in

Sering Ditemukan di Pekuburan, Ternyata Ini Fakta Ilmiah Kamboja yang Menjadi Bunga Makam

Bunga Pemakaman [Sumber gambar]

Saat berkunjung ke pemakaman, kamu pasti sering melihat banyak pohon kamboja yang tumbuh di sana. Di Indonesia sendiri tumbuhan ini disebut sebagai bunga makam, bahkan terkadang juga dikait-kaitkan dengan hal yang berbau mistis. Padahal sebenarnya, keberadaan kamboja ini bisa dijelaskan secara sains loh Sahabat, mengapa ia bisa tumbuh dengan subur di area pemakaman.

Sebelumnya, kamboja yang memiliki nama ilmiah Plumeria acuminata Ait adalah pohon yang berasal dari Amerika Tengah. Kamboja akan sangat cocok jika hidup di tempat yang memiliki iklim tropis, seperti Indonesia. ternyata, bukan tanpa sebab ia dijadikan bunga makam. Dilansir dari gardeningknowhow.com, bisa hidup dengan baik di tempat tropis, kamboja akan merontokkan bunganya sebelum ia layu, hal tersebut membuat tanah pekuburan akan tetap wangi meskipun tak ada pengunjung yang membersihkan dan menabur bunga.

Bunga Pemakaman [Sumber gambar]
Di samping itu, jasad orang yang sudah meninggal akan mengalami pembusukan secara organik, sehingga tanah di sekitar makam menjadi subur. Dengan begitu, pohon kamboja yang memang membutuhkan pupuk intens akan subur dengan sendirinya. Sederhananya, bisa dikatakan bahwa pohon kamboja di kuburan adalah bentuk siklus pemupukan dan pengendalian aroma yang terus berputar. Tak hanya sebagai wewangian alami saja, daun yang tumbuh bergerombol membuat kamboja menjadi peneduh bagi para pengunjung makam.

Berbeda dengan kebanyakan tempat, Bali adalah salah satu daerah di Indonesia yang paling banyak ditumbuhi kamboja, bukan hanya di pekuburan saja, pekarangan rumah mereka juga kadang tumbuh kokok pohon berbunga harum ini. Kamboja sendiri punya fungsi penting dalam kebudayaan Bali, tak jarang kita melihat ia disematkan di telinga para penari.

Bunga kamboja di Bali [Sumber gambar]
Jika diteliti secara manfaat, pohon kamboja juga memiliki banyak sekali khasiat. Bunganya berkhasiat menurunkan panas, menghentikan batuk, meluruhkan air seni. Kulit batangnya mengandung senyawa plumerid yang bisa memperbaiki kulit tumit yang pecah-pecah. Hanya saja, untuk diwaspadai jangan sampai terkena mata karena bisa berakibat fatal sampai berakhir kebutaan.

Jadi, itulah penjelasannya mengapa pohon kamboja banyak ditemukan di area pemakaman. Di luar berbagai hal mistis yang kadang dibicarakan masyarakat, kamboja memang cocok tumbuh di tempat tersebut. Sebagai wewangian alami, bisa mendapat pupuk organik, serta menjadi peneduh bagi para pengunjung.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Marak Kloning Pada Kartu SIM, Begini Cara Mendeteksi dan Mencegahnya Agar Tak Jadi Korban

Keyko, Wanita Pemilik Ribuan Daun Muda yang Lihai Taklukkan Lelaki ‘Hidung Belang’