in

Dianggap Jimat Penglaris, Ini Fakta Warteg Suka Gantungkan Plastik Berisi Air

Ketika berkunjung ke warteg, biasanya kita melihat adanya plastik yang berisikan air dalam kondisi tergantung di setiap sudutnya. Nah, hal yang satu ini seringnya orang-orang beranggapan bahwa itu adalah semacam jimat atau penglaris. Ya apalagi kalau bukan dari dukun atau orang pintar supaya makanan dan minuman yang ia jual laris manis setiap harinya. Banyaknya pesaing membuat si empunya melakukan hal yang bisa dibilang dilarang oleh agama.

Padahal nih, sebenarnya plastik air yang digantung di setiap sudut warteg bukan itu penyebabnya Sahabat Boombastis. Ternyata benda tersebut berfungsi untuk mengusir hewan yaitu lalat. Yap, hewan yang kerap menyebarkan penyakit ini bisa terusir dengan mudahnya dengan benda sederhana ini lho.

Plastik berisi air dianggap jimat penglaris [Sumber Gambar]
Ya, air dalam plastik ini berkaitan dengan kemampuan melihat hewan kecil ini. Lalat diketahui mempunyai dua mata yang sangat besar. Nah tapi mata itu ternyata tidak hanya berjumlah dua Sahabat Boombastis. Menurut penelitian yang pernah dilakukan, kalau satu mata dari hewan ini terdiri dari 3000 sampai 6000 indra penglihatan sederhana. Jadi ia tidak melihat ke satu arah saja, tapi ke semua penjuru. Sehingga jangan heran jika manuvernya sangat cekatan dan kesadaran sensoriknya sangat baik.

Air dalam plastik berfungsi untuk usir lalat [Sumber Gambar]
Lalu lalat juga punya tiga mata tambahan nih Sahabat Boombastis yang bernama ocelli. Ocelli ini terletak di antara dua mata yang utama. Indra penglihatan yang satu ini berfungsi seperti kompas sehingga ia tahu ke mana harus terbang.  Namun, mata satu ini hanya bekerja maksimal jika berada di bawah cahaya atau sinar matahari. Kalau di tempat yang minim cahaya, ocelli kurang berfungsi sehingga memanfaatkan mata berjumlah ribuan tadi.

Makanan warteg jadi aman dari serangan lalat [Sumber Gambar]
Nah, kembali ke kantung air tadi. Jadi, air yang ada di dalam plastik tadi berfungsi untuk membiaskan cahaya ke segala arah. Kalau sudah begitu, bayangan akan bergeser dari arah yang sebenarnya. Sehingga ilusi optik ini diharapkan bisa membuat lalat bingung dan akhirnya terbang menjauh dari warteg tersebut. Cukup simple kan?

Jadi dugaan kita selama ini tentang gantungan plastik berisi air itu salah Sahabat Boombastis. Sebab, fakta sebenarnya adalah untuk mengusir lalat supaya tidak menghampiri makanan. Bisa kita terapkan juga di rumah nih agar lalat jauh-jauh dari makanan kita. Tapi syaratnya ya harus diletakkan di bawah cahaya yang terang supaya terlihat oleh lalat.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Kabar Terkini 5 Aktor Pemeran Lupus Versi Jadul, Ada yang Sudah Meninggal Dunia

Kisah Dramatis lelaki yang Mempunyai Rencana Berbagi ‘Hidup’ Bersama 1.000 Janda