Menstruasi atau haid adalah siklus bulanan yang pastinya dirasakan oleh setiap wanita yang sehat dan normal. Saat haid, seorang wanita cenderung akan lebih sibuk dari biasanya. Ya, karena mereka akan rajin ke kamar mandi untuk mengganti pembalut atau tampon yang dipakai. Selain itu, wanita yang sedang menstruasi juga dituntut untuk menjaga kebersihan organ intim mereka, agar tidak ada kuman atau bakteri yang bersarang.

Nah, ngomong-ngomong tentang menstruasi, selama proses ini berlangsung selama seminggu, pasti kamu memakai produk tertentu untuk mencegah kebocoran bukan? Lalu, apakah produk tersebut sudah aman dan tidak merugikan? Semua wanita pasti menggunakan pembalut yang aman untuk dirinya, tapi kadang tak aman untuk bumi kita.

Seperti yang sudah Sahabat Boombastis tau, kalau belakangan ini banyak sekali kampanye untuk selamatkan bumi. Mengapa? Karena sampah plastik sudah terlalu banyak dan tak lagi terbendung, sedangkan manusia terus menggunakannya untuk berbagai keperluan. Nah, untuk ikut menjaga bumi, kamu bisa banget nih memakai produk zero waste saat sedang ada tamu bulanan, seperti beberapa produk di bawah ini.

Menstrual cup

Menstrual cup adalah alat yang digunakan untuk menampung darah haid. Berbeda dengan pembalut yang sekali pakai dan harus dibuang, alat ini berbahan silikon sehingga bisa dengan mudah dibersihkan dan digunakan kembali berulang-ulang. Jadi, dengan menggunakan menstrual cup, kamu tak perlu lagi memakai pembalut yang mendatangkan sampah plastic.

Menstrual cup [sumber gambar]
Hanya saja, untuk harga, menstrual cup ini agak lebih mahal, sehingga kamu mungkin butuh menyisakan uang jajan untuk bisa membeli alat yang satu ini. Di Indonesia sendiri sudah banyak kok yang menjual secara online. Yang terkenal dan pasti aman adalah merk Diva Cup, LENA atau Lunette –yang selengkapnya bisa kamu lihat di @higea_id.

Reusable Menstural Pads

Alat yang kedua ini sebenarnya merupakan jenis pembalut. Tetapi pembalut yang terbuat dari kain sehingga bisa dipakai berkali-kali. Reusable pads ini memang tidak terlalu tren di Indonesia, hanya sebagian kecil wanita saja yang sudah serius beralih ke pembalut jenis yang satu ini.

Reusable pads [sumber gambar]
Nah, selain bisa menyelamatkan bumi, pads ini jelas lebih ekonomis  bila dibandingkan dengan pembalut yang harus selalu kita beli di toko atau minimarket. Untuk kamu yang pernah punya pengalaman memakai pads reusable ini boleh bercerita di kolom komentar ya!

Membawa botol sendiri untuk minum

Saat sedang ‘datang bulan’, seorang jelas harus banyak minum agar tidak dehidrasi. Selain membantu proses metabolisme, banyak minum ini juga membantu darah haid yang keluar lebih lancar.

Reusable botol [sumber gambar]
Nah, dalam hal ini, kamu tak perlu lagi membeli botol minuman yang berpotensi menjadi sampah plastik, kamu bisa membawa botol minumanmu sendiri dari rumah.

BACA JUGA: Hal-Hal Kecil yang Bisa Kamu Lakukan untuk Menyelamatkan Bumi dari Kehancuran

Nah, jadi saat sedang ‘dapet’ pun kamu dapat membantu menjaga bumi loh. Beberapa cara di atas bisa sekali kamu coba. Oh iya, untuk menstrual cup kamu bisa menabung terlebih dahulu karena harganya memang sedikit mahal dibanding dengan harga pembalut.