in

7 Fakta Kehidupan Penjara yang Sesungguhnya! Kamu Bakal Kaget dan Tak Menyangka!

7. Seni dan Kreatifitas Serta Persaudaraan yang Erat

Beberapa penjara yang dikelola dengan sangat baik, tahanannya akan diberi pembinaan. Biasanya berupa seni atau juga keahlian lainnya. Seni bisa berupa seni musik yang bisa membuat mereka terhibur dan merasa nyaman meski bukan rumah sendiri. Selain itu mereka juga diberi keahlian seperti mesin atau membuat benda kerajinan yang bisa dijual. Diharapkan setelah keluar dari penjara mereka bisa mendapatkan pekerjaan yang layak.

Pentas seni di penjara [image source]
Pentas seni di penjara [image source]
Penjara bukanlah tempat yang isinya manusia berotak kriminal saja. Di dalam penjara, para tahanan bisa menjalin persahabatan. Bahkan persahabatan ini sudah selayaknya saudara, karena memiliki rasa sakit dan penderitaan yang sama di penjara. Jadi saat sama-sama bebas nanti mereka bisa saling bertemu untuk menjalin silaturahmi. (Semoga bukan untuk hal-hal buruk lagi!)

Baca Juga : Kisah Aksi Kabur dari Penjara Paling Epic Sepanjang Sejarah

Dunia ini berisi banyak sekali manusia. Kadang baik, kadang buruk, atau setengah-setengah. Itulah mengapa kita tak bisa menganggap dunia ini buruk atau dunia ini baik. Seperti itulah dengan dunia dalam penjara. Kita harus melihatnya dari sisi yang berimbang. Ada kebaikan di sarang orang yang dianggap sampah masyarakat itu. Begitu sebaliknya!

Written by Adi Nugroho

Leave a Reply

5 Hal Ini yang Bikin Film Indonesia Susah Maju

Foto Andi F. Noya Disalahgunakan D4F