in

Marak Kloning Pada Kartu SIM, Begini Cara Mendeteksi dan Mencegahnya Agar Tak Jadi Korban

Kabar tentang kartu SIM memang tak pernah ada habisnya. Salah satunya yang santer terdengar akhir-akhir ini yaitu kartu SIM di Indonesia rentan sekali dikloning oleh oknum-oknum tak bertanggung jawab. Bahkan, disebutkan oleh Alfons Tanujaya selaku pengamat keamanan siber dari Vaksincom kalau kartu SIM yang rawan terkena kloning adalah tipe lama.

Coba periksa kartu SIM kalian deh. Jika tanggal produksinya sebelum Juni 2002, maka kemungkinan besar bisa dikloning nih Sahabat Boombastis. Jika kartu kalian sudah menjadi sasarannya, maka bisa-bisa data yang ada akan disalahgunakan. Misalnya saja data kalian dimanfaatkan untuk melakukan pencurian. Ihh ngeri banget kan?

Kloning kartu SIM mulai marak [Sumber Gambar]
Untuk itu, kali ini Boombastis.com akan memberi tahukan kepada kalian informasi penting. Yakni cara mengetahui apakah nomor kalian telah dikloning atau tidak. Cara pertama adalah kalian bisa menghubungi nomor kalian dengan ponsel lain. Nah, jika ada orang tak dikenal mengangkat panggilan tersebut, bisa dipastikan nomor kalian telah jadi sasaran kloning Sahabat Boombastis.

Coba telepon menggunakan ponsel lain untuk mendeteksinya [Sumber Gambar]
Kemudian, cara yang kedua adalah periksalah daftar panggilan dan sms pada ponsel kalian. Hal ini dilakukan untuk memastikan apakah ada nomor atau SMS yang tidak kalian kenal atau tak pernah diterima sebelumnya. Kalau ada nomor dan SMS muncul tiba-tiba padahal kalian tidak pernah melihat sebelumnya, bisa jadi kartu SIM sudah dikloning. Selanjutnya, cara terakhir adalah memperhatikan apakah nomor kalian sulit digunakan atau tidak. Jika nomor kalian sulit sekali dihubungi atau susah menggunakan internet padahal sinyal dalam kondisi baik-baik saja, kemungkinan nomor kalian sudah menjadi sasaran pengkloningan oknum tak bertanggung jawab.

Cara mencegahnya adalah mengganti tipe kartu SIM [Sumber Gambar]
Yap, jika kartu SIM kalian belum menunjukkan ciri-ciri di atas, maka bersyukurlah. Namun jangan senang dulu, kalian sebaiknya mengganti kartu SIM ke tipe terbaru. Alasannya karena kartu SIM tipe baru sudah dilengkapi keamanan yang tinggi. Hal ini perlu dilakukan bagi kalian yang masih memakai kartu SIM tipe lama ya. Selain itu, kalian juga sebaiknya tidak meminjamkan ponsel atau kartu SIM kepada orang asing. Sebab, kita tak pernah tahu apa maksud sebenarnya dari meminjam ponsel.

Kloning kartu SIM yang sudah mulai marak ini, alangkah lebih baik untuk tidak meremehkannya. Sebab, banyak akibat buruk yang akan diterima jika kartu SIM kita sudah dikloning. Selain digunakan untuk kejahatan pencurian, data-data pribadi kita bisa dijual di pasar gelap atau deep web. Pasti kalian tidak mau kan hal ini terjadi? Sehingga, jangan hanya dibaca sendiri, share juga artikel ini kepada kerabat kalian ya.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Seperti Tidak Ada Habisnya, Aksi Suporter Ini Buat Sepak Bola Indonesia Layak Dibubarkan

Sering Ditemukan di Pekuburan, Ternyata Ini Fakta Ilmiah Kamboja yang Menjadi Bunga Makam