in

6 Fakta Menarik Jeff Bezos, Pendiri Amazon yang juga Salah Satu Sosok Terkaya Dunia

Berbicara soal orang terkaya dunia, mungkin Jeff Bezos takkan terlalu diperhatikan banyak orang. Ya, mayoritas lebih ngeh dengan Bill Gates atau Warren Buffet. Padahal, sosok satu ini juga luar biasa dan sangat kaya. Kalau kamu belum tahu, ia adalah pemilih Amazon.com serta manusia paling kaya nomor 5 dengan total pundi-pundi mencapai $45,2 miliar atau setara dengan Rp. 603.691.669.068.895, silakan dihitung sendiri.

Tentu Besoz tidak ongkang-ongkang kaki kemudian bisa mendapatkan kekayaan sebanyak itu. Ia melakukan usaha besar yang luar biasa. Soal pendidikan, Jeff lulus dari Universitas Priceton, salah satu perguruan tinggi terbaik di negeri Paman Sam. Dari sini kemudian ia memulai perjalanan menjadi salah satu orang terkaya di muka bumi.

Lebih jauh tentang Jeff Bezos, berikut beberapa fakta tentangnya yang bakal membuatmu terkagum-kagum.

1. Kisah tempat tidur box

Jeff Bezos muda [Image Source]
Dalam buku ” Dari Garasi Jeff Bezos Mendirikan amazon.com, yang ditulis Bernard Ryand, Jr, diceritakan masa kecil bos amazon tersebut. Jeff adalah anak dari pasangan Mike dan Jackie Bezos. Saat kecil, Jeff sudah memperlihatkan kecerdasannya. Ibunya bercerita, saat Jeff kecil, pernah meminta tempat tidurnya bukan bentuk box. Saat itu usia Jeff sekitar 3 tahun. Tapi ibunya tetap memberikan Jeff tempat tidur berbentuk box. Ternyata kemudian ibunya mendapati Jeff membongkar sendiri box yang jadi tempat tidur. Tempat tidur Jeff pun jadi ranjang biasa, seperti yang pernah dimintanya.

2. Kisah diangkat dari bangku

Bezos zaman masih sekolah [Image Source]

Ketika mulai bersekolah, Jeff kecil dikenal sebagai murid yang fokus kepada apa yang dikerjakannya. Setiap perintah gurunya, selalu dikerjakan dengan serius. Bahkan saking seriusnya, Jeff sampai tidak beranjak dari bangkunya. Dikisahkan, gurunya sampai harus mengangkat Jeff bersama bangkunya untuk mengerjakan hal lain. Ketika itu Jeffe sedang serius mengerjakan sesuatu.

3. Kisah permainan Navy Seal

Permainan SEAL ala keluarga Bezos [Image Source]
Keluarga Jeff ternyata punya kebiasaan unik yakni permainan yang mereka namakan Navy Seal Mission. Diceritakan suatu waktu, sebuah suparmarket kedatangan beberapa pembeli yang bertingkah aneh. Pembeli itu datang bersamaan keluar dari sebuah mobil. Mereka membawa walkie talkie. Satu orang, berjaga di pintu. Satu orang lainnya bergerak mengambil kotak susu, dan satu orang lainnya lagi, segera mengambil kotak susu tersebut untuk dibayarkan di kasir. Setelah itu mereka langsung bergegas pergi masuk kembali ke mobil yang menunggunya di luar.

Ternyata itu keluarga besar Jeff. Yang berjaga di pintu supermarket adalah ayah Jeff, Mike Bezos. Sementara yang siaga menunggu di mobil tak lain ibu Jeff, Jackie. Dan dua orang yang masuk ke supermarket adalah Jeff sendiri dan saudara laki-lakinya, Mark. Permainan ala operasi Navy Seal sangat disukai keluarga besar Bezos. Dan jadi permainan ketika hendak membeli sesuatu ke supermarket.

4. Nama yang unik

Arti nama Bezos [Image Source]
Nama lengkap pendiri amazon itu sendiri adalah Jeffrey Preston Bezos. Jeff lahir pada 12 Januari 1964 di Albuquerque, New Mexico, Amerika Serikat. Nama Bezos sendiri berasal dari kata besos, bahasa Spanyol. Artinya ‘ciuman’. Hmm, nama yang agak unik dan tak biasa ya.

5. Anak ‘adopsi’

Bezos ternyata anak adopsi [Image Source]
Ternyata Jeff bukanlah anak kandung dari Mike. Pada usia sepuluh tahun, Jeff diberitahu oleh ayahnya, Mike bahwa dia bukanlah anak kandungnya. Tapi Jeff berujar, itu adalah kebenaran yang indah. Ia tak pernah mempermasalahkan. Kenyataan bahwa dia anak adopsi, tak membuat Jeff murung atau sedih. Justru ia bangga punya ayah seperti Mike.

6. Fakta menarik tentang ayah Jeff Bezos

Jackie dan Mike Besoz [Image Source]
Mike Bezos  adalah orang asli Kuba. Mike merupakan salah satu dari 14.000 anak asal Kuba yang di bawa ke Amerika Serikat lewat sebuah operasi bernama Pedro Pan. Operasi ini berlangsung dari tahun 1960 sampai 1962. Ini operasi misi penyelamatan yang dilakukan Amerika. Ketika itu hubungan antara Kuba dan Paman Sam memanas. Saat bekerja di bank Albuquerque, Mika bertemu dengan Jackie Gise. Pada tahun 1968, mereka menikah. Jeff punya dua saudara tiri, yakni Christina dan Mark Bezos.

Tak seperti banyak orang kaya dunia yang mengalami masa kecil buruk, Besoz memiliki hal yang sebaliknya. Meskipun ia harus mendapati kepahitan di usia 10 tahun tatkala sang ayah bilang kalau Jeff bukan darah dagingnya, tapi si calon miliuner kecil ini justru legowo dan malah kagum dengan sang ayah. Berangkat dari masa kecil yang luar biasa, akhirnya Jeff mampu menjadi sosok yang tak main-main di masa dewasanya.

Written by Agus Supriyatna

Leave a Reply

Benarkah Orang Humoris Tak Mempan Disantet? Simak Ini….

7 Istri Pejabat yang Cantiknya Bikin Pria Kebat-Kebit