in

Ambergris, Benda Menjijikkan yang Harganya Jauh Lebih Mahal daripada Emas

Emas selalu diasosiasikan sebagai benda mewah yang mahal. Tidak salah sih karena benda ini memang dibanderol tidak biasa. Untuk satu gramnya saja kamu butuh mengeluarkan cukup banyak duit. Emas mungkin mahal dan kesannya mewah, tapi benda satu ini tentu bukanlah yang paling mahal. Ya, di dunia ini ada begitu banyak benda yang harganya lebih greget dari si logam kuning ini. Salah satunya adalah benda bernama Ambergris.

Ambergris sendiri bukanlah logam melainkan sebuah benda aneh yang bisa dibilang sangat menjijikkan. Bagaimana tidak, benda ini berasal dari buangan ikan paus. Meskipun faktanya seperti itu, namun soal harga, Ambergris ini sangat mahal. Bayangkan, untuk sedikit dari benda ini, seseorang harus mengeluarkan uang sampai ratusan juta Rupiah.

Hmm, kok bisa ya benda menjijikkan tapi dihargai sampai sebegitunya? Tentu ada alasan khusus kenapa seperti itu. Dan untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah fakta-fakta Ambergris yang pasti akan mengejutkanmu.

Ambergris yang Menjijikkan

Dari banyak benda berharga mahal di dunia, mungkin hanya Ambergris yang paling menjijikkan. Ya, seperti yang sudah dijelaskan di atas, benda ini berasal dari pembuangan ikan paus. Bukan feses atau kotoran sih, melainkan semacam zat lilin yang menumpuk lama di usus paus lalu dikeluarkan oleh tubuh.

Ambergris yang menjijikkan [Image Source]
Ambergris yang menjijikkan [Image Source]
Ambergris biasanya akan tenggelam di kedalaman, namun sebagian malah mengapung untuk kemudian terbawa ombak dan terpinggirkan di pantai. Ambergris sendiri biasanya putih, tapi ada juga yang warnanya agak sedikit abu-abu bahkan kehitaman. Yang lebih menjijikkan lagi, Ambergris kalau disentuh agak lengket dan berminyak. Bisa dibayangkan sendiri, ya?

Harga Ambergris yang Bikin Jantungan

Meskipun menjijikkan dan bikin muntah, tapi Ambergris berharga sangat mahal. Pernah ada seseorang yang menjual benda ini dengan harga sampai Rp. 600 juta. Padahal ia hanya menemukan sebuah Ambergris kecil yang ukurannya tak sampai satu kilogram.

Harga Ambergris yang sangat mahal [Image Source]
Harga Ambergris yang sangat mahal [Image Source]
Di dunia ini ada begitu banyak penemuan Ambergris yang terjadi. Beberapa yang paling mengejutkan misalnya yang terjadi di tahun 2012 lalu. Seorang pelajar asal Inggris berhasil menemukan Ambergris seberat 589 dan kemudian ditawar sampai Rp. 830 juta. Ada pula di tahun 2013 ketika seseorang berhasil menemukan Ambergris seberat 2,7 kilogram yang berhasil terjual sampai Rp. 2,2 miliar.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

Antasari Azhar Bebas di Hari Pahlawan, Ini Prediksi Hal Menghebohkan yang Akan Terjadi!

4 Fenomena Kemenangan Donald Trump yang Malah Bikin Warganya Serangan Jantung