan koneksi cepat. Salah satunya adalah UC Browser. Aplikasi tersebut banyak yang menggunakan karena terbukti cepat untuk browsing apapun. Salah satunya adalah kecepatan internet sebanyak 60% saat membuka Facebook.

Beberapa cara di atas bisa digunakan untuk mempercepat koneksi internet di android kalian. Tapi ini tergantung dengan kebiasaan kalian juga dalam menggunakan internet. Kalau dipakai terlalu berlebihan, jangan harap bisa kenceng terus. Semoga cara-cara ini bisa membantu sahabat boom dalam mempercepat koneksi internet ya.